Cari Tahu Penyebab Lutut Sakit Anda dan Cara Mengobatinya

Rabu, 16 November 2022
Flex Free
Rabu, 16 November 2022
Flex Free

Karena sering digunakan dan mendapatkan tekanan beban tubuh, masalah pada lutut sering terjadi, mulai dari peradangan pada sendi lutut, hingga cedera.

Masalah-masalah pada lutut umumnya ditandai dengan gejala sakit atau nyeri, yang terasa lebih sakit saat digerakkan, selain gejala lain seperti lutut bengkak, atau ada perubahan bentuk. Gejala-gejala tersebut bergantung pada penyebabnya.

Pengobatan lutut sakit bergantung pada penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab lutut sakit.

Beberapa Penyebab Lutut Sakit

Lutut yang yang sakit sering disertai dengan beberapa keluhan seperti halnya lutut yang sulit diluruskan, terasa kaku. Jika Anda sering merasakannya, penting untuk mengetahui penyebab lutut sakit.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan lutut merasakan sakit, yakni:

  1. Tempurung lutut terluka

Tempurung lutut bisa retak bahkan patah karena adanya benturan ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan seperti halnya kecelakaan berkendara. Terkadang seseorang yang memiliki tulang yang lemah karena osteoporosis, dapat mengalami patah tulang tempurung ketika tersandung.

  1. Mengalami cedera pada ligamen

Sakit lutut dapat disebabkan oleh cedera ligamen, khususnya ligamen anterior (anterior cruciate) yang robek. Ligamen sendiri merupakan pita elastis jaringan yang dapat menghubungkan satu tulang ke tulang lainnya.

Cedera ligamen multiple sering dialami oleh atlet atau seseorang yang bermain sepakbola, basket serta olahraga lainnya yang memerlukan perubahan gerak lari yang secara tiba-tiba.

  1. Bursitis lutut

Penyebab Lutut Sakit selanjutnya yakni bursitis lutut, yang merupakan peradangan pada kantong yang berisi pelicin atau cairan di bagian luar sendi, sehingga ligamen dan tendon dapat bergerak mulus di atas sendi.

Peradangan di kantong pelicin sendir ini dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada lutut.

  1. Dislokasi tempurung lutut

Permasalahan seperti dislokasi tempurung lutut juga menjadi penyebab lutut sakit. Kondisi tersebut dapat terjadi saat tulang segitiga atau mitela penutup bagian depan lutut bergeser dari tempat awalnya.

  1. Robeknya meniskus

Meniskus terbentuk dari tulang rawan yang kenyal dan keras. Bagian tubuh tersebut memiliki fungsi sebagai peredam kejut antara tulang paha dan tulang kering.

Meniskus ini dapat robek ketika tiba-tiba seseorang memelintir lutut sambil menahan beban berat tanpa adanya persiapan.

  1. Nyeri kaki atau pinggul

Ketika Anda mengalami nyeri kaki atau pinggul, cara berjalan akan mengalami perubahan karena beradaptasi dengan nyeri yang dirasakan, perubahan gaya berjalan dapat mengakibatkan tekanan pada sendi lutut semakin bertambah hingga menjadi penyebab sakit lutut.

  1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit peradangan sendi yang kronis karena adanya gangguan autoimun. Permasalahan ini dapat mempengaruhi tiap sendi dalam tubuh, termasuk pada bagian lutut.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit peradangan pada sendi yang bisa terjadi di sendi manapun termasuk lutut.

  1. Radang pada tendon lutut

Iritasi serta peradangan pada tendon lutut disebut juga dengan tendinitis patella. Tendon sendiri merupakan jaringan keras dan tebal untuk menghubungkan otot ke tulang.

Biasanya seseorang yang rentan mengalami ini adalah seorang pelari, pesepeda, pemain ski atau orang yang sering melompat.

  1. Arthritis septik

Sendi pada lutut terkadang dapat mengalami infeksi dan menyebabkan pembengkakan, kemerahan hingga nyeri lutut. Gejala ini bisa timbul secara tiba-tiba, jika tidak segera ditangani hal ini dapat merusak tulang rawan di lutut Anda.

