Lutut Sakit saat Ditekuk, Penyebab dan Cara Mengobatinya

18 Mei 2022 , Flex Free
18 Mei 2022
Flex Free

Lutut menjadi bagian tubuh yang cukup penting sebab mampu mendukung aktivitas harian mulai dari berdiri, berjalan, dan berlari. Itu, sebabnya, lutut peranannya sangat penting bagi kita. Jika lutut mengalami rasa sakit saat ditekuk, sesegera mungkin harus memeriksakan nyeri tersebut ke ahlinya untuk agar tidak menimbulkan permasalahan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengobatinya. Dengan demikian, rasa sakit yang muncul saat lutut ditekuk bisa diredakan hingga disembuhkan. Nah, bagi Anda yang penasaran apa sebenarnya penyebab lutut bisa mengalami rasa sakit saat ditekuk lengkap dengan bagaimana cara mengobatinya, langsung saja simak pembahasan berikut.

Penyebab Lutut Sakit saat Ditekuk

Terdapat berbagai macam kondisi yang membuat lutut terasa sakit ketika ditekuk. Meskipun terkadang seseorang yang mengalami lutut sakit tidak menyadari apa yang menimpa dirinya sehingga lututnya menjadi sakit, namun umumnya kondisi tersebut disebabkan oleh hal-hal di bawah ini.

1. Cedera

Penyebab pertama yang paling umum membuat lutut menjadi sakit saat ditekuk adalah cedera. Terlebih cedera yang terjadi merupakan cedera di bagian lutut, ligamen, tulang rawan, dan tendon. Cedera yang menimpa di bagian-bagian tersebut bisa membuat lutut mengalami ketegangan bahkan kerusakan. Akibatnya, akan terasa sakit ketika ditekuk atau digerakkan.

Selain sakit akibat lutut yang tegang, sobek pada bagian lutut akibat cedera yang dialami penderita juga bisa menyebabkan lutut sakit saat ditekuk.

2. Robekan di Bagian Meniskus

Faktor selanjutnya yang bisa membuat lutut terkadang terasa sakit saat ditekuk adalah robekan di area meniscus. Meniscus sendiri merupakan lapisan tulang rawan yang memiliki fungsi sebagai pelindung serta stabilitas persendian yang ada pada lutut. Meniskus juga menjadi alasan kenapa tulang paha dan tulang kering tidak mengalami gesekan saat menggerakkan lutut.

Itu sebabnya, ketika bagian meniscus mengalami robek atau rusak, fungsi yang biasa dilakukannya bisa terganggu sebab antar tulang bisa mengalami gesekan satu sama lain. Tentu ketika kondisi tersebut terjadi, maka lutut akan menjadi nyeri dan sakit ketika ditekuk.

Sementara, kejadian sobek pada meniscus umumnya terjadi akibat adanya gerakan-gerakan yang memaksa rotasi ketika kaki berada pada pijakan yang cukup kuat. Sebagai contohnya adalah aktivitas memutar yang dilakukan secara mendadak ketika seseorang berolahraga basket, tenis, sepak bola, dan lain sebagainya.

3. Pengapuran Pada Sendi

Pengapuran yang terjadi pada sendi juga bisa menyebabkan lutut sakit saat ditekuk. Pengapuran sendi atau yang disebut juga sebagai penyakit osteoarthritis ini menimbulkan penipisan pada bantalan persendian sehingga lutut akan terasa kaku, sakit, bahkan bisa menyebabkan pembengkakan.

Bukan hanya pada lutut saja, pengapuran sendi juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti tulang punggung, pinggul, dan tangan. Meskipun osteoartritis lebih sering menyerang seseorang di usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit satu ini juga bisa menyerang siapapun meskipun belum berusia lanjut.

Terlebih bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih dan pernah mengalami cedera di bagian persendian lututnya.

4. Keseleo

Penyebab selanjutnya adalah keseleo. Seseorang yang mengalami keseleo atau terkilir di bagian ligamen juga bisa menyebabkan munculnya rasa sakit pada lutut saat ditekuk. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan ligamen memiliki fungsi sebagai bagian yang mampu menstabilkan lutut sehingga dapat bergerak bebas.

Dengan demikian, ketika salah satu bagian ligamen pada lutut mengalami kerusakan atau sobek akibat keseleo, maka dapat membuat rasa sakit menyerang pada lutut saat ditekuk bahkan ketika diluruskan.

