Penyebab Dengkul Terasa Sakit dan Cara Penanganannya

Rabu, 29 Juni 2022
Flex Free
Rabu, 29 Juni 2022
Flex Free

Disamping bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman, dengkul terasa sakit juga dapat memicu rasa nyeri yang tidak tertahankan. Keadaan yang satu ini biasa ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk meluruskan kaki, serta kaki akan terasa lemah dan kaku.

Dengan hal ini biasanya akan mengakibatkan sulit berdiri, karena lutut sakit atau tidak bisa menopang tubuh. Maka dari itu, kenali penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Dengkul Terasa Sakit

Terdapat beberapa keadaan tertentu yang bisa menyebabkan dengkul kamu terasa sakit hingga tidak tertahankan, diantaranya:

  1. Mengalami cedera ACL

ACL atau Anterior Cruciate Ligament merupakan jaringan penghubung antar tulang yang menghubungkan tulang kering ke tulang paha. Jika Anda mengalami cedera pada ACL, ini bisa menyebabkan dengkul terasa sakit, lemah, dan bengkak.

Sehingga Anda akan kesulitan menopang tubuh. Biasanya cedera ini dialami oleh atlet basket, sepak bola, maupun olahraga lainnya yang sering menggunakan gerakan pada kaki secara tiba-tiba, seperti berbalik arah atau berhenti secara mendadak.

  1. Robeknya tulang rawan

Tulang rawan pada lutut yang berada di antara tulang kering serta tulang paha bisa robek, saat Anda memutar lutut secara tiba-tiba dalam melakukan aktivitas yang berat. Sebut saja panjat tebing atau olahraga lainnya.

Bahkan, robekan pada tulang rawan juga dapat memicu rasa sakit serta pembengkakan di dengkul Anda.

  1. Fraktur

Patah tulang atau fraktur yang sering terjadi di area dengkul juga dapat menyebabkan dengkul Anda sakit. Patah tulang di area ini juga bisa disebabkan oleh kecelakaan lalu linta atau jika Anda terjatuh.

Bagi penderita osteoporosis, ini akan memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami patah tulang. Ini dikarenakan berkurangnya massa serta kepadatan tulang yang dialami para penderitanya, hingga membuat tulang sangat rapuh serta mudah patah.

  1. Peradangan pada tendon dengkul

Peradangan pada tendon dengkul bisa menyebabkan para penderitanya mengalami kesulitan saat berjalan, berlari, menendang, atau melompat. Tendon sendiri merupakan jaringan penghubung antara tulang dan otot.

Tendon yang meradang sering dialami oleh para atlet, seperti pesepak bola atau pemain bulutangkis.

  1. Mengalami dislokasi pada tempurung dengkul

Dislokasi pada tempurung dengkul merupakan kondisi bergesernya tempurung dengkul dari posisi yang normal, sehingga bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup berat di area lutut.

Ketika dislokasi ini terjadi pada tempurung dengkul, Anda akan merasa atau mendengar bunyi seperti “klik” pada area dengkul. Disamping itu, bentuk dengkul yang mengalami dislokasi ini, akan berbeda dengan kondisinya yang sehat.

  1. Bursitis

Bursitis sendiri merupakan peradangan pada bursa, yakni bantalan di sekitar sendi yang dapat melindungi sendi Anda dari gesekan ketika bergerak. Bursitis inilah yang menyebabkan dengkul terasa sakit, bengkak, serta kemerahan.

  1. Berat badan yang berlebihan

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan, berhubungan dengan osteoarthritis. Kelebihan berat badan ini bisa menambah beban pada dengkul saat menopang tubuh serta dapat memicu terjadinya gesekan antar tulang, yang menyebabkan terjadinya peradangan di sendi.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan dengkul terasa sakit. Alangkah baiknya, jika Anda mengalami sakit di area ini, jangan dibiarkan begitu saja dan segeralah tangani dengan menghubungi tenaga medis yang berpengalaman ya!

