Pilihan Terbaik Jenis Terapi Latihan Untuk Frozen Shoulder

Jumat, 01 Juli 2022
Flex Free
Jumat, 01 Juli 2022
Flex Free

Frozen shoulder akan memiliki resiko tinggi dialami terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengalami kelumpuhan bahu, hingga patah tulang lengan. Frozen shoulder gejalanya dapat terjadi secara bertahap. Penyakit ini dapat menjadi membaik tanpa perlu menggunakan berbagai jenis pengobatan maupun terapi lainnya, tetapi dalam penyembuhannya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan berbagai jenis terapi latihan untuk frozen shoulder sebagai tindakan pencegahan agar masalah kesehatan Anda tersebut tidak semakin memburuk. Kami Flex-Free Clinic mampu memberikan pilihan terbaik berbagai jenis terapi latihan untuk masalah kesehatan frozen shoulder Anda dengan tepat dan aman.

Kami telah menyediakan berbagai pilihan terbaik dari jenis terapi latihan untuk mengatasi masalah kesehatan frozen shoulder. Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

Jenis Terapi Latihan untuk Frozen Shoulder

Frozen shoulder atau bisa disebut dengan adhesive capsulitis merupakan kondisi sendi bahu mengalami kekakuan dan terasa nyeri. Sehingga gerak dari bahu dapat menjadi terbatas. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tersebut, maka segeralah periksa kondisi kesehatan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter biasanya akan memberikan berbagai jenis terapi latihan untuk penanganan masalah kesehatan frozen shoulder yang Anda alami, mulai dari peregangan yang dapat dilakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter, fisioterapi, hingga terapi bedah atau operasi. Terapi yang dilakukan nantinya diharapkan dapat mengembalikan fungsi sendi menjadi normal.

Berikut berbagai pilihan terapi latihan untuk mengatasi masalah kesehatan frozen shoulder terbaik yang dapat Anda lakukan:

  1. Terapi Peregangan

Sebelum melakukan terapi latihan peregangan ini, Anda dapat mandi terlebih dahulu dengan  menggunakan air hangat. Hal tersebut dapat membuat otot bahu Anda menjadi lebih rileks. Atau juga bisa dengan menggunakan kain yang direndam air hangat. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Berikut berbagai terapi latihan peregangan untuk frozen shoulder yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. 

  1. Terapi Pendulum Stretch

Pendulum stretch ini, dapat Anda lakukan dengan cara yang pertama yaitu buatlah bahu menjadi santai terlebih dahulu. Anda bisa memegang meja atau benda lainnya untuk menopang tangan yang tidak sakit. Posisikan lengan pada tangan yang sakit seperti menggantung ke bawah kemudian ayunkan tangan membentuk seperti putaran. Lakukanlah putaran searah jarum jam sebanyak 10 kali. 

Lakukanlah sesuai dengan kemampuan tubuh Anda, jangan sampai memaksakannya. Jika terasa semakin nyeri, Anda bisa mengambil rehat sebentar.

Jika setelah dilakukan pendulum stretch ini dalam beberapa kali rasa nyerinya sudah berkurang, Anda dapat membuat diameter lingkarannya menjadi lebih besar. Anda juga bisa menambahkan beban yang dipegang dengan tangan tetap dengan gerakan tersebut, bisa seberat 1 hingga 2 kg.

  1. Terapi Towel Stretch

Anda bisa menggunakan handuk untuk melakukan towel stretch. Caranya, peganglah handuk pada posisi horizontal menggunakan kedua tangan yang diletakkan di belakang punggung. Kemudian lakukanlah tarikan pada sisi handuk dengan menggunakan tangan yang tidak sakit. Pada gerakan tersebut, Anda bisa mengulanginya sebanyak 10 hingga 20 kali setiap hari. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan lengan Anda. 

  1. Terapi Finger Walk

Anda bisa memposisikan tubuh menghadap tembok kemudian sentuh dengan menggunakan 2 jari. Kemudian gerakanlah kedua jari ke atas menyusuri secara perlahan seperti gerakan merambat. Lakukanlah setinggi mungkin hingga lengan atas dapat menempel dengan tembok.

Namun, jika bahu Anda terasa semakin sakit ketika melakukan gerakan tersebut, Anda bisa menghentikannya. Tidak perlu memaksakan melakukan gerakan hingga maksimal. Lakukanlah secara perlahan dan sesuai dengan batas kemampuan bahu Anda.

  1. Terapi Cross Body Reach

Pada gerakan terapi latihan untuk frozen shoulder satu ini, Anda bisa melakukannya dengan berdiri maupun duduk, pilihlah sesuai dengan kenyamanan kondisi tubuh Anda. Untuk melakukan cross body reach, tariklah siku tangan Anda menggunakan tangan yang sehat hingga mengarah menyamping ke tangan yang tidak sakit. Lakukanlah selama 15 hingga 20 detik sebanyak 10 kali dalam sehari. 

  1. Terapi Armpit Stretch

Angkatlah lengan yang sakit ke atas meja dengan posisi setinggi dada. Anda bisa mengangkat tangan yang sakit menggunakan tangan yang sehat kemudian lakukan gerakan menekuk lutut dan diluruskan secara bergantian dan perlahan. Lakukan gerakan sebanyak 10 hingga 20 kali dalam sehari. 

  1. Terapi Outward Rotation

Outward rotation dapat dilakukan dengan menggunakan karet exercise. Tahanlah karet dengan menggunakan tangan yang sehat. Kemudian tariklah karet dengan menggunakan tangan yang sakit. Pastikan posisi karet berada di depan dada dan siku membentuk sudut 900. Anda bisa melakukan gerakan tarikan sebanyak 10 hingga 20 kali dalam sehari selama 15 sampai 20 detik.

