IND | EN

Jumat, 13 November 2015 | Penulis : Flex Free Clinic

TERAPI KINESIO TAPE

Apa itu Kinesio Tape?

Kinesio tape (pita Kinesio) adalah plester berperekat yang berbentuk pita dan terbuat dari bahan lateks. Pita ini mempunyai ketebalan dan elastisitas yang hampir menyerupai kulit manusia, sehingga tidak membatasi pergerakan saat digunakan dan tidak menimbulkan penekanan pada area perekatan, oleh karenanya dapat digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama (5-7 hari), tanpa harus khawatir dengan pembatasan gerakan dan perlukaan area kulit yang direkatinya. Pita ini tahan air dan dapat digunakan selama latihan, mandi bahkan berenang, mengering dengan cepat dan jarang menimbulkan iritasi pada kulit. Elastisitas pita Kinesio ini memiliki potensi bentangan antara 130-140 % dari panjang aslinya.

Alat ini dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase, seorang Chiropractor pada tahun 1970 dengan maksud dan tujuan utama untuk mengurangi rasa sakit/nyeri dan meningkatkan penyembuhan jaringan lunak. Namun terdapat manfaat lain dari Kinesio tape yaitu mengurangi kelelahan otot, mengurangi pembengkakan (edema), meningkatkan drainase cairan limfatik dan meningkatkan aliran darah.

Bagaimana Prinsip Kerja Kinesio Tape?

Otot rangka yang sehat sangat penting agar manusia dapat bergerak dengan baik. Sebuah otot atau tendon yang tegang atau terluka, akan membuat gerakan kita menjadi lebih lemah dan lambat, terlebih apabila pekerjaan menuntut aktivitas fisik yang berat. Umumnya seseorang yang mengalami cedera otot, akan membatasi gerak karena nyeri dan untuk mencegah cedera lebih lanjut. Pembatasan gerak justru akan menghambat sirkulasi aliran darah, aliran limfatik dan akan memperlambat proses penyembuhan alami tubuh.

PRINSIP KERJA KINESIO TAPE 
Sumber gambar: Kinesiotape.ca

Pemakaian pita Kinesio pada otot yang cedera akan menstabilkan dan menopang struktur jaringan lunak tubuh (otot, tendon, ligamen) dan sendi yang mengalami cedera/nyeri, agar tetap dapat digerakkan secara aktif, tanpa nyeri sehingga aliran darah dan limfatik tetap lancar sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan alami dengan baik.

 mANFAAT TERAPI KINESIO TAPE


Penggunaan pita Kinesio memiliki beberapa tujuan dan manfaat tergantung area tubuh, cara dan model pemasangannya. Arah tarikan, bentuk dan lokasi pemasangan pita Kinesio memainkan peran penting dalam mencapai tujuan terapi tsb.

1.    Mengurangi rasa sakit 
Penggunaan pita Kinesio akan mengurangi beban otot saat menegang ketika kontraksi dan bergerak sehingga nyeri dapat dicegah. 

2.    Mengurangi pembengkakan
Perekatan pita (plester) ini pada daerah yang bengkak atau cedera, akan memberikan tekanan negatif pada kulit dibawah pita Kinesio.

 tujuan terapi kinesio tapping
 

Ketika kita bergerak, pita Kinesio, kulit dan jaringan ikat (fascia) di otot atau tendon juga bergerak. Hal ini akan menarik jaringan-jaringan tsb sedikit menjauh dari otot dan menciptakan ruang untuk cairan limfatik mengalir di sekitar dan memungkinkan aliran sel-sel inflamasi dari tempat yang jauh dari luka dapat mengalir secara cepat sehingga mengurangi pembengkakan dan membersihkan jaringan yang meradang.

3.    Mengurangi Limfedema
Dengan prinsip yang sama, perlekatan plester di kulit daerah otot yang cedera akan mengangkat kulit dan memberikan tekanan negatif pada kulit dibawah plester, sehingga aliran saluran limfatik menjadi lancar.

kegunaan terapi kinesio tapping 
 

4.    Mengurangi kelelahan otot dan kram
Latihan dan kontraksi otot berulang dengan beban yang besar dapat menghasilkan produk sampingan pasca-latihan seperti asam laktat. Asam laktat dapat menyebabkan kinerja otot yang buruk, kelelahan dan kram. Pemakaian tape ini dapat membantu otot tetap bekerja tanpa beban yang berlebih, sehingga produksi asam laktat dapat berkurang dan kelelahan tidak cepat terjadi.

