Bicipital Tenosynovitis; Nyeri Bahu Bagian Depan

Selasa, 15 Desember 2015
Flex Free
Selasa, 15 Desember 2015
Flex Free

Pada lengan atas terdapat otot biceps yang berfungsi menggerakkan dan memutar lengan bawah (seperti saat mengangkat barbel), menahan posisi siku saat mengangkat barang, dsb.

Tendon bagian atas otot biceps melewati dan melekat di cekungan di bagian depan sendi bahu.

biceps tendon

Saat otot-otot bahu yang lain mengalami masalah, otot biceps akan membantu otot-otot tersebut untuk memfiksasi bahu, sehingga tendon cedera dan bahu sakit.

Cedera tendon ini sering disertai penumpukan cairan di lapisan pembungkus tendon otot biceps. 

Pada penyakit ini akan terasa  nyeri bahu di bagian depan, terutama saat gerakan ke atas bahu atau saat mengangkat barang. Jika lebih berat dan cairan cukup banyak, sakit bahu depan dapat dirasakan terus menerus.

usg bicipital tenosynovitis

Pada pemeriksaan USG muskuloskeletal dapat terlihat adanya kerusakan tendon disertai cairan berlebihan yang mengelilingi tendon.

Cairan ini timbul selain akibat gesekan berlebih di tendon, dapat juga akibat rembesan pada kerusakan tendon yang terjadi di sendi bahu.

Pemeriksaan USG pada bahu yang sakit sangat penting untuk dapat membedakan kelainan-kelainan penyebabnya, karena penanganannya akan berbeda.

Terapi panas akan melebarkan pembuluh darah dan menambah nutrisi dan oksigen pada jaringan yang rusak. LASER dapat memicu sel-sel tendon untuk regenerasi dan memicu pemulihan.

Pemberian listrik energi rendah (TENS) dapat menurunkan nyeri pada sakit bahu depan dan mengurangi pemakaian obat nyeri.

Injeksi anti radang dan proloterapi pada sakit bahu depan dapat diberikan untuk mengurangi radang, nyeri dan penumpukan cairan. Pemberian obat tablet atau kapsul anti nyeri saja tidak akan menyembuhkan penyakit bahu depan ini.


Pengobatan sakit bahu depan denga proloterapi


Penyebab atau pemicu kerusakan tendon ini harus diketahui, kemudian gerakan sendi bahu dan tulang belikat diperbaiki, serta mencari apakah bahu sakit ini juga disertai kerusakan tendon rotator cuff diatasnya.

Penyebab atau pemicu kerusakan tendon ini harus diketahui, kemudian memperbaiki gerakan sendi bahu dan tulang belikat, serta mencari apakah bahu sakit ini juga disertai kerusakan tendon rotator cuff diatasnya (lihat rotator cuff tendinopathy).


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel