5 Tanaman yang Dianggap Sebagai Ahli Syaraf Kejepit, Kamu Harus Tahu!

12 Oktober 2021 , Klinik Flex-Free
12 Oktober 2021
Klinik Flex-Free

Apakah Anda sedang mencari ahli syaraf kejepit? Mungkin banyak orang yang bertanya dokter spesialis apa yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti yang diketahui, syaraf kejepit adalah kondisi di mana syaraf tertekan oleh bagian sekitar. Saat seseorang mengalami hal seperti ini, akan timbul rasa nyeri sebagai tanda atau sinyal dari tubuh.

Tidak sedikit orang yang tampaknya meremehkan hal tersebut dan menganggapnya biasa. Padahal, jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kerusakan pada syaraf dalam skala besar. Jadi, jika Anda mengalami kondisi seperti itu, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan sebagai bentuk pencegahan, ya.

  Penyebab dan Gejala Syaraf Kejepit dari Ahli Syaraf Kejepit

Sebelum membahas tentang ahli syarat kejepit, ada baiknya untuk mengetahui penyebab terjadinya kondisi tersebut. Seseorang yang mengalami syarat kejepit biasanya cenderung mengalami stres akibat pekerjaan yang berulang, aktivitas olahraga yang rentan cedera, sampai mengalami rematik.

Tidak hanya itu saja, postur tubuh yang tidak baik juga bisa menyebabkan terjadinya syaraf kejepit. Belum lagi berat badan yang berlebihan memberikan pengaruh pada penekanan saraf.

Sementara itu, ada beberapa gejala yang biasanya dialami saat syaraf kejepit. Mulai dari mati rasa, kebas, sensasi sakit atau nyeri seperti terbakar, sampai rasa seperti ditusuk jarum. Ada juga yang merasa seperti kesemutan atau di bagian kaki dan tangan tidak merasakan apa pun. Biasanya, gejala akan memburuk saat Anda melakukan beberapa gerakan tertentu, seperti saat memutar kepala.

  Lalu Dokter Apa yang Ahli Syaraf Kejepit?

Seorang dokter syaraf kejepit yang bagus adalah Dokter Sp.KFR dan Dokter Sp.OT. Sp.KFR adalah gelar untuk dokter rehabilitasi medis. Biasanya mereka akan menangani bagian subspesialis muskuloskeletal. Hal ini berfokus pada bagian otot, tulang, dan sendi.

Sementara Sp.OT adalah gelar untuk dokter ortopedi. Mereka biasanya akan menangani bagian subspesialis tulang belakang. Dengan kata lain, dokter syaraf kejepit yang bagus adalah dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik. Sedangkan bagian operatif bagusnya adalah dokter spesialis ortopedi.

  Bagaimana Penanganan Syaraf Kejepit oleh Dokter yang Bagus?

Biasanya dokter rehabilitasi medis akan menanyakan tentang riwayat penyakit sehelumnya. Setelah itu, dokter akan memeriksa dan meminta pemeriksaan penunjang. Contohnya CT-scan atau MRI tulang belakang untuk kasus HNP.

Di bagian awal penanganan, biasanya dokter akan memberikan terapi konvensional. Namun, jika terdapat risiko yang bisa menimbulkan kondisi memburuk, maka pasien bisa dirujuk untuk operasi pembedahan. Atau jika sejak awal pasien tidak memungkinkan untuk mendapat terapi konservatif, maka terapi intervensi menjadi solusi.

Setelah itu, pasien nantinya akan dirujuk untuk langsung ke dokter ortopedi. Dokter rehabilitas medis sebelumnya akan memberikan obat anti nyeri untuk diminum atau disuntik jika nyeri yang dirasakan sangat berat. Biasanya obat tersebut akan diberikan selama 5 hari dengan pemberian fisioterapi.

  Tanaman Herbal yang Dianggap Ahli Syaraf Kejepit

Jika kondisi syaraf kejepit yang Anda rasakan baru gejala awal atau tergolong ringan, Anda bisa mencoba tanaman herbal untuk menghilangkannya. Ada beberapa jenis tanaman atau obat herbal yang membantu Anda mengatasi penyakit tersebut.

   1. Daun Alpukat

Salah satu jenis tanaman yang dianggap bisa mengatasi masalah syaraf kejepit adalah daun alpukat. Dalam bahasa latin, ramuan tersebut dinamakan Persea Americana. Dsun alpukat dikenal identik untuk mengobati penyakit batu ginjal. Namun, siapa sangka jika tanaman tersebut juga bagus untuk syaraf kejepit.

