Kamis, 17 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Tennis Elbow; Nyeri Siku di Sisi Luar

Apa itu Tennis Elbow?

Tennis elbow, atau lateral epicondylitis, adalah nyeri pada siku yang disebabkan karena penggunaan berlebihan. Olahraga tenis dan olahraga lainnya yang menggunakan raket dapat menyebabkan terjadinya kelainan ini. Tennis elbow tidak hanya diderita oleh atlet. Orang yang menggunakan otot lengan bawah secara berulang dapat menderita tennis elbow.  Tukang cat, tukang ledeng, tukang kayu juga rentan menderita tennis elbow.

Apa Penyebab Terjadinya Tennis Elbow?

Tennis elbow disebabkan oleh peradangan pada tendon yang menggabungkan otot-otot lengan bawah pada sisi luar siku. Otot-otot lengan bawah dan tendon menjadi rusak akibat penggunaan berlebihan – pengulangan gerak terus menerus. Hal ini menyebabkan nyeri di sisi luar siku.  

forearm musclelateral epicondylar

Bagaimana Penanganannya?

Sekitar 80-85% penderita akan mengalami penyembuhan dengan terapi konservatif (non bedah).
Terapi panas menambah aliran darah pada siku yang sakit. Terapi LASER juga merangsang penyembuhan siku yang sakit. Injeksi proloterapi pada siku sakit memicu proses penyembuhan tendo, injeksi dilakukan dengan panduan usg sehingga lebih akurat.

injeksi

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Nyeri pada Tennis Elbow?

Penderita nyeri siku karena tennis elbow harus memakai arm-band untuk melindungi tendon yang cedera. Penderita juga harus memperbaiki kelenturan senar dan tebal genggaman raket tenisnya.

arm band   stretching

 

Penderita tennis elbow dapat melakukan latihan peregangan untuk mengurangi nyeri dan mencegah berulangnya cedera di masa yang akan datang.

 

Informasi lebih lengkap dan detail tentang penyakit Tennis Elbow.

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com