Pengobatan HNP untuk Syaraf Kejepit dari Flex-Free Musculoskeletal Rehabilition Clinic

16 September 2021 , Klinik Flex-Free
16 September 2021
Klinik Flex-Free

Jika Anda sering mengalami rasa nyeri yang tiba-tiba di bagian tubuh tertentu tanpa penyebab yang pasti maka waspadalah. Mengapa begitu? Karena mungkin saja itu adalah gejala HNP. Kelainan satu ini berupa kondisi cakram tulang rawan dari tulang belakang menonjol keluar lalu akhirnya menjepit saraf. Lalu, bagaimana cara pengobatan HNP?

Kami dari Free-Flex Musculoskeletal Rehabilition Clinic menawarkan cara terbaik untuk mengobati Hernia Nukleus Pulposus atau yang biasa disebut sebagai saraf terjepit. Dengan bantuan para terapis dan dokter profesional yang ahli di bidangnya masing-masing, kami siap untuk menangani keluhan Anda. Untuk info lebih lengkapnya terkait klinik kami, simak penjelasan kami di bawah ini.

Apa Itu Pengobatan HNP?

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait pengobatan HNP dari Flex-Free Clinic, Anda perlu mengetahui apa itu HNP atau Hernia Nukleus Pulposus. Di saat salah satu cakram tulang rawan dari tulang belakang yang menonjol keluar dan kemudian menjepit saraf maka itulah yang disebut HNP.

Gejala yang biasanya diderita di antara lain berupa nyeri pada kaki ataupun bahu (dapat meningkat di saat batuk, bersin, juga bergerak dalam posisi tertentu), fungsi otot yang melemah, beberapa bagian di tubuh mengalami kondisi kaku atau kesemutan (sekitar punggung, tangan, tungkai, kaki, serta bahu).

Nah, bagi Anda yang mengalami gejala-gejala di atas maka Anda harus segera untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda dapat segera meminimalisir dampak paling buruk yang bisa terjadi dari kemungkinan terkena HNP.

Pada umumnya, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi terjadinya HNP. Faktor-faktor ini dapat muncul dari diri sendiri hingga faktor luar di antara lain sering membungkuk, posisi tubuh yang salah saat berjalan, proses degeneratif (di usia 30—50 tahun), riwayat trauma di masa lalu, pernah melakukan pekerjaan beban berat, duduk, juga mengemudi dalam waktu lama, struktur tulang belakang, hingga kelemahan otot perut dan tulang belakang.

Risiko terkena HNP akan lebih besar jika Anda mengalami beberapa hal sebagai berikut ini.

  1. Faktor genetika. Kondisi ini sangat berpengaruh dan sulit untuk ditebak karena biasanya diturunkan dari salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat HNP.
  2. Terjadi obesitas. Obesitas merupakan kondisi tubuh yang mengalami penumpukan lemak. Hal ini akan mengakibatkan HNP karena penekanan pada tulang punggung dikarenakan berat tubuh yang berlebih.
  3. Aktivitas merokok. Asap rokok tidak hanya menyebabkan penyakit-penyakit kronis bermunculan seperti gangguan paru-paru, gangguan lambung, kanker, hingga bisa menurunkan kadar oksigen yang lalu meningkatkan risiko pengikisan tulang pada punggung.
  4. Mengangkat beban yang terlalu berat. Resiko terkena HNP akan semakin besar akibat terlalu sering mengangkat beban yang terlalu berat dengan postur tubuh yang salah.

Mengenal Tempat Pengobatan HNP Terbaik, Flex-Free Clinic

Kami ialah klinik rehabilitasi medik khusus yang ada di bidang muskuloskeletal dengan fokus pengobatan berbagai kelainan dan nyeri otot, tulang, sendi, dan juga saraf. Klinik Flex-Free akan memberikan Anda paket pengobatan komplit. Seperti halnya dari pelayanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pengobatan, juga pencegahan berbagai kelainan akibat berolahraga.

Pada dasarnya, visi klinik Flex-Free untuk mewujudkan klinik rehabilitasi muskuloskeletal yang pertama, terbaik, serta pusat rujukan untuk rehabilitasi medik dalam taraf egional, nasional, hingga internasional dalam bidang rehabilitasi neuromuskuloskeletal.

Sedangkan, misi klinik kami untuk selalu berupaya membantu pasien agar sembuh dan dapat beraktivitas kembali dengan leluasi tanpa merasakan nyeri. Misi kedua Flex-Free Clinic untuk mengembalikan kualitas hidup yang baik tanpa harus melakukan tindakan operasi lagi.

