Ketahui Penyebab Timbulnya Nyeri Lutut dan Cara Penyembuhannya Sekarang Juga

Senin, 20 Desember 2021
Klinik Flex-Free
Senin, 20 Desember 2021
Klinik Flex-Free

Nyeri lutut merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh banyak orang dan yang paling sering adalah bagi orang yang berusia lanjut atau para pekerja berat. Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation merupakan klinik yang bisa membantu Anda dalam menyembuhkan nyeri pada lutut.

Selain mengobati nyeri lutut, Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation juga bisa menyembuhkan penyakit lain seperti nyeri otot, tulang, sendi, dan saraf kejepit. Di klinik kami Anda akan mendapatkan perawatan langsung dari dokter spesialis KFR yang berpengalaman dibidangnya.

Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami nyeri pada lutut, Anda tidak boleh menyepelekan hal tersebut. Perlu Anda ketahui, nyeri pada bagian lutut bisa menjadi indikasi berbagai penyakit berbahaya seperti asam urat, pendarahan dalam sendi, dan lain sebagainya.

5 Penyebab Terjadinya Nyeri Lutut yang Wajib Anda Ketahui

Pernahkah Anda mendengar pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati? Pepatah ini tentu berlaku dan bisa Anda terapkan pada kasus nyeri pada lutut. Anda harus tahu pasa saja penyebab terjadinya nyeri pada lutut, sehingga bisa melakukan pencegahan.

Rasa sakit atau nyeri pada lutut bisa terjadi karena ligamen maupun tulang yang robek atau terkilir. Berikut ini merupakan 5 penyebab utama terjadinya nyeri pada lutut yang wajib Anda ketahui.

  1. Jaringan tulang atau ligamen terkilir

Penyebab utama dari terjadinya rasa nyeri pada lutut adalah karena jaringan tulang atau ligamen yang terkilir. Hal ini bisa disebabkan karena Anda bergerak atau beraktivitas dengan kurang berhati – hati.

  2. Bursitis

Rasa nyeri pada lutut bisa terjadi jika Anda mengalami bursitis, yaitu peradangan pada pelumas bantalan yang ada disekitar sendi. Ketika mengalami bursitis, maka Anda pergerakan sendi Anda akan jadi terbatas.

 3. Pendarahan dalam sendi

Anda akan merasakan nyeri pada lutut yang cukup parah ketika mengalami pendarahan dalam sendi. Kelainan genetik dan akibat cedera merupakan penyebab utama dari terjadinya pendarahan dalam sendi.

  4. Infeksi sendi lutut

Berikutnya rasa nyeri pada lutut bisa timbul ketika Anda mengalami infeksi nyeri lutut atau septic arthritis. Infeksi sendi lutut umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur yang menyerang sendi – sendi didalam tubuh.

  5. Tendinitis

Bagi Anda yang sering melakukan gerak aktif seperti berlari dan melompat, Anda memiliki kemungkinan cukup besar mengalami tendinitis lutut. Orang yang mengalami tendinitis akan merasakan nyeri pada lutut dan sekitar area tendon.

Kelima penyakit diatas bisa menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri pada lutut. Namun selain 5 hal diatas masih banyak penyebab nyeri pada lutut lain diantaranya, encok, osteoartritis, cedera meniskus, dan lain sebagainya.

4 Cara Mudah Mencegah Nyeri Lutut untuk Segala Usia

Setelah membahas mengenai apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri lutut, Sekarang kami akan membahas tentang pencegahannya. Mencegah penyakit nyeri pada lutut, harus dilakukan sejak sedini mungkin.

Karena jika Anda sudah berusia lanjut maka tulang dan sendi Anda tidak akan sekuat dulu ketika muda. Sehingga kemungkinan Anda mengalami nyeri bagian lutut jauh lebih besar. Berikut ini 4 cara mudah mencegah nyeri bagian lutut yang wajib Anda ketahui.