Penanganan Jika Dengkul Terasa Sakit

Jika Anda mengalami dengkul yang sakit yang mendadak muncul, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama jika ini terjadi, diantaranya:

  1. Hentikan segera saat Anda beraktivitas ketika nyeri lutut ini muncul.
  2. Kompreslah dengkul Anda dengan menggunakan es selama 15-20 menit, setiap 3-4 jam sekali.
  3. Bebat dengkul Anda dengan perban untuk mengurangi pembengkakan serta guncangan pada dengkul. Akan tetapi, pastikanlah jangan terlalu ketat, agar nantinya tidak mengganggu aliran darah.
  4. Posisikanlah dengkul Anda yang sakit dalam posisi yang lebih tinggi ketika berbaring dengan memberinya penopang seperti bantal.
  5. Konsumsi juga obat anti nyeri, seperti halnya paracetamol maupun ibuprofen. Jangan lupa juga untuk memperhatikan petunjuk penggunaannya pada kemasan obat tersebut.

Disamping itu, untuk mencegah sakit pada dengkul Anda agar tidak kambuh lagi, pastikanlah melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Jika perlu, gunakan juga knee brace maupun alat pelindung dengkul ketika Anda beraktivitas, serta pilihlah sepatu yang nyaman.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal.  Itulah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika mengalami sakit yang tiba-tiba pada dengkul.

Namun, jika dengkul Anda mengalami nyeri yang terus menerus, sebaiknya segera hubungi tim medis yang berpengalaman, jangan dibiarkan begitu saja. Salah satu cara terbaik dalam menangani hal ini yakni dengan melakukan pemeriksaan yang dibantu tindakan medis dengan USG muskuloskeletal.

USG muskuloskeletal ini memang sudah lama digunakan dalam dunia kedokteran, yang nantinya bisa melihat organ-organ dalam di monitor serta dapat segera mengetahui kelainan apa yang terjadi pada lutut Anda.

Kelebihan Pemeriksaan USG Muskuloskeletal Pada Sakit Dengkul

USG (Ultrasonografi) muskuloskeletal merupakan sebuah alat ultrasonografi seperti pada umumnya. Akan tetapi, alat ini mempunyai kekhususan di salah satu komponen yang diaplikasikan pada pemeriksaan, otot, tulang rawan sendi, sendi, tendon, serta jaringan lunak di sekitar sendi (muskuloskeletal).

Tidak jarang beberapa gangguan maupun kelainan pada sistem alat gerak ini sulit ditentukan hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik. Seperti contoh dengkul terasa sakit.

Untuk itu, pemeriksaan yang dirasa cukup membantu yakni dengan melakukan USG. Pemeriksaan ini memberikan banyak kelebihan, diantaranya:

  • Pemeriksaan USG ini dilakukan secara real time, yang artinya ini akan langsung terlihat ketika Anda mengeluhkan nyeri maupun setelah terjadinya trauma
  • Tidak akan menimbulkan radiasi, yang mana ini sangat aman bagi penderita maupun pemeriksa yang menggunakan USG.
  • Tidak memerlukan persiapan yang khusus.
  • Dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.
  • Pemeriksaan dengan USG ini dilakukan dengan menggerakan area yang sakit, jadi jenis kelainan yang ada pun akan terlihat dengan jelas.
  • Biaya pemeriksaan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan CT-scan atau MRI.
  • Tidak ada efek samping dan kontradiksi.
  • Menjadi alat dalam memonitor perkembangan suatu penyakit, sebelum dan sesudah diberikan terapi.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan USG muskuloskeletal pada area persendian, seperti dengkul terasa sakit. Bagi Anda yang saat ini ingin melakukan pemeriksaan tersebut, saat ini sudah ada klinik terbaik di Indonesia yang melayaninya.

Sebut saja Flex-Free  Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, yang mana kami merupakan klinik rehabilitasi medis khusus yang bisa mengatasi permasalahan pada kelainan nyeri otot, tulang, saraf, maupun sendi.

Salah satu pelayanan terbaik kami yakni dalam melakukan USG muskuloskeletal yang sudah terbukti hasil baiknya. Ditambah, kami menawarkan harga terbaik bagi setiap pasien yang mempercayakannya pada kami.

Selain itu, tenaga medis kami pun sudah berpengalaman lama dalam bidang ini, baik di dalam maupun di luar negeri. Jadi, jika Anda mengalami dengkul terasa sakit, serahkan saja pada kami, klinik Flex-Free!


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561