Bicara soal penanganan yang diberikan, klinik kami mengatasi berbagai kelainan seperti berbagai macam saraf kejepit (tangan, leher, punggung, dan pinggul), nyeri yang diderita pasien (lutut, kaki, bahu, tangan, dan sendi), cedera di saat olahraga, dan kelainan tulang belakang (skoliosis).

Selanjutnya, penanganan-penangan tersebut langsung ditangani oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitas atau SpKFR. Hal ini tentunya dengan Sub Spesialisasi Rehabilitasi Muskuloskeletal yang sangat ahli dan berpengalaman di bidangnya. Para dokter yang kami miliki inilah yang satu-satunya mendalami ilmu gerak tubuh atau kinesiology.

Aspek pendukung berupa layanan medis di klinik Flex-Free antara lain USG Muskuloskeletal, DTS, PRP dan Prolotheraphy, ESWT, injeksi pelumas sendi, Scoliosis Treatment Center, dan fisioterapi untuk otot tulang sendi.

Untuk info lebih lengkapnya terkait layanan medis kami, kunjungi halaman penawaran kami sekarang juga. Situs Flex Free Clinic diolah langsung oleh dr Ferdinand Dennis dan dr Aditya Wahyudi, Sp. KFR sehingga terjamin layanan yang kami berikan.

Tentunya untuk menunjang kualitas layanan, kami pun menyediakan masing-masing fasilitas yang berbeda untuk setiap penangan. Ada ruang pemeriksaan USG Muskuloskeletal, ruang untuk tindakan medis, ruang DTS untuk penanganan saraf kejepit, ruang untuk fisioterapi, hingga ruangan untuk gym dan latihan.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan pengobatan kelainan atau nyeri (otot-tulang-sendi), segera mengunjungi Flex-Free Clinic di Jakarta ataupun Bandung. Di lokasi pertama, terletak di Ruko Italian Wall Blok J Nomor 19 Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di lain sisi, Anda juga bisa langsung mengunjungi klinik kami di lokasi yang kedua yaitu di Jl. Terusan Pasir Koha Nomor 15 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Bandung, jika berdomisili di Bandung dan sekitarnya.

Cara-Cara untuk Melakukan Pengobatan HNP

Seperti yang Anda ketahui, HNP menjadi penyakit yang sangat mengganggu karena dapat menyebabnya nyeri yang luar biasa hingga bisa melemahkan orang tersebut. Namun, Anda tidak perlu risau karena sebenarnya syaraf terjepit ini bisa diredakan dengan melakukan proses pengobatan yang tepat. Nah, di bawah ini telah kami rangkumkan lebih detailnya untuk Anda.

  1. Mengonsumsi obat-obatan          

Di urutan pertama, ada obat-obatan sebagai alternatif terbaik dalam mengatasi berbagai penyakit salah satunya HNP. Namun, tidak sembarang obat dapat digunakan. Oleh karena itu, ada beberapa obat yang direkomendasikan oleh para dokter sebagai berikut ini.

- Obat pereda nyeri (dalam kondisi dijual bebas). Obat-obatan ini hanya berlaku jika rasa sakit yang dialami ringan sampai sedang. Kemudian, dokter akan memberikan obat pereda nyeri yang rupanya dijual bebas semacam Acetaminophen, Naproxen Sodium, juga Ibuprofen.

- Dengan suntikan Kortison. Jika rasa nyeri tidak kunjung membaik, pilihan selanjutnya dengan memberikan suntikan kortikosteroid ke area di sekitar saraf tulang belakang, tentunya dengan resep dokter.

- Obat pelemas otot. Nah, untuk obat satu ini dapat ditemukan pada orang yang sering mengalami kejang otot.

- Pemakaian Opioid. Cara satu ini hanya digunakan apabila pemakaian obat-obatan yang lain tidak ampuh untuk meredakan rasa sakit Anda. Dokter akan mempertimbangkan untuk penggunaan Opioid dalam jangka pendek saja.

  1. Mencoba terapi

Setelah cara pertama tidak berhasil, dokter pun memberikan alternatif berupa terapi fisik untuk membantu mengatasi rasa sakit kamu akibat saraf kejepit. Nah, Klinik Flex-Free dapat menjadi tempat klinik terbaik untuk Anda kunjungi. Di mana, kami menggunakan fasilitas-fasilitas penunjang seperti alat DTS. Untuk info lengkapnya, cek langsung saja di website Flex Free Clinic.com.

