Alami Saraf Kejepit? Segera Lakukan Pengobatan HNP Hanya di Klinik Flex Free!

Jumat, 15 Oktober 2021
Klinik Flex-Free
Jumat, 15 Oktober 2021
Klinik Flex-Free

Jika Anda mengalami saraf kejepit maka segera lakukan pengobatan HNP. Pengobatan kini bisa dilakukan dari rumah saja, tidak perlu langsung datang ke rumah sakit. Saraf kejepit atau yang bisa disebut dengan slipped disc merupakan penyakit yang membutuhkan perawatan khusus.

Penyakit ini menyerang saraf yang ada di bagian tulang belakang. Kondisi ini terjadi ketika cakram di tulang belakang didorong hingga melewati lapisan eksterior. Penyakit ini memang umum terjadi di Indonesia sekitar 2 juta kasus setiap tahunnya.

Sama dengan penyakit lainnya, tentu ada gejala yang terjadi apabila Anda terkena saraf terjepit. Tetapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja gejala yang dirasakan, simak terlebih dahulu mengenai pengobatan untuk saraf terjepit.

Apa Saja Pengobatan HNP?

Hernia Nukleus Pulposus atau yang disingkat dengan istilah HNP adalah penyakit saraf kejepit. Jika penyakit ini menyerang Anda maka akan merasakan rasa sakit yang tidak tertahankan di bagian tulang belakang. Untuk itu jika Anda sudah mengalami gejalanya, maka jangan ragu untuk mencari pengobatan HNP.

Pengobatan saraf kejepit sendiri harus dilakukan oleh tenaga medis dan hal ini juga membutuhkan diagnosis terlebih dahulu. Pengobatan yang diberikan dapat berupa obat-obatan, terapi, pengompresan kantung hangat dan jika diperlukan harus melakukan pembedahan. Sedangkan untuk pasien juga diharuskan agar rajin melakukan pelatihan fisik.

Obat Untuk Pengobatan HNP

Setelah mengetahui apa saja bentuk pengobatan yang harus dilakukan untuk pasien saraf kejepit, berikutnya adalah mengetahui jenis obatnya. Ada beberapa jenis obat yang diberikan kepada pasien HNP yaitu sebagai berikut:

     1.Antiinflamasi Steroid (Kortiko Steroid)

Obat yang satu ini diberikan agar rasa nyeri tulang belakang berkurang. Kortiko steroid biasanya diberikan dalam bentuk suntik atau minum. Contoh dari kartiko steroid adalah prednisolone dan predniso.

      2.Anti Depresan

Anti depresan juga diperlukan untuk pengobatan HNP agar psikologis pasien semakin membaik. Contoh obat-obatnya adalah selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), anti depresan trisiklik dan serotonin norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIs).

      3.Anti Kosulvan

Anti kosulvan juga salah satu obat untuk pasien saraf kejepit, obat ini diberikan agar pasien tidak mengalami kejang. Contoh obat-obatannya adalah carbamazepine, oxcarbazepine dan lamotrigine.

       4. Anti inflamasi non steroid

Anti inflamasi non steroid diberikan agar rasa nyeri pasien berkurang. Contoh obat non steroid adalah naproxen dan ibuprofen.

Jenis Pengobatan HNP Selain Obat

Setelah mengetahui obat yang digunakan untuk pengobatan HNP, berikutnya adalah pengobatan lain yang dilakukan dokter. Ada yang namanya DTS, ESWT, Fisioterapi, Tindakan medis, Scoliosis Treament Centre, USG Musculoskeletal dan Exercise. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai proses pengobatan selain obat:

         1.DTS (Terapi Dekompresi Spinal)

DTS merupakan kependekan dari Spinal Decompression Treatment sebuah terapi yang dilakukan untuk mengatasi saraf kejepit. Terapi ini dilakukan tanpa operasi jadi menggunakan sebuah alat khusus. Triton DTS digunakan untuk mengurangi munculnya tekanan intra disklal yang trjadi di bantalan tulang belakang.

Alat ini bekerja dengan cara menarik tulang belakang dan efek nyeri yang dirasakan pasien akan berkurang. Beberapa kasus yang bisa menggunakan DTS adalah nyeri skiatika, nyeri kepala dan leher akibat otot tegang, nyeri yang muncul setelah menjalani operasi, kelainan diskus, kesemutan pada bagian tungkai dan nyeri punggung.

Lama waktu melakukan terapi adalah 20 hingga 30 menit dengan melakukan tarikan 15 hingga 30 kali. Terapi ini harus dilakukan secara rutin sebanyak 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Untuk biayanya jika Anda berobat ke klinik Flex Free adalah Rp 425.000,00. Terapi akan dilakukan langsung oleh fisioterapis atau dokter spesialis.

