Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) | CALL CENTER : 021-451 4421

Konsultasi Seputar Penyakit


Pamungkas

Jkt

|

Kamis, 05 November 2020

Gejalan CTS pada jari tangan

Istri saya pagi ini merasakan tangan kesemutan sehingga merasakan kesakitan dan kesemutan pada tangannya. Istri saya punya riwayat hipotiroid dan sudah pernah berobat kurang lebih 2 tahun yang lalu ke dokter spesialis syarat di RS Mitra Bekasi Barat dan hasilnya dinyatakan jinak tidak perlu diangkat/dioperasi hanya cukup minum obat dan sampai obat habis sampai saat ini istri tidak berobat lagi ke dokter tersebut. Yang saya tanyakan apakah tangan kesemutan istri saya ini masih dalam tahap ringan dok? oh ya setelah di rendam sama air es tangan istri saya terasa membaik tidak kesemutan dan sakit. apa yang perlu istri lakukan agar tangan istri bisa sembuh dari rasa kesemutannya dan tidak harus pergi ke RS dikarenakan kami khawatir kalau berobat ke RS nanti malah istri saya bisa tertular penyakit yang lainnya. karena kondisi pandemi covid saat ini. mohon penjelasannya dok. Terima kasih

Jawaban :

Halo Bapak Pamungkas,

Untuk membantu meringankan gejala kesemutan, tips berikut ini dapat dilakukan:

  1. Mengistirahatkan tangan dari banyak aktivitas
  2. Menggunakan pelindung pergelangan tangan  (wrist support)
  3. Menghindari gerakan yang membebani/menekan pergelangan tangan
  4. Sering berganti posisi ketika beraktivitas menggunakan tangan
  5. Menjaga tangan tetap hangat
  6. Melakukan peregangan tangan
  7. Bila tangan terasa kesemutan dan nyeri, dapat dikompres dengan air dingin
  8. Minum obat pereda nyeri bila sudah sangat mengganggu

Untuk mengetahui berat-ringannya penyakit dan menentukan pilihan terapi terbaik pada keluhan istri Bapak diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, agar lebih akurat. Selain itu, mungkin diperlukan pemeriksaan ulang mengenai status penyakit hipotiroidnya.

Silakan datang ke klinik kami untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter ahli kami. Klinik kami menjalankan protokol pencegahan penularan penyakit COVID-19 dengan baik. Silakan hubungi customer service kami untuk pertanyaan lebih lanjut.

Semoga membantu