Manfaat Pilates bagi Pelari

Selasa, 18 Juli 2023
Flex Free
Selasa, 18 Juli 2023
Flex Free

Apa itu Pilates?

Pilates adalah olahraga yang fokus pada tulang belakang dan kelompok otot inti tubuh, yang bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan fleksibilitas melalui latihan low impact. Pilates menggunakan gerakan yang mungkin terlihat sederhana, tetapi cukup menantang bila dilakukan dengan tepat dan berulang-ulang.

Manfaat Pilates bagi Pelari

Lari adalah olahraga high impact yang menyebabkan sendi-sendi menerima banyak tekanan. Olahraga lari baik untuk memperbaiki kesehatan jantung, ketahanan dan penguatan otot. Akan tetapi bila dilakukan tanpa diselingi olahraga lainnya, akan membebani tubuh dan dapat mulai terjadi cedera.

Pilates adalah pilihan olahraga pelengkap yang tepat bagi pelari karena merupakan olahraga low-impact sehingga tidak membuat tubuh menerima tekanan lebih lanjut selagi menguatkan otot-otot inti tubuh, dan mempertahankan biomekanika tubuh yang baik saat tubuh lelah.

Berikut ini beberapa manfaat pilates bagi pelari:

  1. Memperbaiki Kekuatan Otot Inti Tubuh

Kekuatan otot inti tubuh tidak sama dengan kekuatan perut, dan anggapan bahwa inti tubuh hanyalah otot-otot di perut adalah salah. Otot inti tubuh yang sebenarnya termasuk otot panggul, punggung, bahu, abdomen, dan leher.

Bagi pelari, sangat penting untuk memiliki otot perut bawah dan otot penstabil panggul yang kuat, sehingga punggung bawah dan sendi-sendi tungkai bawah tidak menerima beban berlebihan yang dapat menyebabkan cedera.  

Mempelajari engagement yang benar dari otot inti tubuh juga dapat meningkatkan relaksasi tubuh bagian atas dan postur berlari yang lebih tegak.

Pilates tidak hanya membuat Anda lebih bertenaga saat berlari, dan membantu mengendalikan dan memaksimalkan tenaga saat Anda aktif.

  1. Memperbaiki Mobilitas

Gerakan sendi di sekitar panggul sangat penting untuk biomekanika berlari yang baik. Selain menguatkan otot-otot inti tubuh, Pilates juga memperbaiki panjang otot dengan menggerakkan sendi-sendi secara maksimal, dan meregangkan kelompok otot yang memendek.

Pelari rentan mengalami pengencangan otot fleksor panggul yang dapat membatasi panjang langkah, sehingga dengan menargetkan otot-otot yang bermasalah tersebut, pola berlari yang lebih lancar dan langkah yang lebih mudah dapat dicapai.

  1. Mencegah/Menangani Cedera

Pengobatan terbaik untuk setiap cedera karena berlari adalah pencegahan, yang dapat dibantu dengan melakukan olahraga Pilates. Bila Anda rentan mengalami cedera, Pilates juga dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menangani dan merehabilitasi cedera.

Untuk mencegah cedera, Pilates dapat membantu mengidentifikasi dan mengoreksi ketidakseimbangan tubuh yang berisiko menyebabkan cedera, dengan melakukan gerakan dengan cara yang tepat untuk melatih kembali engagement otot yang tepat.

  1. Memperbaiki Kendali Pernapasan

Pilates memerlukan fokus antara sinkronisasi pernapasan dengan gerakan dan meningkatkan pelebaran diafragma. Belajar untuk mengendalikan pernapasan dengan Pilates dapat membuat Anda dapat bernapas dengan baik saat berlari.

Dapat mengendalikan pernapasan dapat meningkatkan fokus Anda, sehingga diafragma dapat mengembang sepenuhnya sehingga oksigenasi lebih baik di aliran darah, untuk meningkatkan daya tahan dan memperlambat kelelahan.

  1. Meningkatkan Proses Penyembuhan

Pilates merupakan olahraga low impact dan meningkatkan aliran darah sehingga dapat mengembalikan efek samping negatif misalnya nyeri otot dan otot kencang setelah berlari jarak jauh atau latihan berat.

Pilates membantu memanjangkan otot untuk memperbaiki pergerakan dan fleksibilitas sendi. Saat dalam proses penyembuhan, Pilates merupakan pilihan latihan silang yang dapat membantu rehabilitasi tanpa membebani sendi lebih lanjut, dan bahkan mempersingkat masa penyembuhan Anda.

manfaat pilates

Peralatan Pilates

Kapan Sebaiknya Pilates Dilakukan?

Karena Pilates adalah olahraga low impact, Anda dapat melakukannya kapanpun Anda memiliki waktu tanpa mempengaruhi latihan lari Anda.

Anda juga tidak perlu menunggu hingga selesai berlari untuk melakukan Pilates karena gerakan-gerakan latihan Pilates juga dapat mempersiapkan otot Anda untuk berlari.

 

 

Referensi:

  • https://frontrunnersports.com.au/6-reasons-runners-benefit-from-pilates/
  • https://www.byrdie.com/pilates-5093049
  • https://www.runnersworld.com/uk/health/a773930/why-runners-should-do-pilates/
  • https://www.womensrunning.com/training/ways-pilates-benefit-runners/

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561