  1. Terapi Inward Rotation

Inward rotation ini juga menggunakan karet exercise dalam melakukan terapi latihan. Pertama, posisikan tubuh Anda berdiri di dekat pintu. Kemudian kaitkan ujung karet ke pegangan pintu dan pegang sisi karet lainnya menggunakan tangan yang sakit. Pastikan posisi karet tepat di depan dada dan siku membentuk sudut 900. Lalu buatlah gerakan menarik ke arah bahu yang tidak sakit sebanyak 10 hingga 20 kali. Anda bisa melakukannya selama 15 hingga 20 detik. 

Terapi latihan peregangan tersebut dapat menjadi penentu dari keberhasilan terapi frozen shoulder yang Anda lakukan pada jenis ini. Oleh karena itu, lakukanlah dengan bersungguh-sungguh dan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Terapi ESWT

Terapi ESWT juga dapat digunakan sebagai pilihan melakukan terapi latihan untuk Anda yang menderita frozen shoulder. ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy merupakan jenis terapi non-invasif dengan menggunakan alat khusus untuk menghantarkan gelombang kejut. Terapi ESWT ini dianggap efektif dalam  membantu Anda memperbaiki aliran darah serta mempercepat penyembuhan pada jaringan ikat. 

  1. Fisioterapi

Fisioterapi ini dilakukan harus dengan pengawasan fisioterapis. Terapi latihan ini dapat Anda lakukan di rumah secara mandiri. Dalam melakukan fisioterapi, dilakukan dengan menyesuaikan fase perjalanan penyakitnya, antara lain:

  1. Nyeri

Pada fase ini, fisioterapi dilakukan bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan mengembalikan ruang gerak pada sendi bahu dengan tepat. Sebelum melakukan terapi latihan ini, Anda bisa melakukan kompres terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat agar otot-otot menjadi lebih rileks. Anda bisa juga menggunakan air dingin jika memiliki peradangan pada sendi bahu. Terapi latihan yang dilakukan pada fase nyeri yaitu melakukan peregangan ringan.

  1. Kekakuan

Selanjutnya yaitu fase kekakuan yang dilakukan dengan durasi lebih lama serta intensitas lebih berat. Latihan yang dilakukan yaitu peregangan untuk menguatkan otot.

  1. Penyembuhan

Fase penyembuhan ini bertujuan untuk mengembalikan pergerakan sendi menjadi normal. Pada fase ini dapat dilakukan dengan meningkatkan durasi dan intensitas latihan yang lebih lama dari fase sebelumnya.

  1.  Pembedahan

Jika masalah kesehatan frozen shoulder Anda termasuk serius serta tidak mengalami perubahan menjadi lebih baik setelah menggunakan berbagai jenis latihan terapi lainnya, Anda bisa saja disarankan oleh dokter untuk melakukan terapi bedah atau operasi.

Terapi bedah ini meliputi:

  1. Terapi Manipulation Under Anesthesia

Manipulation under anesthesia merupakan terapi bedah yang dapat dikatakan sebagai jenis yang paling sederhana. Terapi ini bekerja dengan manipulasi sendi bahu ketika pasien dibius total. Hal tersebut dilakukan agar Anda ketika terapi berlangsung tidak merasakan nyeri.

  1. Terapi Arthroscopy

Terapi artroskopi merupakan terapi bedah dengan cara memasukkan alat artroskopi berupa instrumen pembedahan yang berukuran kecil dengan terdapat kamera dan cahaya kecil pada ujungnya. Alat tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam sendi bahu melalui sayatan kecil pada kulit.

  1. Terapi Open Surgery

Open surgery atau operasi terbuka dilakukan jika kondisi frozen shoulder Anda dapat dikatakan sangat serius. Terapi ini dilakukan dengan melakukan penyayatan dari luar sendi bahu kemudian dilakukan pembebasan penebalan kapsul sendi secara langsung. 

Layanan Terapi Latihan untuk Masalah Kesehatan Frozen Shoulder Dengan Aman dan Tepat!

Memiliki masalah frozen shoulder? Gunakan saja jasa kami Flex-Free Clinic untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Kami menyediakan berbagai jenis terapi latihan untuk masalah kesehatan frozen shoulder yang dilakukan dengan aman dan tepat serta ditangani oleh dokter yang berpengalaman.

Kami bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan berbagai jenis tanpa perlu menggunakan obat-obatan hingga tindakan operasi. Layanan kesehatan yang kami sediakan untuk dapat membantu Anda dalam melakukan terapi latihan frozen shoulder tersebut seperti ESWT (menggunakan gelombang kejut), Exercise atau peregangan, serta Fisioterapi (terapi laser, terapi kinesio tape, terapi lilin, terapi ultrasound, terapi stimulasi listrik, dan terapi pemanasan infrared). Pilihlah jenis pelayanan tersebut yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Apakah layanan yang disediakan benar-benar berkualitas? Tenang saja, kami telah dilengkapi dengan tim dokter yang berpengalaman dan handal di bidangnya dalam mengatasi masalah kesehatan khususnya di bidang muskuloskeletal untuk mengatasi kelainan dan nyeri otot, tulang, sendi, serta saraf. Tim dokter kami telah berpengalaman menangani pasien di dalam maupun luar negeri. Tim dokter kami yaitu terdiri dari Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) dengan Sub Spesialis Rehabilitasi Muskuloskeletal. 

Kami akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar masalah kesehatan Anda cepat sembuh dan tidak kambuh lagi. Sehingga Anda dapat beraktivitas kembali dengan nyaman.

Jika Anda tertarik menggunakan layanan kami terapi latihan untuk frozen shoulder, bisa melakukan reservasi pertemuan dan pelayan di Flex-Free Clinic Jakarta atau Bandung. 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561