Penanganan Nyeri Bahu Malam Hari di Klinik Flex Free

Senin, 17 April 2023
dr. Ferdinand Dennis K.
Senin, 17 April 2023
dr. Ferdinand Dennis K.

Pernahkah Anda merasakan nyeri bahu di malam hari? Nyeri yang tajam sampai membangunkan Anda dari tidur nyenyak? Mungkin Anda mengalami penyakit muskuloskeletal pada bahu. Keluhan nyeri bahu malam hari dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti frozen shoulder dan tendinopati kalsifikasi pada urat otot bahu.

Nyeri bahu bisa menghambat aktivitas sehari-hari, mulai dari aktivitas sehari-hari, pekerjaan, sampai olahraga dan hobi lainnya. Nyeri bahu dapat berasal dari sendi bahu maupun di luar sendi bahu.

Pada saat Anda mengalami nyeri bahu malam hari yang menghambat aktivitas Anda, pastikan Anda berobat dengan tepat. Di Klinik Flex Free, Anda dapat memperoleh penanganan nyeri bahu yang lengkap dan berkesinambungan.

Keluhan nyeri bahu Anda akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang berpengalaman dalam bidang muskuloskeletal (otot, tulang dan sendi).

Pada awal pertemuan, dokter spesialis akan melakukan tanya jawab (anamnesis) untuk menggali keluhan nyeri bahu Anda. Kondisi nyeri bahu dapat bersifat akut (terjadi kurang dari 6 bulan) dan kronis (lebih dari 6 bulan). Lama terjadinya nyeri bahu ini dapat membantu dokter menegakkan diagnosis Anda.

Penanganan kondisi nyeri bahu akut seperti robekan rotator cuff akan berbeda dengan kondisi nyeri bahu kronis seperti frozen shoulder, di mana kondisi akut akan memerlukan penatalaksanaan gawat darurat dan biasa disebabkan karena suatu trauma (benturan, tumbukan berenergi tinggi, atau jatuh dari ketinggian).

Nyeri bahu kronis biasanya akan menimbulkan gangguan fungsi bahu dan mengganggu aktivitas serta partisipasi seseorang. Kondisi nyeri berkepanjangan akan menimbulkan ketakutan untuk menggerakkan organ yang sakit. Hal ini dapat berdampak terhadap terhambatnya aktivitas sehari-hari seperti mengambil benda dari tempat yang tinggi, kesulitan menggunakan kaos, dan menggunakan gayung.

Kondisi nyeri bahu, terutama frozen shoulder juga dapat disertai terbatasnya lingkup gerak sendi yang akan memperberat ketakutan akan gerakan ini.

Apa Saja Pemeriksaan untuk Nyeri Bahu?

  1. Pemeriksaan Fisik

Dokter spesialis akan melakukan pemeriksaan lingkup gerak sendi untuk menilai seberapa berat kondisi nyeri bahu ini telah memengaruhi fungsi sehari-hari Anda.

Kondisi nyeri bahu malam hari seperti tendinopati kalsifikasi dan frozen shoulder biasa terjadi pada Anda yang memiliki faktor risiko seperti diabetes mellitus dan gangguan pembuluh darah lainnya seperti pada perokok.

Pastikan untuk menyampaikan kondisi-kondisi ini kepada dokter agar penilaian riwayat Anda lengkap dan menyeluruh.

Setelah pemeriksaan fisik tuntas dilakukan, dokter spesialis dapat menambahkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan pencitraan.

  1. Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan darah biasa dilakukan pada Anda yang memiliki keluhan dan karakteristik penyakit-penyakit metabolik seperti asam urat, diabetes mellitus, dan kecenderungan atau riwayat keturunan autoimun.

Pemeriksaan-pemeriksaan ini dilakukan agar penatalaksanaan nyeri bahu Anda dapat terarah dan lengkap sampai pemberian obat dan dosisnya.

  1. Pemeriksaan Pencitraan

Pencitraan, terutama dengan USG dapat menjadi modal dokter untuk menentukan titik pasti penyebab nyeri bahu Anda. Pada kasus akut, robekan pada otot bahu dapat terdeteksi dengan USG yang mudah dilakukan, tidak berisiko radiasi, dan relatif lebih murah dibandingkan pencitraan sinar seperti X-ray dan MRI.

USG bahu

USG bahu di Klinik Flex Free

Pencitraan dengan USG tidak hanya membantu diagnosis, tetapi juga sebagai pemandu dalam tindakan intervensi.