1. Menjaga berat badan

Cara pertama yang sangat mudah untuk mencegah nyeri pada lutut adalah dengan menjaga berat badan. Perlu Anda ketahui, berat badan yang berlebih bisa menyebabkan sendi mengalami tekanan berlebih dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk menjaga berat badan, Anda bisa mengatur pola makan sehari – hari dan pastikan kebutuhan gizi Anda seimbang.

2. Lakukan olahraga secara rutin

Dengan melakukan secara rutin Anda bisa terhindar dari penyakit nyeri pada lutut. Untuk mencegah nyeri pada lutut olahraga yang dilakukan pun tidak boleh asal – asalan. Jalan kaki santai merupakan olaharaga yang sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi nyeri pada lutut.

3. Istirahat dengan cukup

Tubuh manusia membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat, begitu juga dengan lutut. Untuk mencegah rasa nyeri lutut Anda disarankan untuk tidak beraktivitas terlalu lama, dan istirahat dengan cukup.

 4. Menghindari aktivitas olahraga tertentu

Perlu Anda ketahui ada beberapa aktivitas olahraga yang jika dilakukan terlalu sering bisa menyebabkan nyeri bagian lutut. Olahraga yang mengharuskan Anda bergerak sangat aktif seperti berlari, tenis, ski dan lain sebagainya bisa menyebabkan penyakit nyeri pada lutut yang parah.

 5. Menggunakan alat pelindung lutut

Untuk mencegah terjadinya benturan keras pada lutut, Anda bisa menggunakan alat pelindung lutut ketika sedang beraktivitas atau berolahraga.

Keempat hal diatas bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya nyeri otot. Karena jika sampai menderita nyeri otot, banyak sekali kegiatan sehari – hari Anda yang akan terganggu. Anda tidak akan bisa pergi bekerja, melakukan pekerjaan rumah dan banyak kegiatan lain seperti biasanya.

5 Gejala Penyakit Nyeri Lutut yang Wajib Diwaspadai

Seperti yang sudah dijelaskan penyakit nyeri bagian lutut bisa menyerang siapa saja mulai dari remaja hingga orang tua. Rasa sakit dan nyeri pada lutut sering kali disepelekan oleh banyak orang dan dianggap tidak berbahaya.

Namun jika Anda terus membiarkan rasa nyeri pada lutut tersebut bisa berakibat sangat fatal. Jadi Anda harus benar – benar waspada dan memperhatikan apakah lutut Anda benar – benar dalam keadaan sehat.

Berikut ini merupakan 5 gejala penyakit nyeri bagian lutut yang wajib Anda waspadai mulai dari sekarang.

  1. Sering kesemutan

Gejala pertama yang bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami nyeri bagian lutut adalah kaki beserta lutut yang sering kesemutan. Jika Anda sedang bergerak aktif dan tiba – tiba merasa kesemutan Anda harus berhati – hati, bisa jadi itu adalah gejala nyeri lutut.

  2. Rasa nyeri lutut dalam waktu lama

Nyeri yang disebabkan oleh lelah beraktivitas dengan nyeri yang disebabkan oleh penyakit tentu berbeda jauh. Anda perlu berhati – hati jika rasa nyeri pada lutut bertahan lebih dari 2 minggu. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda menderita nyeri bagian lutut.

  3. Lutut tidak bisa digerakkan dan ditekuk

Lutut yang normal akan sangat mudah digerakkan dan ringan jika digunakan untuk beraktivitas. Ketika Anda mengalami penyakit nyeri lutut, maka lutut anda akan sulit bahkan tidak bisa digerakkan dan tidak bisa ditekuk.

   4. Mengalami demam dan muncul kemerahan pada lutut

Jika Anda mengalami nyeri bagian lutut yang cukup parah, maka Anda akan merasakan demam tinggi. Dibagian lutut juga akan muncul warna kemerahan yang disertai pembengkakan.