  1. Melakukan operasi

Operasi menjadi langkah terakhir untuk pemecahan kelainan pada syaraf terjepit. Di mana, metode ini nantinya akan dilakukan apabila metode pengobatan yang lain seperti mengonsumsi obat dan terapi tidak mampu untuk memperbaiki gejala saraf terjepi Anda setelah 6 minggu. Gejala-gejala yang tidak dapat diperbaiki tersebut di antara lain:

- Tidak terkontrolnya rasa nyeri dengan baik

- Adanya kelemahan atau mati rasa

- Pasien mengalami kesulitan untuk berdiri maupun berjalan

- Kandung kemih atau usus tidak terkontrol

Pengobatan HNP Profesional dari Klinik Flex-Free

HNP atau biasa disebut sebagai syaraf terjepit menjadi mengerikan saat dibiarkan berlarut-larut. Selanjutnya, akan menjadi kronis akibat penumpukan cairan dan pembengkakan yang menyebabkan kerusakan saraf secara permanen.

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, banyak sekali cara untuk melakukan pengobatan HNP mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga melakukan operasi. Namun, seringkali tingkat keberhasilan dari cara-cara tersebut minim. Nah, kini Anda jangan khawatir lagi karena Flex-Free hadir dengan teknologi terbarunya dalam mengatasi syaraf terjepit yaitu DTS.

Alat Decompression Traction System bekerja dengan memberikan pola tarikan yang benar pada tulang belakang secara ritmis. Dosis yang telah ditentukan dokter akan diatur oleh komputer secara akurat. Nantinya, penarikan yang ritmis itulah yang mampu menurunkan tekanan intradiskal.

Di lain sisi, efek vakum pada pasien akan menambah kesempatan diskus untuk mengambil nutrisinya dikarenakan diskus memiliki pembuluh darah yang relatif sedikit. Nah, Anda tak perlu khawatir karena terapi DTS ini terbilang cukup aman untuk digunakan pasien dengan gejala beratpun. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki DTS di tempat kami seperti:

  1. Tarikan yang sangat presisi
  2. Efek samping seperti refleks kejang otot tidak hadir karena  penurunan tekanan intra-diskal (proses penarikan otot ini nantinya yang akan mengaktifkan sensor propriosepsi yang terjadi pada penggunaan alat traksi biasa).
  3. Proses regenerasi dan nutrisi diskus atau bantalan pada tulang belakang terjadi akibat pola-pola tarikan.
  4. Latihan untuk stabilisasi tulang belakang atau disebut sebagai manipulasi sangat mungkin untuk dilakukan.
  5. Keunggulan utama kami terletak di proses terapi yang dilakukan oleh dokter spesialis bagian kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Biasanya, terapi DTS ini kami berikan 3-4 kali per minggu dengan total 10-15 sesi terapi (hingga 3-4 minggu). Selama 15-20 menit pada setiap sesinya, traksi akan diberikan kepada pasien dengan kekuatan traksi menyesuaikan gejala, berat badan, dan kenyamanan. Untuk lebih pastinya, Anda bisa konsultasi lebih lenjuf dengan ara dokter ahli kami melalui website flexfreeclinic.com.

Harga yang terjangkau Flex-Free Clinic tawarkan setiap satu kali terapi. Anda cukup menyiapkan Rp 500.000,00 untuk sekali terapi dan Anda pun sudah bisa merasakan dampak positif di tubuh dengan berkala. Cukup terjangkau, bukan?

Berbagai Layanan Medis yang Kami Sediakan

Selain terapi DTS atau Spinal Decompression Treatment, Klinik Flex-Free juga masih memiliki beberapa layanan medis lainnya. Berikut ini kami ulas selengkapnya agar Anda mudah memahami layanan-layanan terbaik lainnya yang ada di tempat kami lainnya.

  1. Terapi ESWT

Layanan terapi non invasif untuk meredakan nyeri dengan memanfaatkan gelombang suara yang diarahkan ke tubuh yang sakit disebut sebagai Extracorporeal Shock Wave Therapy. Prosedural terapi ESWT yang kami lakukan dengan pasien yang lebih dulu dibaringkan, lalu titik nyeri dicari dengan mempalpasi jaringan lunak tubuh. Setelah ditemukan, gel dioleskan agar gelombang dapat diarahkan ke tubuh tanpa ada energi yang hilang.