Setelah selesai menjalani terapi DTS, pasien tetap harus menjalani terapi yang disebut dengan fisioterapi untuk mempertahankan hasil dari DTS.

         2. Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT)

ESWT juga dapat menjadi terapi lain yang digunakan untuk pengobatan HNP. Terapi ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat saraf kejepit. Klinik Flex Free juga menyediakan jenis terapi yang memanfaatkan gelombang suara ini. Penggunaan gelombang suara sendiri dalam dunia medis sudah ada sejak tahun 1980-an.

Kondisi yang bisa diatasi dengan ESWT adalah shin splint, nyeri punggung bawah, nyeri punggung kronis, nyeri bahu periarticular, sindroma servikal, tendonitis kalsifikasi, tendonitis patella, sindrom nyeri tendon achilles kronis, nyeri pada otot lengan dan tennis elbow.

Akan tetapi untuk pasien yang menjalani pengobatnan menggunakan obat-obatan tertentu dan alat pacu jantung tidak diperbolehkan untuk menjalani ESWT. Untuk efek sampingnya biasanya muncul memar, kemerahan dan pembengkakan di beberapa area tertentu.

      3. Exercise

Layanan ketiga yang berkaitan dengan pengobatan HNP adalah exercise. Latihan ini ditujukkan untuk pasien dengan saraf kejepit untuk menghilangkan nyeri. Beberapa anggota tubuh yang dilatih adalah pergelangan kaki, panggul, punggung bawah, lutut, punggung atas dan leher serta bahu.

Khusus untuk saraf kejepit latihan dilakukan untuk bagian tulang belakang, toraks dan leher. Biasanya pasien yang mengalami saraf kejepit ini usianya berada di antara 50 hingga 54 tahun. Beberapa peregangan yang dilakukan adalah peregangan posterior, otot trapezius, chin tuck dan menoleh.

    4. Fisioterapi

Klink Flex Free juga menyediakan layanan berupa fisioterapi dengan menggunakan laser, kinesio tape lilin, stimulasi listrik, ultrasound dan pemanasan air. Tujuan mengapa Anda harus melakukan fisioterapi adalah agar mengurangi adanya tekanan di bagian saraf. Fisioterapi juga akan mengembalikan fungsi anggota tubuh seperti semula.

       5. Layanan Tindakan Medis

Layanan berikutnya bernama Tindakan medis di mana pasien bisa melakuka konsultasi online dengan dokter. Ada juga layanan bernama prolotherapy yaitu pengobatan khusus untuk mengatasi adanya nyeri pada bagian sendi dan otot.

     6. Social Treatment Centre

Pengobatan HNP untuk social treatment centre sendiri dilakukan khusus untuk penderita penyakit scoliosis. Skoliosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan pada bagian tulang seperti miring ke saming atau melengkung ke belakang.

      7. USG Musculoskeletal

USG musculoskeletal adalah layanan terakhir yang disediakan oleh klinik Flex Free. Pengobatan ini dilakukan untuk ibu-ibu hamil. Pemeriksanaan ini dilakukan agar mengetahui bagaimana kondidi bayi di dalam janin.

Gejala Terkena Saraf Kejepit

Tentu Anda harus mengetahui apa saja gejala yang bisa menimbulkan terjadinya saraf kejepit. Beberapa gejala yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut:

    1.Merasakan Nyeri

Biasanya anggota tubuh yang mengalami nyeri itu berada di punggung bawah, kaki, bokong, leher, paha serta lengan. Nyeri juga biasanya diikuti dengan batuk dan bersin.

   2. Kesemutan

Penderita saraf kejepit juga sering kali merasakan kesemutan. Kesemutan muncul di bagian yang terasa nyeri.

    3. Kelemahan

Tanda terakhir adalah otot tubuh yang mulai melemah. Penderita saraf kejepit akan merasa kesulitan ketika mengangkat sebuah beban.

Penyebab Terkena Saraf Kejepit

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, alangkah baiknya untuk segera mengunjungi dokter supaya langsung diberi pengobatan HNP. Ada beberapa penyebab mengapa saraf kejepit bisa terjadi yaitu faktor usia, genetika, cedera tulang bagian belakang, sering mengangkat beban yang terlalu berat dan sebagainya.

 

Kini Anda sudah tahu apa saja pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi saraf kejepit. Anda harus menjaga anggota tubuh agar tidak melakukan aktivitas yang berat-berat sehingga menyebabkan munculnya HNP. Periksalah ke dokter jika mengalami gejala di atas.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561