Terapi Lutut Sakit Di Rumah, Bisakah?

Selasa, 15 Februari 2022
Flex Free
Selasa, 15 Februari 2022
Flex Free

Lutut tersusun dari beberapa jenis sendi dan tulang yang akan memudahkan pergerakan kaki. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang sering mengalami nyeri lutut,  karena adanya sendi yang meradang atau keseleo. Anda bisa saja merasa kesulitan untuk berjalan dan berlari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada terapi lutut sakit yang dapat dilakukan di rumah.

  Tanda-tanda Perlunya Terapi Lutut Sakit

Dibawah ini ada beberapa tanda seseorang perlu melakukan terapi, yakni :

    1. Terjadinya Otot Lutut Melemah

Tanda lain dari radang sendi lutut merupakan otot lutut menjadi lemah dan struktur sendi mulai tidak stabil.

Bagian sendi lutut ini bisa saja sewaktu-waktu susah digerakkan, baik diluruskan maupun ditekuk. Tanda ini tidak bisa dipastikan kapan muncul dan bisa terjadi secara tiba-tiba.

    2. Terjadinya Pembengkakan Pada Lutut

Tanda awal radang sendi lutut merupakan peradangan yang biasanya ditandai dengan adanya penimbunan cairan. Sehingga hal tersebut membuat lutut menjadi bengkak, nyeri pada saat ditekan, kulit di daerah lutut berwarna merah, dan terasa hangat apabila disentuh.

Pembengkakan ini biasanya terjadi apabila lutut tidak melaksanakan kegiatan dalam waktu yang lama, contohnya sesudah bangun tidur.

Apabila gejala ini telah berlangsung lama, biasanya akan terasa sulit diobati dengan obat anti radang ataupun obat-obatan yang biasanya dijual bebas sehingga membutuhkan penanganan langsung oleh dokter.

   3. Bentuk Lutut yang Berubah

Radang sendi lutut sering kali menyebabkan perubahan bentuk pada area lutut, yakni adanya cekungan sebab melemahnya otot di bagian ini.

Banyak sekali orang yang tidak menyadari perubahan bentuk lutut ini hingga radang sendi telah memasuki tingkatan yang lebih parah.

  Cara Terapi Lutut Dengan Mudah

Perawatan untuk lutut yang sakit sebenarnya tidak dapat sembarangan. Jika kasusnya tergolong cukup parah, maka pengobatan medis menjadi jalan tempuh yang terbaik.

Namun sebaliknya, apabila penyebab dari nyeri lutut termasuk ringan dan tidak berbahaya, Anda dapat memulihkan kembali fungsi lutut hanya dengan menerapkan perawatan rumahan sederhana. Dibawah ini sederetan cara yang dapat Anda lakukan, yakni :

   1. Pakailah Bahan-bahan Alami

Sebuah penelitian dari Journal of Biological Sciences, menyatakan bahwa terdapat salep yang mengandung beberapa bahan alami baik itu kayu manis, jahe, minyak wijen, serta damar wangi.

Bahan ini mempunyai efek pengobatan yang tidak jauh berbeda dengan salep ataupun krim pereda nyeri yang saat ini dijual bebas.

Cara mengobati lutut sakit lainnya bisa dengan bahan alami yang nantinya diolah sendiri. Misalnya, teh yang terbuat dari jahe ataupun akar jahe.

Pada penelitian dari New England Journal of Medicine, mengatakan bahwa kandungan alami dari jahe yang dikelompokkan dengan obat resep dari dokter, yang dapat mengurangi sakit lutut karena adanya radang sendi.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai kegunaan dari minyak esensial. Minyak esensial ini mengandung jahe dan jeruk yang dapat digunakan sebagai minyak dasar pijat.

Selain itu, dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kembali fungsi lutut akibat adanya osteoarthritis.

   2. Aturan Berat Badan

Apabila Anda merasa telah mengalami kelebihan berat badan, maka lutut akan terasa sakit. Ini menjadi salah satu pertanda, jika Anda harus mulai mengurangi berat badan.

Jadi, apabila lutut menyangga tubuh seseorang yang mempunyai berat badan berlebih, maka risiko mengalami sakit lutut tentunya akan lebih besar jika dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai berat badan ideal.

Belum lagi jika Anda sudah sering merasa sakit lutut sejak lama. Berat badan yang meningkat secara drastis dapat memperparah kondisi sakit lutut yang Anda rasakan. Oleh karena itu, ternyata penting sekali untuk mengatur berat badan agar tetap ideal.

Anda bisa menentukan rencana diet agar berat badan yang berlebih bisa turun. Penurunan berat badan, walau hanya sedikit saja, dapat memberikan perubahan besar terhadap rasa sakit yang selama ini Anda rasakan.

  3. Lakukanlah Pijatan Ringan

Pada saat lutut sedang dilanda rasa nyeri, Anda bisa terapi lutut sakit dengan pijatan ringan. Hal tersebut dinilai dapat menurunkan tingkat kesakitannya.

Bahkan, American Massage Therapy Association (AMTA) telah merekomendasikan cara mengobati lutut sakit melalui pijatan yang tepat:

Jadi Anda harus melakukannya dalam keadaan duduk sambil meluruskan kedua lutut dan kaki.

Lalu kepalkanlah kedua tangan, kemudian ketuklah perlahan pada bagian paha atas, bawah, dan tengah. Ulangilah hal ini sekitar 10 kali.

Kemudian, gunakanlah empat jari atau ibu jari untuk menepuk lutut secara perlahan baik ke atas maupun ke bawah. Lakukanlah sekitar 5 sampai 8 kali ke semua bagian lutut.

Letakkanlah telapak tangan tepat di atas paha. Kemudian, pijatlah bagian paha, lutut, kemudian kembali lagi ke paha. Namun, secara perlahan sambil memberikan sedikit tekanan.

Kemudian, secara keseluruhan, Anda bisa memijat bagian paha dengan tekanan yang bisa memberikan efek positif bagi lutut.

  4. Pakailah Bantal Kompres Hangat ataupun Dingin

Kompreslah dengan air hangat atau dingin karena dapat mengatasi sakit pinggang ataupun nyeri punggung. Cara ini sangatlah aman digunakan supaya dapat meredakan rasa sakit pada lutut maupun area yang ada di sekitarnya.

Alasan lainnya, karena efek suhu panas ini dapat melemaskan otot maupun sendi pada lutut. Serta bisa mengurangi kekakuan yang menyebabkan rasa sakit.

Sementara itu, terdapat sensasi dingin dari kompres es yang dapat meredam pembengkakan, peradangan, dan rasa nyeri.

Anda dapat menggunakan kompres panas dari heating pad, ataupun kompres dingin dari es batu yang sudah dibungkus kain secara bergantian.

   5. Istirahatkanlah dan Berilah Perlindungan Pada Lutut

Hal yang sangat penting dari seluruh terapi lutut sakit yaitu dapat memberikan perlindungan pada lutut untuk mencegah terjadinya cedera dan rasa sakit yang parah.

Tidak hanya itu saja, Anda sangat dianjurkan untuk memperoleh istirahat yang cukup agar dapat mempercepat proses penyembuhan semua jaringan di lutut.

Namun, perlu Anda ingat, istirahat bukan berarti Anda harus menghentikan kegiatan harian seperti biasanya. Hanya saja, mengurangi dulu melakukan aktivitas yang cenderung berat untuk sementara waktu sampai fungsi lutut telah pulih kembali.

Anda dapat mengunjungi Klinik Flex Free. Klinik Flex Free bisa Anda jumpai di Jakarta dan Bandung.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya