Senin, 14 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Frozen shoulder; Nyeri dan Kaku pada Bahu

Apa yang Dimaksud dengan Frozen Shoulder? 

Frozen shoulder adalah suatu keadaan di mana kapsul sendi bahu mengalami perlengketan atau mengkerut terutama di bagian depan. Anda akan sulit memutar lengan ke sisi luar dan mengangkat lengan ke atas bahu. Kadang terasa bahu sakit yang sangat hebat sehingga membuat Anda tidak bisa tidur.

Perlengketan kapsul sendi pada frozen shoulder

Perlengketan ligament yang menyebabkan kesulitan mengangkat lengan pada frozen shoulder

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Frozen Shoulder?

Frozen shoulder dapat terjadi ketika Anda tidak menggerakkan sendi bahu. Setiap masalah pada bahu dapat menyebabkan timbulnya frozen shoulder bila Anda tidak menggerakkan bahu Anda.

Penyebab terjadinya frozen shoulder diantaranya:

  • Setelah pembedahan atau cedera
  • Sering terjadi pada orang yang berusia 40 sampai 70 tahun
  • Lebih sering terjadi pada wanita (terutama pasca menopause)
  • Sering terjadi pada orang dengan penyakit kronis misalnya diabetes atau stroke

Bagaimana Penanganannya?   

Terapi panas akan melebarkan pembuluh darah yang menyempit pada bahu yang sakit akibat frozen shoulder dan melemaskan kapsul sendi yang mengalami perlengketan. Setelah kapsul sendi melemas, dilakukan gerakan-gerakan khusus untuk melepaskan perlengketan yang terjadi. Pergerakan tulang scapula juga diperbaiki dengan mengurangi kekakuan otot sekitarnya.

Injeksi anti radang pada bahu sakit akibat frozen shoulder dapat diberikan sebelum terapi dan meningkatkan efektivitas terapi. Injeksi diberikan ke dalam sendi bahu dengan panduan USG untuk menjamin ketepatan injeksi. Injeksi blok saraf suprascapularis pada bahu sakit juga membantu mengurangi nyeri.

Obat yang diberikan dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri, memperbaiki aliran darah atau mengobati penyakit yang memicunya, seperti diabetes.

Dapatkah Frozen Shoulder Dicegah?

Apabila Anda mengalami cedera pada bahu atau baru menjalani pembedahan di area bahu, Anda dapat melakukan peregangan secara bertahap. Akan tetapi Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bagaimana cara melakukannya dengan tepat.

Lebih detail infromasi tentang penyakit Frozen Shoulder.

 

Referensi:

www.webmd.com/a-to-z-guides/tc/frozen-shoulder-topic-overview

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com