REHABILITASI TULANG BELAKANG DAN OLAHRAGA SETELAH PEMBEDAHAN

Rabu, 07 Desember 2016
Flex Free
Rabu, 07 Desember 2016
Flex Free

(Sumber gambar: inrealmotion.co.uk)

Pembedahan tulang belakang adalah tindakan operasi besar, dan rehabilitasi tulang belakang merupakan bagian penting untuk membantu pasien mendapatkan manfaat maksimal dari pembedahan. Pada dasarnya, rehabilitasi tulang belakang (terapi fisik, olahraga) dapat membantu penyembuhan pasien lebih cepat dan menyeluruh, setelah pembedahan tulang belakang.

Setelah cedera atau pembedahan, program pengkondisian akan membantu Anda kembali melakukan aktivitas sehari-hari dan kembali berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya. Program terdiri dari berbagai latihan dan harus dilakukan dibawah pengawasan dokter agar aman dan efektif.

Otot Target

Kelompok otot yang ditargetkan dalam program pengkondisian mencakup:  

  • Tulang servikal (leher)
  • Rotator oblik eksternal (punggung samping dan bawah)
  • Trapezius (leher dan punggung atas)
  • Rotator oblik internal (punggung samping dan bawah)
  • