Senin, 28 Desember 2015 | Penulis : Flex Free

Achilles Tendinopathy; Nyeri Pergelangan Kaki Bagian Belakang

Sumber gambar: running.competitor.com

Pada betis terdapat otot gastrocnemius dan soleus. Kedua otot ini menempel ke tulang tumit melalui tendon yang disebut tendon Achilles. Pada tendon Achilles terdapat area yang rentan cedera dan memiliki aliran darah yang rendah, sehingga jika terjadi cedera akan sulit sembuh sempurna, karena pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pemulihan sangat kurang. 

otot pada tumit

Beberapa kelainan dapat terjadi pada tendon Achilles akibat aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Penderita akan merasakan nyeri di atas tumit di tendon Achilles terutama saat atau setelah beraktivitas.

Apa yang Dimaksud dengan Achilles Tendinopathy?

Achilles tendinopathy adalah suatu kondisi yang menimbulkan rasa nyeri, kaku dan bengkak pada tendon Achilles. Kondisi ini diperkirakan terjadi akibat cedera berulang pada tendon Achilles.

Apa Penyebab Terjadinya Achilles Tendinopathy?

Beberapa penyebab cedera berulang yang mengakibatkan terjadinya Achilles tendinopathy antara lain:

  • Penggunaan tendon Achilles yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi pada pelari, penari dan atlet olahraga yang melibatkan gerakan melompat.
  • Olahraga menggunakan sepatu yang tidak tepat.
  • Melakukan teknik olahraga yang salah.
  • Perubahan program olahraga - misalnya, meningkatkan intensitas dan frekuensi latihan dengan cepat.
  • olahraga pada permukaan yang keras atau miring.

Achilles tendinopathy juga sering terjadi pada orang yang menderita arthritis jenis tertentu seperti ankylosing spondylitis atau artritis psoriatik. Kondisi ini diperkirakan juga disebabkan oleh faktor genetik. Penderita tekanan darah tinggi, kolesterol atau diabetes juga sering mengalami kondisi ini.

Orang yang mengkonsumsi obat dari golongan fluorokuinolon (misalnya antibiotik ciprofloxacin dan ofloxacin) juga memiliki peningkatan risiko mengalami Achilles tendinopathy.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Achilles Tendinopathy?

Pada pemeriksaan dengan USG, terlihat pembengkakan di tendon achilles, serabut tendon berkurang, dan dapat ditemukan robekan di tendon, juga dapat ditemukan pengapuran atau bursitis (penumpukan cairan di area sekitar tendon).

Bagaimana Penanganan Achilles Tendinopathy?

Proloterapi. Sumber gambar: lermagazine.com

Terapi panas akan menambah aliran darah ke daerah yang sakit sehingga mendorong terjadinya perbaikan. Terapi panas juga menambah elastisitas otot paha dan betis. Laser merangsang penyembuhan jaringan tendon yang rusak. Injeksi anti radang pada tendon yang sakit harus dihindari karena menghambat pemulihan sehingga membuat tendon makin lemah dan berisiko robek. Injeksi proloterapi lebih tepat dilakukan karena memicu penyembuhan jaringan rusak.

Penderita achilles tendinopathy harus diperbaiki biomekanika alat gerak bawahnya. Otot paha dan betis harus dikendurkan. Posisi tulang pinggul harus diperbaiki. Posisi kaki yang datar atau mengarah ke sisi luar yang menyebabkan nyeri di pergelangan kaki bagian belakang harus diperbaiki.

 

Referensi:

patient.info/health/achilles-tendinopathy

Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Ikuti perkembangan informasi terbaru melalui sosial media kami

Copyright © 2014 - www.flexfreeclinic.com