Khasiatnya akan terasa untuk Anda yang mengalami syaraf kejepit di bagian punggung, leher, kaki, dan pinggang. Cara untuk meracik ramuan dari tanaman tersebut pun tergolong mudah. Anda hanya perlu mengambil satu genggam daun alpukat dan kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun alpukat dengan 4 gelas air. Kemudian saring dan minum ramuannya satu gelas sehari.

  2. Daun Sirsak Sebagai Ahli Syaraf Kejepit

Daun sirsak mempunyai nama latin berupa Annona Muricata. Daun yang satu ini identik dengan obat segala jenis kanker. Namun, masih banyak yang belum tahu jika daun sirsak bisa digunakan untuk mengatasi masalah syaraf kejepit.

Cara meraciknya pun mudah, yakni ambil 7 lembar daun sirsak yang sudah cukup umur. Setelah itu, cuci bersih semua daun sirsak tadi. Jika sudah, masukkan ke dalam 3 gelas air dan rebus sampai menjadi satu gelas air. Minum ramuan daun sirsak pada pagi dan sore hari. Lalu, buktikan sendiri manfaatnya untuk tubuh Anda.

   3. Daun Pandan

Tanaman herbal yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah syaraf kejepit adalah daun pandan. Jenis daun ini dinamakan Pandanus Amaryllifolius Linn. Seperti yang sudah diketahui, daun pandan biasanya digunakan untuk pengharum masakan tradisional. Selain itu juga sebagai pemnuatan minum khas.

Daun pandan juga sering kali dijadikan sebagai tanaman hias, lho. Tanaman yang mudah ditemui ini bisa Anda gunakan sebagai ahli syaraf kejepit. Cara meraciknya adalah dengan mengambil 5 lembar daun pandan yang dicuci sambil diremas. Setelah itu, masukkan 300 ml air dan rebus selama 15 menit sampai mendidih. Anda bisa meminum daun pandan saat pagi dan sore hari.

    4. Daun Bakung

Cara menghilangkan syaraf kejepit dan bisa Anda coba adalah menggunakan daun bakung. Mempunyai nama latin berupa Crynum Asiaticum L, daun bakung digunakan untuk obat patah tulang, bengkak, dan terkilir. Namun, juga bisa digunakan untuk meredakan masalah syaraf kejepit.

Cara menggunakan ramuannya pun sama dengan penggunaan untuk masalah patah tulang, bengkak, dan terkilir. Anda hanya perlu memgambil satu lembar daun dan cuci bersih. Panggang di atas api kecil sampai layu, lalu oleskan minyak kelapa secara merata. Setelah itu, tempelkan di bagian yang diinginkan.

    5.Kencur

Siapa sangka, ternyata kencur dianggap sebagai salah satu tanaman ahli syaraf kejepit. Meski belum ada penelitian yang mengatakan hal tetrsebut, tapi kencur bisa dijadikan obat rumahan. Hal ini karena kencur mempunyai efek anti nyeri dan anti radang. Alhasil, saat penderita syaraf kejepit minum kencur, rasa sakitnya akan berkurang.

Anda bisa mengonsumsi kencur sebagai jamu atau suplemen. Nanun, pastikan untuk tidak mengonsumsimya secara berlebihan, ya. Apalagi jika Anda mempunyai penyakit teetentu dan sedang menjalani perawatan. Jadi, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu agar tidak menyebabkan keparahan.

Selain itu, ada lagi obat atau tanaman alternatif lainnya yang bisa meredakan sakit syaraf kejepit. Mulai dari jahe, kunyit, cengkeh, dan bawang putih. Namun, jika masalah syaraf kejepit sudah parah, ada baiknya untuk mencari tenaga ahli atau dokter spesialis, terutama Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) yang paham akan tentang ilmu kinesiologi atau ilmu tentang sistem gerak pada manusia.

Yuk, segera tangani penyakit syaraf kejepit sebelum berubah menjadi kerusakan yang parah.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

  Mungkin Anda bertanya-tanya, dokter syaraf kejepit yang bagus itu dokter spesialis apa, karena ada b

ARTIKEL KESEHATAN

Dalam artikel ini akan dibahas tentang pantangan syaraf kejepit dan olahraga yang harus dihindari oleh penderi

ARTIKEL KESEHATAN

Syaraf terjepit menjadi hal yang mengerikan saat Anda membiarkannya berlarut-larut. Di mana, akan semakin kron

ARTIKEL KESEHATAN

Jika Anda mengalami saraf kejepit maka segera lakukan pengobatan HNP. Pengobatan kini bisa dilakukan dari ruma

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
CABANG JAKARTA
CABANG BANDUNG