Selain beberapa hal di atas, penyebab lain nyeri lutut juga dapat disebabkan oleh patah tulang tempurung lutut, tulang kering dan tulang paha. Selain itu, penyakit lain seperti penyakit asam urat, kanker yang menyebar ke sendi lutut hingga sindrom nyeri patellofemoral juga dapat menjadi penyebab lutut sakit.

Faktor Risiko yang Dapat Meningkatkan Penyakit pada Lutut

Sendi lutut memiliki peran yang cukup berat karena harus menopang berat tubuh sehingga sendi lutut rentan mengalami kerusakan.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit atau cedera lutut hingga menyebabkan nyeri, misalnya:

  1. Pernah mengalami cedera lutut sebelumnya
  2. Memiliki berat badan yang berlebih (obesitas)
  3. Merokok
  4. Kurangnya fleksibilitas atau kekuatan pada otot
  5. Faktor pekerjaan yang mengharuskan untuk sering berlutut, melakukan aktivitas fisik yang berat, atau mengangkat beban yang berat misalnya atlet atau pekerja bangunan.

Diagnosis Nyeri Lutut

Dalam hal ini, dokter akan bertanya kepada Anda secara detail mengenai gejala sakit lutut. Misalnya kapan nyeri muncul, pernah tidaknya mengalami cedera atau seberapa berat nyeri yang dirasakan.

Selain itu, dokter juga akan bertanya apakah Anda pernah mendapatkan prosedur medis atau operasi di bagian lutut.

Selanjutnya dokter akan memeriksa Anda dengan cara sebagai berikut:

  1. Melihat kondisi lutut Anda, untuk mencari apakah ada pembengkakan, lebam atau kemerahan di sekitar lutut.
  2. Merasakan dengan meraba perubahan pada lutut. Misalnya apakah kulit di sekitar lutut menjadi lebih hangat atau ada kelainan bentuk tulang lutut.
  3. Menggerak-gerakkan lutut untuk melihat seberapa besar hambatan pergerakan lutut Anda.

Selanjutnya, setelah dokter melakukan pemeriksaan tersebut akan dilakukan pemindaian pada lutut Anda. Seperti halnya dengan USG, CT scan, MRI atau Rontgen.

Dengan pemindaian tersebut dokter bisa melihat kondisi lutut Anda dan mengetahui penyebabnya.

Penanganan untuk Lutut Sakit

Lutut yang sakit ditangani sesuai dengan penyebabnya. Penanganan dari lutut sakit diantaranya:

  1. Obat-obatan

Obat-obatan bertujuan untuk meredakan nyeri pada lutut. Dokter biasanya akan memberikan Anda obat antinyeri, misalnya yang mengandung parasetamol atau golongan lain yang lebih kuat bila nyeri yang dirasakan cukup hebat, atau dengan obat anti-inflamasi nonsteroid.

  1. Fisioterapi

Fisioterapi bertujuan untuk melatih serta menguatkan otot sekitar lutut Anda, dengan begitu lutut akan lebih stabil.

Bila diperlukan, dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan alat penyangga lutut (knee support) sebagai pereda nyeri lutut, seperti pada penderita osteoarthritis.

  1. Suntik sendi

Sebagai pereda nyeri, biasanya dokter juga menyuntikkan obat ke sendi lutut. Zat yang disuntikan bisa berupa kortikosteroid atau asam hyaluronat.

Apabila sakit lutut yang Anda derita sudah sangat berat dan beberapa metode di atas tidak berhasil, dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk lutut Anda. Operasi dapat berupa arthroskopi atau operasi penggantian sendi lutut.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan untuk meredakan lutut yang nyeri, sebaiknya Anda menemui dokter yang tepat. Agar Anda bisa mendapat pemeriksaan yang menyeluruh dan pengobatan yang tepat.

Anda dapat datang ke klinik kami, Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, untuk mendapatkan pemeriksaan dari dokter-dokter ahli kami, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Tim dokter kami adalah dokter yang ahli dan berpengalaman dalam mengobati berbagai keluhan pada otot, tulang dan sendi, termasuk sakit lutut.

Hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan dari klinik kami.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561