5. Nyeri di Bagian Tempurung Lutut

Penyebab selanjutnya adalah nyeri di bagian tempurung lutut atau memiliki istilah lain sebagai patellofemoral pain syndrome. Nyeri di bagian tempurung lutut ini merupakan kondisi di mana Anda merasakan nyeri pada patella sebagai tulang kecil di lutut. Nyeri yang dirasakan umumnya menyerang bagian belakang lutut maupun di sekitarnya.

Rasa nyeri yang diderita seringkali diperparah dengan tekanan pada lutut dalam waktu lama sehingga menyebabkan rasa sakit lebih dahsyat di area lutut. Lutut sakit saat ditekuk terjadi apabila seseorang melakukan kegiatan seperti berlari panjang, naik turun tangga, hingga berdiri terlalu lama ketika dalam kondisi nyeri di bagian tempurung lutut.

Bahkan, aktivitas-aktivitas seperti menekuk lutut di waktu lama seperti duduk saat bekerja maupun saat berada di kendaraan juga bisa menyebabkan nyeri di tempurung lutut yang bisa menimbulkan rasa sakit di bagian lutut itu sendiri ketika ditekuk.

6. Bursitis

Selanjutnya, terdapat bursitis yang juga bisa membuat lutut Anda menjadi sakit ketika ditekuk. Bursitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada bursa atau kantong yang berisi cairan pelumas dan terletak di antara jaringan lunak dengan tulang.

Bursitis sendiri seringkali muncul di persendian yang sering digerak-gerakan. Contohnya di bagian bahu, siku, pinggul, kaki, hingga lutut. Bursitis yang terjadi pada lutut bisa membuat lutut menjadi kaku dan memicu datangnya rasa sakit ketika ditekuk.

Sementara, datangnya bursitis umumnya terjadi karena melakukan penekukan lutut atau berlutut dalam waktu yang lama atau bisa juga disebabkan karena cedera yang mengakibatkan benturan keras.

Cara Mengobati Lutut Sakit saat Ditekuk

Selain mengetahui apa saja penyebab lutut sakit saat ditekuk, Anda juga wajib mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Paling tidak, cara-cara di bawah ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengatasi kondisi lutut sakit ringan yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu.

1. Mengompres Lutut dengan Air Dingin

Cara rumahan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Cukup kompres area lutut yang sakit dengan air dingin selama kurang lebih 15-20 menit, maka rasa sakit dan nyeri pada lutut ketika ditekuk bisa dikurangi. Lakukan dengan rutin setiap harinya guna mendapatkan hasil terbaik.

2. Istirahatkan Lutut

Lutut sakit ketika ditekuk juga bisa disebabkan karena aktivitas-aktivitas tertentu yang melelahkan sendi di bagian lutut seseorang. Untuk itu, guna mengembalikannya ke kondisi semula, maka istirahatkanlah lutut Anda dan hindari aktivitas berat seperti mengangkat beban berat dan lain sebagainya.

3. Tinggikan Lutut yang Sakit

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan meninggikan lutut yang sakit. Cara ini bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak pada lutut yang sakit ketika ditekuk. Caranya, posisikan lutut di atas bantal yang posisinya lebih tinggi dari dada Anda.

Ketika kondisi lutut sakit saat ditekuk tak kunjung reda meskipun sudah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya Anda melakukan pengobatan lanjutan supaya lutut cepat sembuh.

Solusi yang bisa Anda ambil adalah dengan datang ke klinik kami yaitu klinik Flexfree. Di tempat kami, Anda akan mendapatkan penanganan tepat yang langsung ditangani oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang berpengalaman baik di dalam maupun di luar negeri. dalam rangka terapi pengobatan lutut sakit saat ditekuk.

Dengan demikian, permasalah lutut sakit saat ditekuk yang Anda alami bisa ditangani secara profesional dan tepat.

 

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri lutut merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh banyak orang dan yang paling sering a

ARTIKEL KESEHATAN

Penyakit ini sering disebut juga dengan plantar fasciitis, umumnya dialami oleh orang dengan usia di atas 40 t

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri pinggang saat hamil dapat dialami oleh 50-70% ibu hamil. Sepertiga dari ibu hamil yang mengalami nyeri p

ARTIKEL KESEHATAN

Apa Jenis Nyeri Punggung yang Anda Alami? Banyak struktur di tulang belakang yang dapat menyebabkan nyeri p

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
CABANG JAKARTA
CABANG BANDUNG