IND | EN

Wednesday, 9 August 2017 | Author : Flex Free

Nyeri Punggung, Pinggang dan Lutut yang Membandel, Berobat Ke Mana?

Apakah Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada punggung, pinggang atau lutut yang tidak kunjung sembuh? Anda sudah mengkonsumsi begitu banyak obat dan mengunjungi berbagai dokter tetapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Ke mana seharusnya Anda berobat?

Nyeri punggung, pinggang atau lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab yang dapat menimbulkan rasa nyeri adalah masalah pada sistem muskuloskeletal.

Apa itu Sistem Muskuloskeletal?

Sumber gambar: www.osgpc.com

Muskuloskeletal berasal dari kata muscle (otot) dan skeletal (tulang). Sistem muskuloskeletal tersusun dari tulang, otot, tulang rawan, tendon, ligamen, sendi dan jaringan ikat lainnya. Sistem muskuloskeletal memberikan bentuk, dukungan, stabilitas dan pergerakan tubuh. Apabila terdapat masalah pada sistem muskuloskeletal, salah satu dampaknya adalah timbulnya rasa nyeri yang biasanya dirasakan atau memberat ketika melakukan gerakan atau aktivitas tertentu.

Jadi, ke mana Saya Harus Memeriksakan Diri?

Anda dapat memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.KFR) untuk membantu mengatasi keluhan muskuloskeletal Anda yang membandel.

Apa itu Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi?

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi (Sp.KFR) atau dulu dikenal sebagai Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis (Sp.RM), adalah dokter yang menangani kondisi-kondisi atau cedera yang mempengaruhi pergerakan. Rehabilitasi medis bertujuan untuk menambah dan mengembalikan kemampuan dan kualitas fungsional dalam kehidupan seseorang seperti sebelum mengalami sakit atau kecacatan dan memaksimalkan kemandirian pasien dalam beraktivitas sehari-hari dan memperbaiki kualitas hidup pasien.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi mendiagnosis dan menangani nyeri yang berkaitan dengan saraf, otot, sendi dan tulang, misalnya pada kasus carpal tunnel syndrome, nyeri leher, nyeri punggung, nyeri lutut, cedera olahraga dan cedera akibat pekerjaan, herniasi diskus tulang belakang, saraf yang terjepit, dan lainnya, tanpa operasi.

Bila Tidak Dioperasi, Penanganan Seperti apa yang Diberikan?

Bergantung pada masing-masing kasus, selain obat-obatan yang minum dan obat suntik, penanganan yang dilakukan oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi adalah dengan alat-alat yang menggunakan metode fisika, misalnya dengan menggunakan suhu panas-dingin, menggunakan gelombang suara (ultrasound), stimulasi dengan listrik, sinar infra merah, dan lain-lainnya.

Selain itu, pasien juga akan diajarkan latihan modifikasi aktivitas sehari-hari untuk mengurangi nyeri dan mencegah penyakit kambuh kembali. Misalnya pada pasien nyeri punggung, akan diajarkan cara mengangkat benda berat dari lantai yang aman, atau postur tubuh yang tepat ketika duduk atau tidur.

 

 

 

 

Referensi:

  • www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMHT0027058/
  • www.webmd.com/back-pain/guide/pain-specialists#1

If you want to register & information about our clinic services, you can click no.WhatsApp below. :

085858646477
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Keep up with the information through our social media

Copyright © 2014 - 2018 | www.flexfreeclinic.com