Kamis, 17 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Facet Joint Syndrome; Salah Satu Penyebab Nyeri Leher dan Punggung yang Paling Sering

Apa itu Facet Joint Syndrome?

Diantara ruas-ruas tulang belakang terdapat suatu sendi yang menghubungkan tulang di atas dan di bawahnya, yang disebut sendi facet. Sendi facet ini dapat rusak akibat pergerakan-pergerakan berulang yang kita lakukan seperti membungkuk, mengangkat beban, memutar tubuh, dll, dan menyebabkan sakit punggung leher, yang dirasakan di sendi facetnya sendiri atau terasa sebagai nyeri yang menjalar di otot sekitar tulang belakang.

Facet joint syndrome adalah kondisi terjadinya peradangan dan kerusakan pada sendi facet.

sendi facet penghubung tulang belakang

  pinggang dan leher sakit karena facet joint syndrome
Apa Gejala Facet Joint Syndrome?

Pada kerusakan sendi facet di tulang belakang leher, nyeri dapat dirasakan sebagai sakit kepala, sakit leher dan pundak. Sedangkan jika terjadi di tulang belakang bagian bawah, akan dirasakan sebagai sakit pinggang yang lebih terasa saat berdiri lama dibandingkan saat duduk lama. Juga terasa saat memutar tubuh ke salah satu sisi.

neck pain radiation

 

Bagaimana Penanganan Facet Joint Syndrome?

Terapi dengan panas (Infra Red) menambah aliran darah ke sendi facet yang terkena dan merelaksasi otot yang kaku. Aliran listrik interferensial (TENS) dapat mengurangi nyeri yang terjadi. Laser dapat merangsang perbaikan sendi facet dan mengurangi rasa nyeri. Injeksi proloterapi akan mengurangi nyeri dan menguatkan struktur ligamen di sekitar tulang belakang, sedangkan injeksi anti radang pada saraf yang mempersarafi sendi facet dapat mengurangi nyeri.

Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Nyeri Facet Joint Syndrome?

Penderita kerusakan sendi facet (facet joint syndrome) harus memperbaiki postur tubuhnya, terutama postur leher bagi yang mengalami sakit leher. Juga perbaikan ergonomi dengan memodifikasi kebiasaan sehari-hari dan situasi kerja. Yang paling penting dari semuanya adalah latihan untuk stabilitas otot-otot pusat (core stability exercise).
 

Informasi lebih lengkap dapat dibaca di Informasi penyakit Leher dan Punggung : Facet Joint Syndrome

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com