HNP Lumbal, Saraf Kejepit di Pinggang

Kamis, 31 Maret 2022
Flex Free
Kamis, 31 Maret 2022
Flex Free

Tulang belakang terdiri dari ruas-ruas tulang yang dipisahkan satu sama lain oleh sebuah piringan (yang disebut dengan diskus intervertebralis) yang berisi suatu bahan yang lunak, yang berfungsi sebagai bantalan pelindung peredam benturan (shock absorbers).

Piringan ini terdiri dari lapisan luar, yaitu anulus fibrosus dan lapisan dalam yang disebut dengan nucleus pulposus.

Nucleus pulposus dapat menonjol (herniasi) keluar dari tempatnya melalui robekan lapisan luar piringan (anulus fibrosus) karena cedera berat atau peregangan.

Apa itu HNP Lumbal?

Penonjolan nucleus pulposus melalui anulus fibrosus disebut sebagai Hernia Nucleus Pulposus (HNP). Banyak orang menyebutnya dengan saraf kejepit.

saraf kejepit di pinggang

HNP lumbal adalah penonjolan nucleus pulposus pada daerah lumbal (pinggang), yang sering dikaitkan dengan proses degenerasi (penuaan). HNP lumbal umumnya terjadi di L4/L5, L5 dan L1/S1 dari tulang belakang.

Apa Penyebab Saraf Kejepit di Pinggang?

Risiko saraf kejepit di pinggang meningkat akibat kombinasi dari pergerakan, beban dan tekanan yang terjadi akibat aktivitas sehari-hari dan disertai adanya proses degenerasi. Selain itu, berat badan berlebih, kebiasaan mengangkat benda berat dengan cara yang salah (cedera ringan berulang) dan trauma tiba-tiba, juga dapat meningkatkan risiko kejadian HNP lumbal.

Apa Gejala HNP Lumbal atau Saraf Kejepit di Pinggang?

Beberapa gejala HNP lumbal atau saraf kejepit di pinggang antara lain:

  • Nyeri daerah pinggang/punggung bagian bawah. Nyeri yang timbul tergantung dari lokasi terjadinya saraf kejepit. Nyeri bisa ringan sampai nyeri hebat yang membuat seseorang tidak dapat bergerak seperti biasa. Nyeri di pinggang yang dapat menjalar ke kaki
  • Sensasi terbakar yang menjalar mulai dari pinggang, bokong, kaki hingga jari-jari kaki (sciatic pain).
  • Kesemutan, kelemahan pada satu atau kedua tungkai, atau hilangnya refleks dan sensasi atau baal (mati rasa).
  • Kelumpuhan tungkai, jika terjadi penekanan saraf yang berat.
  • Gangguan kendali berkemih atau buang air besar, jika HNP mengenai cauda equina (bagian bawah saraf tulang belakang yang melebar).

Apakah Setiap Kesemutan di Kaki pasti Akibat Saraf Kejepit di Pinggang?

Harus dilakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu untuk memastikan atau mengkonfirmasi penyebab dari setiap gejala atau keluhan yang Anda alami.

Bagaimana Cara Penanganan Saraf Kejepit di Pinggang?

Di Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, terapi untuk saraf kejepit di pinggang yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  1. Terapi Tanpa Obat:
    1. ESWT (extracorporeal shockwave therapy).

Terapi ini menggunakan gelombang kejut, yang bertujuan untuk membantu meredakan nyeri.

    1. Diathermy atau terapi pemanasan.

Diathermy adalah terapi yang menggunakan sumber energi untuk memanaskan area tubuh yang lebih dalam. Sumber energi yang digunakan antara lain suara dan listrik, yang dikonversi menjadi panas di tubuh.

Terapi ini menargetkan otot dan sendi yang digunakan untuk meredakan nyeri, ketegangan otot dan peradangan otot dan sendi.

    1. Ultrasound therapy.

Terapi ultrasound dapat memberikan efek termal atau efek pemanasan dalam maupun superfisial, dan efek non termal yang dapat mempengaruhi proses yang terjadi di jaringan atau sel sehingga dapat mempercepat terjadinya pemulihan atau regenerasi jaringan.

    1. Decompression Traction System (Terapi DTS)

terapi saraf kejepit tanpa operasi

Terapi DTS di Klinik Flex Free

Terapi dekompresi adalah salah satu jenis terapi tanpa operasi dengan menggunakan alat tarik khusus untuk mengurangi tekanan yang terdapat di antara ruas tulang belakang dan diskus (bantalan tulang belakang). Terapi ini merupakan terapi terbaru untuk mengatasi sarf kejepit, termasuk saraf kejepit di pinggang.

    1. Terapi skoliosis dengan exercise atau brace, bila terdapat juga gangguan postur.
  1. Terapi dengan Obat:
    1. Terapi oral
    2. Terapi injeksi. Injeksi yang diberikan dapat berupa antiradang, atau diterapi dengan prolotherapy (Baca lebih lanjut dalam artikel: Prolotherapy, Teknik Pengobatan Terkini untuk Mengatasi Masalah Otot, Tulang dan Sendi).

terapi saraf kejepit di pinggang

Prolotherapy

Bila Anda memiliki keluhan seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter ahli kami di klinik Flex Free.

Tim kami terdiri dari dokter spesialis yang ahli dan berpengalaman menangani berbagai keluhan otot, tulang, sendi dan saraf, dan didukung dengan terapis yang terlatih dan terampil.

Hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai terapi saraf kejepit di pinggang di klinik Flex Free.

 

 

Referensi:

  • dr. Ferius Soewito Sp.KFR, QWP (dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis)

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561