    5. Tidak bisa berdiri

Yang terakhir apabila penyakit nyeri lutut sudah sangat parah, Anda mungkin akan kesulitan bahkan tidak bisa berdiri. Hal ini dikarenakan rasa sakit dan nyeri yang hebat pada sekitar lutut serta kaki.

Jadi, mulai dari sekarang Anda harus bisa meneliti dan mengetahui apakah lutut Anda benar – benar sehat. Jika sampai mengalami salah satu gejala di atas, segera kunjungi klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation.

Hal yang Harus Segera Dilakukan Ketika Mengalami Gejala Nyeri Lutut

Bagi Anda yang mengalami penyakit nyeri bagian lutut dan tidak kunjung sembuh, Anda tidak perlu bingung apalagi khawatir. Segera kunjungi klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation, untuk mendapatkan perawatan dari ahli dibidangnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini masih banyak orang yang ragu untuk segera mengunjungi dokter ketika mengalami nyeri lutut. Padahal jika tidak segera berkunjung ke klinik dan menuju dokter yang tepat, nyeri pada lutut bisa menjadi lebih parah.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika seseorang mulai merasakan gejala nyeri lutut yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 3 hari? Segera berkunjung ke klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation dan dapatkan perawatan nyeri bagian lutut yang profesional.

3 Jenis Terapi dari Klinik Flex Free untuk Menyembuhkan Nyeri

Di klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Anda akan dirawat oleh dokter spesialis KFR (Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi). Dokter ini merupakan satu – satunya dokter yang mendalami ilmu kinesiologi atau gerak tubuh manusia.

Berikut ini 3 jenis terapi yang bisa Anda dapatkan di klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation untuk menyembuhkan nyeri pada lutut.

     1. Terapi Ultrasound

Terapi ultrasound dilakukan dengan menggunakan alat yang memiliki getaran tingkat tinggi dari gelombang suara. Gelombang suara tersebut akan masuk kedalam tubuh atau lutut dengan frekuensi gelombang >20.000 Hz.

     2. Terapi Shock Wave (ESWT).

Terapi ESWT dilakukan dengan memberikan gelombang kejut bertekanan tinggi pada bagian tubuh yang sakit. Terapi ESWT ini biasanya dilakukan ketika jenis pengobatan lain sudah tidak berpengaruh untuk menyembuhkan nyeri bagian lutut.

    3. Terapi injeksi

Terapi injeksi merupakan pilihan terakhir bagi Anda yang sudah mengalami penyakit nyeri bagian lutut cukup parah. Sebelum melakukan terapi, dokter akan merekomendasikan obat atau substansi khusus yang akan disuntikkan langsung kedalam sendi berikut diantaranya.

  • Injeksi Kortikosteroid

Injeksi kortikosteroid merupakan jenis injeksi yang paling sering diberikan pada pasien, karena bisa mengurangi peradangan pada sendi. Perlu diingat injeksi kortikosteroid tidak bisa digunakan untuk mengatasi semua jenis nyeri bagian lutut.

  • Injeksi Asam Hyaluronat

Berikutnya injeksi asam hyaluronat berfungsi sebagai pereda rasa nyeri pada lutut. Dokter hanya akan menggunakan Asam Hyaluronat jika terjadi peradangan pada sendi pasien.

  • Injeksi aspirasi cairan (Arthrocentesis)

Yang terakhir di klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Anda bisa mendapatkan terapi injeksi Arthrocentesis. Terapi injeksi ini bisa meredakan rasa nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada lutut secara langsung.

Sekarang Anda hanya perlu langsung berkunjung ke klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation, kemudian membuat janji dengan dokter KFR kami.

Dimana Alamat Klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation?

Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera berkunjung ke klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation. Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Jabodetabek, maka Anda sangat beruntung.

Karena Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation memiliki dua cabang klinik yang berada di Jakarta dan Bandung. Berikut merupakan alamat lengkap dari dua cabang Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation.