Bagaimana Penanganan Nyeri Bahu di Klinik Flex Free?

Keterbatasan lingkup gerak sendi dan nyeri merupakan dua keluhan masalah bahu tersering yang membuat seseorang berkunjung ke klinik dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, di mana keduanya dapat diatasi dengan latihan dan penanganan intervensi yang diresepkan oleh dokter spesialis.

Pada kondisi frozen shoulder, nyeri bahu disebabkan oleh adanya perlengketan (adesif) dari kapsul sendi yang sebabnya belum dapat diidentifikasi. Perlengketan ini akan membuat gerakan kepala tulang lengan atas (caput humerus) menjadi terbatas di dalam ruang sendi bahu serta menimbulkan nyeri karena perlengketan tersebut.

senam bahu

Penderita frozen shoulder dapat melakukan latihan-latihan yang membantu memulihkan lingkup gerak sendi. Latihan ini akan diedukasikan oleh dokter dan diawasi oleh terapis fisik saat kunjungan pertama agar dapat Anda lakukan di rumah.

Pada kondisi yang menimbulkan pembatasan gerakan dan nyeri yang hebat, maka ada tindakan yang dapat dilakukan dokter spesialis, yaitu suntikan ke dalam celah sendi.

Suntikan ini disebut hidrodistensi berfungsi untuk melepaskan perlengketan dari kapsul sendi dan meredakan nyeri. Tindakan ini bersifat steril dan relatif tidak nyeri saat disuntikkan karena terdapat obat pereda nyeri di dalam campuran suntikannya.

Dokter juga dapat menyuntikkan campuran steroid ke dalam celah sendi bila terdapat peradangan yang signifikan dan terdeteksi saat pemeriksaan.

Peru diketahui bahwa pada kondisi tendinopati kalsifikasi, nyeri bahu malam hari dicetuskan karena adanya deposit kalsium (pengapuran) pada ujung urat tendon otot bahu. Pengapuran ini dapat terbentuk dalam jangka waktu lama dan berangsur-angsur memberat.

Pada tahap awal, nyeri yang ditimbulkan oleh tendinopati kalsifikasi akan hilang timbul dan lebih parah saat malam hari. Hal ini akan mengganggu kualitas tidur penderita dan menimbulkan kelelahan esok harinya karena istirahat yang terganggu tersebut. Seiring berjalannya waktu saat pengapurannya semakin besar, maka nyeri bahu akan dirasakan terus menerus.

Sebelum ini terjadi baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. Sedikit berbeda dengan frozen shoulder, pada kondisi tendinopati kalsifikasi dokter dapat melakukan tindakan barbotage, yaitu penghancuran dan penyedotan titik pengapuran yang dilakukan dengan panduan pencitraan USG.

Dokter akan melakukan sterilisasi titik penyuntikan dan memastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan yang disuntikkan lalu dilanjutkan dengan tindakan barbotage, di mana sejumlah kecil cairan steril yang dicampur dengan obat pereda nyeri disuntikkan perlahan-lahan ke fokus pengapuran dengan tujuan menghancurkan pengapuran tersebut dan kemudian disedot kembali dengan jarum suntikan yang sama.

Hal ini dapat diulang beberapa kali sampai pengapuran dirasa telah mengecil dengan signifikan sampai dapat mengurangi rasa nyeri. Setelah dilakukan tindakan barbotage mungkin akan muncul perasaan pegal yang akan menghilang beberapa saat setelah disuntikkan.

Pada saat inilah dokter akan memberikan latihan dan terapi lainnya untuk menguatkan otot-otot bahu serta mengatasi nyeri bahu malam hari sampai terjadi pemulihan yang sempurna dari kondisi bahu Anda.

 

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, hubungi Klinik Flex Free agar Anda bebas beraktivitas, bebas berkarya, dan bebas nyeri setiap hari.

  • Klinik Flex Free Jakarta: Ruko Italian Walk, Jl. Boulevard Bar. Raya No.19, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240; telepon (021) 29364016
  • Klinik Flex Free Bandung: Jalan Terusan Pasir Koja No.153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40424; telepon (022) 20580806
  • Klinik Flex Free Jakarta Selatan: The Bellezza Shopping Arcade, lantai dasar unit SA58-60 (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau no. 34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12210; telepon (021) 25675561

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561