IND | EN

Thursday, 8 February 2018 | Author : Flex Free

Fisioterapi

Sumber gambar: http://www.raghavphysio.com/electro_theraphy.php

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah metode terapi untuk merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik. Fisioterapi membantu mengembalikan gerakan dan fungsi ketika seseorang mengalami cedera, terkena penyakit atau mengalami disabilitas. Fisioterapi juga membantu memperbaiki aktivitas fisik dan mengurangi risiko cedera atau penyakit di kemudian hari. Pelayanan fisioterapi meliputi konsultasi, penilaian, diagnosis, perencanaan, intervensi, edukasi, evaluasi dan re-evaluasi.

Kapan Fisioterapi Digunakan?

Fisioterapi dapat membantu semua pasien segala umur dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah yang mempengaruhi:

  • Tulang, sendi dan jaringan lunak – misalnya nyeri punggung, nyeri leher, nyeri bahu dan cedera olahraga
  • Otak atau sistem saraf – misalnya masalah pergerakan akibat terkena penyakit stroke, multiple sclerosis atau Parkinson’s
  • Jantung dan peredaran dara – misalnya rehabilitasi setelah serangan jantung
  • Paru-paru dan pernapasan – misalnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan kistik fibrosis

Siapa itu Fisioterapis?

Fisioterapis adalah tenaga medis profesional yang menggunakan pendekatan fisik alami untuk meningkatkan, mempertahankan dan mengembalikan kesejahteraan sehingga pasien dapat melakukan dan menikmati aktivitas sehari-hari, bekerja atau berolahraga. Fisioterapis mempelajari tubuh manusia, terutama otot dan sendi. Fisioterapis akan menggunakan ilmu mengenai tubuh manusia dan menggunakan keterampilan khusus untuk membantu pasien mengembalikan kesehatan otot dan sendi. Fisioterapis membantu mendorong perkembangan dan memfasilitasi penyembuhan, memungkinkan pasien untuk tetap bekerja dan membantu pasien untuk tetap mandiri selama mungkin.

Apa yang Fisioterapis Lakukan?

Fisioterapis lebih memperhatikan tubuh secara keseluruhan, bukan hanya memfokuskan pada aspek individu dari sebuah cedera atau penyakit.

Beberapa pendekatan utama yang digunakan oleh fisioterapis yaitu:

  • Edukasi dan saran – fisioterapis dapat memberikan saran umum mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, misalnya postur tubuh dan cara mengangkat dan membawa barang yang benar untuk membantu mencegah cedera
  • Saran gerakan, olahraga dan aktivitas fisik – olahraga mungkin direkomendasikan untuk memperbaiki kesehatan dan pergerakan secara umum, dan untuk menguatkan bagian tertentu dari tubuh  
  • Terapi manual – fisioterapis menggunakan tangan untuk membantu meredakan nyeri dan rasa kaku, dan untuk mendukung pergerakan tubuh yang lebih baik.  

Apa saja Penanganan dalam Fisioterapi?

Ada banyak pendekatan penanganan yang berbeda yang digunakan dalam fisioterapi. Beberapa contohnya sebagai berikut:

  1. Fisioterapi manual. Misalnya manipulasi sendi, pemijatan.
  2. Elektroterapi. Misalnya dengan menggunakan ultrasound, TENS (Transcutaneus Electrical nerve Stimulator), laser, dan lain-lain.
  3. Program latihan. Misalnya teknik memperbaiki postur tubuh, penguatan dan peregangan otot, latihan kardiovaskular.
  4. Metode lainnya. Misalnya dengan hidroterapi, akupuntur, koreksi cara berolahraga, cara mengangkat beban berat, dan lain-lain.

 

 

 

 

Referensi:

  • http://www.csp.org.uk/your-health/what-physiotherapy
  • https://physioworks.com.au/FAQRetrieve.aspx?ID=30871
  • https://physioworks.com.au/FAQRetrieve.aspx?ID=30872
  • https://physioworks.com.au/FAQRetrieve.aspx?ID=31638
Share :

Sosial Media Flex Free Clinic

Keep up with the information through our social media

Copyright © 2014 - 2018 | www.flexfreeclinic.com