IND | EN

Jumat, 7 Juli 2017 | Penulis : Flex Free

DISLOKASI PERGELANGAN TANGAN

Sumber gambar: www.wisegeekhealth.com

Dislokasi pergelangan tangan adalah dislokasi salah satu dari delapan tulang karpal yang menyusun pergelangan tangan.

Anatomi Pergelangan Tangan

Sendi pergelangan tangan terdiri dari bagian distal tulang radialis dan ulnaris, 8 tulang karpal, dan bagian proksimal tulang metakarpal. Barisan tulang karpal bagian distal terdiri dari tulang-tulang berikut ini: hamatum, kapitatum, trapezoid, dan trapezium. Barisan proksimal terdiri dari tulang: scaphoid, lunatum, triquetrum, and pisiform.

Sumber gambar: eorthopod.com

Tulang karpal disatukan oleh serangkaian ligamen kompleks, termasuk ligamen interosseous, volar, dan dorsal, dan triangular fibrocartilage complex (TFC). Ligamen dorsal lebih lemah dibandingkan ligamen volar, sehingga dislokasi dorsal lebih sering terjadi.  

Penyebab Terjadinya Dislokasi Pergelangan Tangan

Sebagian besar fraktur dan dislokasi terjadi akibat beban aksial pada telapak tangan yang terentang dan lengan yang lurus, biasanya akibat terjatuh dengan tangan terentang, kecelakaan kendaraan bermotor, atau cedera olahraga. Sebagian besar menyebabkan fraktur di radius bagian distal, scaphoid, dan tulang karpal lainnya. Cedera benturan tinggi akibat terjatuh atau kecelakaan kendaraan bermotor berat dapat menyebabkan pola fraktur/dislokasi pergelangan tangan yang lebih rumit (fraktur/dislokasi perilunate). Dislokasi tulang karpal melibatkan kerusakan berat pada ligamen dan bila dibiarkan dapat menyebabkan disabilitas permanen. Dua dislokasi yang signifikan adalah dislokasi anterior lunatum dan dislokasi perilunar lunatum.

Gejala Dislokasi Pergelangan Tangan

Gejala biasanya nyeri hebat dengan deformitas (perubahan bentuk) pergelangan tangan yang jelas terlihat. Rasa kesemutan di ibu jari, telunjuk dan jari tengah menandakan adanya keterlibatan saraf medianus.

Penanganan Dislokasi Pergelangan Tangan

Dislokasi pergelangan tangan harus ditangani secepat mungkin. Setiap penundaan dapat menyebabkan tidak sejajarnya tulang-sendi yang dapat mengganggu fungsi tangan/pergelangan tangan. Penanganan awal juga dapat meminimalisasi berulangnya dislokasi di masa yang akan datang.

1. Penanganan Non Bedah

Biasanya, penanganan dislokasi pergelangan tangan cukup dengan tindakan konservatif. Penanganan ini dilakukan dengan menggunakan gips. Penyembuhannya dapat memerlukan waktu beberapa bulan.

2. Penanganan Pembedahan

Pada kasus akut di mana tindakan konservatif tidak berhasil dan tulang menjadi berubah bentuk sehingga sulit ditangani secara manual, maka pembedahan dilakukan. Dislokasi karpal dapat menyebabkan kerusakan berat pada ligamen. Prosedur pembedahan dilakukan dengan menyatukan tulang ke posisi normal, memperbaiki gangguan ligamen atau struktur lainnya dan menahan agar tetap di tempatnya hingga sembuh. Pergelangan tangan kemudian akan di gips selama 8 minggu hingga cedera sembuh.

Setelah imobilisasi dengan gips, penanganan dilanjutkan dengan latihan penguatan pergelangan tangan untuk mengembalikan fungsi tangan dan pergelangan tangan dan untuk mencegah cedera terulang di masa yang akan datang.

3. Terapi fisik

Terapi fisik penting untuk mempercepat penyembuhan dan mengembalikan fungsi normal pergelangan tangan. Terapi fisik mencakup:

  • Mobilisasi sendi.
  • Pemijatan jaringan lunak.
  • Terapi ultrasound.
  • Penggunaan brace.
  • Penggunaan kompres dingin atau hangat.
  • Latihan untuk meningkatkan kekuatan.
  • Modifikasi aktivitas.
  • Rencana yang sesuai untuk kembali beraktivitas secara normal.

 

 

Referensi:

  • emedicine.medscape.com/article/98552-overview#a7
  • www.epainassist.com/sports-injuries/wrist-injuries/wrist-dislocation
  • www.sportsinjuryclinic.net/sport-injuries/wrist-pain/dislocated-wrist

Jika anda ingin melakukan pendaftaran & informasi tentang pelayanan diklinik kami, anda bisa klik no.WhatsApp dibawah ini. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com