Kamis, 17 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Spondylolisthesis; Pergeseran Ruas Tulang Belakang

Apa itu Spondylolisthesis?

Spondylolisthesis adalah bergesernya ruas tulang belakang terhadap tulang belakang didekatnya. Tulang belakang bisa bergeser ke depan atau belakang, bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Lansia paling sering mengalami pergeseran tulang belakang bagian punggung bawah karena rusaknya sendi facet dan bantalan sendi akibat usia. 

    

tulang belakang bawah bergeser tulang belakang bergeser

Bagaimana Gejalanya?

Penderita spondylolisthesis punggung bawah akan merasakan nyeri di punggung bawah dan bokong. Jika pergeseran cukup berat dan terdapat penekanan pada syaraf, penderita akan merasakan kesemutan, baal dan bahkan disertai kelemahan otot.

Bagaimana Penanganan Spondylolisthesis?

Penanganan spondylolisthesis dapat dilakukan tanpa pembedahan dan dengan pembedahan bergantung pada derajat pergeseran ruas tulang belakang yang terjadi.

Penanganan non pembedahan di antaranya:

  • Terapi dengan panas, yang dapat merelaksasi otot yang kaku.
  • Aliran listrik interferensial untuk mengurangi nyeri.
  • Traksi DTS merelaksasi otot di sekitarnya dan membantu memperbaiki posisi tulang yang bergeser.
  • Injeksi proloterapi menguatkan struktur ligamen sekitar tulang belakang, sehingga mengurangi nyeri punggung dan mencegah pergeseran lebih lanjut yang dapat menekan syaraf.

Pemakaian korset membantu menambah tekanan dalam perut dan menahan perseseran tulang belakang ke  depan. Peregangan otot paha belakang membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang yang bergeser. 

Penderita spondylolisthesis harus menghindari mengangkat benda berat atau menggendong di depan. Berat badan juga harus dikurangi, terutama perut yang buncit harus dikecilkan.

Pembedahan dilakukan bila jika pasien mengalami kerusakan neurologis yang progresif akibat pergeseran tulang vertebra yang cukup berat.

Baca informasi lebih lanjut mengenai spondylolisthesis.

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com