  1. Exercises

Exercises atau semacam olahraga-olahraga ringan juga tersedia di klinik kami untuk menghindari berbagai masalah nyeri dan otot. Di antara lain ada latihan peregangan dan penguatan leher dan bahu. latihan lutut, latihan punggung atas, latihan punggung bawah, latihan pergelangan kaki, latihan panggul, juga latihan penanganan saraf kejepit.

  1. Fisioterapi

Di layanan medis ini terdapat beberapa terapi seperti terapi laser, terapi kinesio tape, terapi lilin, terapi ultrasound, terapi stimulasi listrik, dan terapi pemanasan infrared (IR) yang masing-masing digunakan untuk keluhan yang berbeda-beda.

  1. Layanan tindakan medis

Tindakan medis yang ada di klinik Flex-Free juga menjadi salah satu fokus kami. Dengan mudah dan cepat, Anda dapat mengonsultasikan keluhan Anda untuk segera diobati dengan menghubungi customer service kami.

  1. Scoliosis Treatment Centre

Skoliosis yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kelainan berupa perbedaan panjang tungkai, masalah pada panggul, kelainan kelengkungan kaki, dan masalah pada lutut pergelangan kaki.

Di klinik Flex-Free, kami melakukan beberapa penanganan mulai dari latihan skoliosis, konsultasi aktivitas, pemasangan brace, pembuatan insole khusus, koreksi pada kelengkungan kaki, sampai penanganan komplikasi.

  1. USG Musculoskeletal

Selanjutnya,  ada layanan medis yang menggunakan alat bantu USG atau ultrasonografi. USG Muskuloskeletal (otot-tulang-sendi) sangat membantu diagnosis dokter juga pada tindakan terapi (injeksi musculoskeletal).

  1. Terapi Platelet Rich Plasma (PRP)

Terakhir, ada PRP yang dapat diberikan pada struktur yang memiliki potensi kesembuhan yang rendah seperti tulang rawang, tendon, ligament, dan juga saraf. Prinsip kerjanya dengan mengambil darah  kurang lebih 3 sampai 6 cc, darah dimasukkan ke sentrifuge khusus, platelet yang kaya akan plasma akan langsung terpisah, kemudian platelet disuntikkan kembali pada bagian tubuh pasien sakit.

Apa Aman Berobat Selama Pandemi di Flex-Free?

Apa aman berobat selama pandemi di klinik kami? Jawabannya tentu iya. Karena apa? Klinik Flex-Free sejauh ini selalu menerapkan prokes untuk kenyamanan setiap para pasien yang berupa 5M atau aturan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Tak hanya itu, para terapis, dokter, hingga pegawai lainnya juga telah melakukan tes swab juga vaksin secara berkala. Dari pihak klinik kami sendiri berusaha untuk meningkatkan keamanan pasien di saat pandemi dengan menerapkan sistem pencegahan.

Di antara lain pemeriksaan suhu tubuh, para pengunjung yang wajib menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer, melakukan pembersihan di area yang sering disentuh, seluruh personil menggunakan APD lengkap saat memeriksa pasien, pengaturan jarak tempat duduk, dan sterilisasi ruangan dengan lampu UV.

Penutup

Itulah tadi beberapa ulasan singkat dari kami terkait terapi pengobatan HNP terbaik dari Flex-Free Clinic. Terapi ini sangat aman untuk digunakan dan terbukti kualitas alat modern tersebut. Tak hanya itu, tidak perlu diragukan lagi kualitas dan profesionalime kami dibandingkan dengan klinik-klinik sejenisnya karena kami merupakan dokter spesialis yang satu-satunya mendalami kinesiology.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu. Segera konsultasikan keluhan Anda di Klinik Free-Flex melalui website flexfreeclinic.com dan wujudkan tubuh yang sehat dari rasa nyeri yang mengganggu aktivitas Anda.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Ketika mendengar ‘saraf kejepit’, mungkin yang muncul dalam bayangan Anda adalah sakit punggung, t

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Hernia Nucleus Pulposus? Tulang belakang terdiri dari 33 buah tulang dan diantara terdapat suatu ba

ARTIKEL KESEHATAN

Jika Anda mengalami saraf kejepit maka segera lakukan pengobatan HNP. Pengobatan kini bisa dilakukan dari ruma

ARTIKEL KESEHATAN

Saraf kejepit paling sering terjadi di punggung bagian bawah dan daerah leher.   Saraf kejepit biasany

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
CABANG JAKARTA
CABANG BANDUNG