IND | EN

Jumat, 27 Juli 2018 | Penulis : Flex Free Clinic

INSTABILITAS PERGELANGAN KAKI KRONIS

Sumber gambar: www.bartoldgold.com

Apa itu Instabilitas Pergelangan Kaki Kronis?

Instabilitas pergelangan kaki kronis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pergelangan kaki terkilir secara berulang-ulang. Biasanya terjadi ketika berjalan atau melakukan aktivitas lainnya, tetapi bisa juga terjadi ketika sedang berdiri. Banyak atlet mengalami instabilitas pergelangan kaki kronis.

Penderita instabilitas pergelangan kaki kronis sering mengeluhkan:

  • Pergelangan kaki berulang kali terkilir, terutama ketika berada di permukaan yang tidak rata atau ketika berolahraga
  • Rasa tidak nyaman dan pembengkakan yang menetap
  • Rasa nyeri
  • Pergelangan kaki terasa lemah atau tidak stabil

Anatomi Pergelangan Kaki

Sendi pergelangan kaki terdiri dari artikulasi tibia, fibula dan kubah talus. Ligamen-ligamen di kaki dan pergelangan kaki sangat penting dalam stabilitas pergelangan kaki. Kompleks ligamen lateral terdiri dari ligamen talofibular anterior (ATFL), ligamen calcaneofibular (CFL), dan ligamen talofibular posterior (PTFL).

Sumber gambar: www.orthoanswer.org

Penyebab Instabilitas Pergelangan Kaki Kronis

Instabilitas pergelangan kaki kronis biasanya terjadi setelah pergelangan kaki yang terkilir tidak sembuh atau tidak direhabilitasi secara sempurna. Ketika pergelangan kaki terkilir, jaringan ikat (ligamen) mengalami peregangan atau robek.

Rehabilitasi yang tepat diperlukan untuk menguatkan otot di sekitar pergelangan kaki dan melatih ulang jaringan di pergelangan kaki yang mempengaruhi keseimbangan. Apabila hal ini tidak dilakukan, pergelangan kaki dapat berulang kali terkilir.

Diagnosis Instabilitas Pergelangan Kaki Kronis

Dokter akan menanyakan mengenai cedera pergelangan kaki sebelumnya. Kemudian akan melakukan pemeriksaan pergelangan kaki untuk mencari area yang nyeri, tanda-tanda pembengkakan dan instabilitas pergelangan kaki. Pemeriksaan sinar X atau pencitraan lainnya dapat membantu mengevaluasi pergelangan kaki.

Penanganan Instabilitas Pergelangan Kaki Kronis

Pilihan penanganan instabilitas pergelangan kaki kronis didasarkan pada hasil pemeriksaan dan tingkat aktivitas penderitanya.

Penanganan tanpa operasi misalnya:

  • Terapi fisik. Terapi fisik mencakup berbagai penanganan dan latihan untuk menguatkan pergelangan kaki, memperbaiki keseimbangan dan kisaran gerak dan melatih ulang otot. Setelah rehabilitasi menunjukkan kemajuan, pasien juga akan mendapatkan latihan berkaitan dengan aktivitas atau olahraga yang dilakukan sebelumnya.
  • Brace. Beberapa pasien menggunakan barce pergelangan kaki untuk menyokong pergelangan kaki dan mencegah agar tidak terkilir. Berbagai jenis brace tersedia untuk menstabilkan pergelangan kaki, akan tetapi brace tidak dapat menyembuhkan kelainan yang mendasari instabilitas pergelangan kaki. Penggunaan brace diperlukan bersamaan dengan rehabilitasi ketika penggunaan pergelangan kaki meningkat.

Sumber gambar: www.davidgordonortho.co.uk

  • Obat-obatan. Obat anti inflamasi non steroid (OAINS), misalnya ibuprofen, mungkin diresepkan untuk mengurangi nyeri dan peradangan.

Penanganan Pembedahan

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan pembedahan berdasarkan derajat instabilitas atau tidak adanya respons terhadap rehabilitasi.

Terdapat berbagai jenis pembedahan, tetapi secara umum terbagi menjadi perbaikan anatomis atau stabilisasi tendon. Tujuan dari perbaikan anatomis adalah untuk mengembalikan kembali anatomi normal dan biomekanika dan mempertahankan gerakan pergelangan kaki.

 

 

 

 

 

Referensi:

  • http://www.aofas.org/PRC/conditions/Pages/Conditions/Ankle-Instability.aspx
  • https://www.foothealthfacts.org/conditions/chronic-ankle-instability

Jika anda ingin melakukan pendaftaran & informasi tentang pelayanan diklinik kami, anda bisa klik no.WhatsApp dibawah ini. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com