     1. Klinik Jakarta

Klinik cabang Jakarta beralamat di Ruko Italian Walk J No.9, dekat pintu masuk gate C, Mall of Indonesia, Jalan Raya Boulevard Kelapa Gading – Jakarta Utara.

    2. Klinik Bandung

Klinik cabang Bandung beralatam di Jalan Terusan, Pasir Koja No. 15 153/67, Panjunan, Astana Anyar, Kota Bandung.

Anda bisa mengunjungi salah satu dari dua cabang klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation diatas sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak ada perbedaan sama sekali tentang perawatan yang diberikn dari kedua klinik cabang tersebut. Di cabang manapun Anda akan tetap ditangani langsung oleh dokter KFR yang profesional.

Kunjungi Website Flex Free untuk Mengetahui Lebih Banyak Tentang Kami

Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai Klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation, silahkan kunjungi website resmi kami yaitu Flex Free Clinic.com.

Website resmi Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation dikelola langsung oleh Dr. Ferdinand Dennis dan Dr. Aditya Wahyudi, Sp.KFR. Dari website tersebut, Anda bisa menemukan berbagai informasi akurat tentang klinik dan berbagai penyakit seperti nyeri otot, tulang, sendi, dan saraf.

Berikut ini merupakan daftar layanan terapi yang bisa Anda dapatkan di klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation.

  1. Spinal Decompression Treatment (DTS)
  2. Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT)
  3. Exercises
  4. Fisioterapi Infrared
  5. Terapi Electrical Simulation
  6. Terapi Ultrasound
  7. Terapi Paraffin Bath
  8. Terapi Kinesio Tape
  9. Scoliosis Treatment Center
  10. USG Musculoskeletal (Terapi regenerasi otot tulang sendi)
  11. Platelet-Rich Plasma

Anda bisa mendapatkan berbagai layanan terapi diatas dengan mengunjungi klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation baik cabang Jakarta maupun Bandung. Melalui website resmi kami, Anda bisa mengetahui secara lebih rinci tentang berbagai layanan diatas beserta fungsinya.

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation, Klinik Fisioterapi Terbaik untuk Penyembuhan Nyeri Lutut

Sebelum memilih suatu klinik untuk dikunjungi tentu Anda harus tahu apa saja layanan yang tersedia beserta kualitas pelayanan klinik tersebut. Berikut ini merupakan 5 alasan kenapa Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation merupakan klinik fisioterapi terbaik untuk penyembuhan nyeri bagian lutut.

     1. Ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi  (KFR)

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dulu sering dikenal sebagai Dokter Spesialis Rehab Medik. Dokter ini berpengalam dan memiliki wawasan yang luas tentang kinesiology atau ilmu gerak tubuh manusia.

Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi ketika melakukan perawatan di klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation. Dokter kami akan melakukan diagnosis, evaluasi, serta pengobatan terhadap pasien sesuai dengan keluhannya.

    2. Dokter dan Staff yang sudah divaksinasi

Ditengah merebaknya virus COVID-19 saat ini tentu sangat mengkhawatirkan jika harus berpergian menuju tempat umum seperti klinik. Namun Anda tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation.

Kami sudah memastikan bahwa semua dokter, perawat dan staff klinik sudah melakukan vaksinasi. Dan klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation juga selalu melakukan disinfeksi secara berkala.

     3. Layanan fisioterapi yang lengkap

Klinik Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation tidak hanya menyediakan layanan terapi untuk penyembuhan nyeri lutut. Anda bisa menemukan berbagai layanan fisioterapi lain, yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang berkaitan tulang, sendi, otot, dan saraf.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website resmi Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation dan dapatkan berbagai informasi layanan fisioterapi dari dokter spesialis KFR. Buat janji dengan dokter dan lakukan fisioterapi di klinik kami sekarang juga.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561