5.    Membantu otot yang lemah dan terluka
Otot yang terluka umumnya akan mengalami kelemahan. Penggunaan pita Kinesio akan membantu memberikan dukungan pasif dan meningkatkan kemampuan otot untuk berkontraksi bahkan pada daerah yang lemah dengan menjaga stabilitas jaringan yang cedera/lemah sehingga dapat beraktivitas kembali tanpa beban berat dan tanpa rasa nyeri.

6.    Mempercepat proses penyembuhan dan beraktivitas kembali
Dengan tetap mengaktifkan otot yang cedera, aliran darah dan limfatik akan lancar, dan menjamin ketersediaan semua zat yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan.

Apa Indikasi Terapi Kinesio Tape?

Pita Kinesio sangat aman digunakan untuk semua usia dan digunakan untuk beberapa indikasi terapi, yaitu:

1.    Berbagai masalah muskuloskeletal (tulang, otot, sendi) yang disertai peradangan

indikasi terapi kinesio tape

Penggunaan pada anak-anak, sesuai indikasinya

    

kinesio tapping pada anak terapi kinesioa tape pada anak


Sumber gambar: www.praxis-fuer-kinder-in-hiltrup.de

2.    Cedera olahraga

terapi kinesio pada cedera olahraga 
Sumber gambar: www.hifaichiropractic.com

Saat ini penggunaan pita Kinesio dalam dunia olahraga semakin populer. Selain sebagai terapi pada cedera olahraga, pemakaian pita Kinesio juga ditujukan untuk mencegah terjadinya cedera dan mengurangi beban kerja otot. Menjaga tubuh agar bebas dari ketegangan dan rasa sakit, sangat penting untuk mencapai puncak prestasi bagi seorang atlet.

Atlet atau orang lain dengan cedera otot akan membatasi gerak untuk mencegah cedera lebih lanjut. Sementara dengan mencegah ketegangan lebih lanjut justru akan melumpuhkan otot yang cedera, karena immobilisasi atau pembatasan gerak akan menghambat sirkulasi dan memperlambat proses penyembuhan alami tubuh.

Pemasangan pita Kinesio akan mendukung otot dan meningkatkan kemampuan otot untuk berkontraksi bahkan ketika melemah akibat cedera, nyeri dan kelelahan, mengendurkan otot dan akan melindungi otot dari kram dan kontraksi berlebihan. Hal ini akan meningkatkan kinerja otot dan jangkauan gerak.


terapi kinesio tapping untuk cedera olahraga 
 

Apa Efek Samping Penggunaan Kinesio Tape?

Jarang terjadi alergi akibat pemakaian pita Kinesio ini. 

Bagaimana Prosedur Terapi Menggunakan Kinesio Tape?

Tidak semua orang dapat melakukan pemasangan pita Kinesio dengan tepat untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan. Dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan khusus melalui kursus dan pelatihan-pelatihan yang bersertifikat.

 dokter ahli kinesio tape
 


Tahap awal sebelum dilakukan pemasangan, harus dilakukan evaluasi dan penilaian terhadap kondisi muskuloskeletal yang mengalami kelainan. Penilaian meliputi pengujian manual/fisik otot, pengujian gerakan otot dan rentang gerak sendi dan beberapa tes-tes lain yang dianggap penting. Hal ini penting untuk penentuan lokasi, arah, dan bentuk pemasangan pita Kinesio pada area yang nyeri atau cedera.

Tahap kedua adalah penentuan bentuk potongan pita yang hendak dibuat. Hal ini didasarkan pada area yang alami cedera, otot-otot yang terpengaruh dan tujuan utama pemasangan pita Kinesio tersebut.

Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan area pemasangan pita Kinesio dengan melakukan pembersihan area dari kotoran, minyak dan lotion yang akan mengurangi perlengketan pita dengan kulit.

     prosedur terapi kinesio tape
Sumber gambar: www.viramedikal.com/wp-content, mein-gesundes-leben.de
 

Gambar di atas menunjukkan pemasangan pita Kinesio dapat berbeda bentuk dan arahnya, bergantung pada otot yang mengalami cedera atau nyeri, dan tujuan pemasangannya, meskipun nyeri yang dirasakan berada di daerah yang sama.

         pemasangan kinesio tapping
Sumber gambar: www.lifebridgeblogs.org, 4.bp.blogspot.com

Apa Kontraindikasi Penggunaan Kinesio Tape?

Kontraindikasi penggunaan pita Kinesio antara lain:

•    Keganasan
•    Infeksi, selulitis
•    Luka terbuka pada area otot yang cedera
•    Varises (DVT/Deep Vein Thrombosis)

Kewaspadaan dan hati-hati pada penderita

•    Diabetes
•    Gagal Jantung Kongestif
•    Fraktur


Jika anda ingin melakukan pendaftaran & informasi tentang pelayanan diklinik kami, anda bisa klik no.WhatsApp dibawah ini. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com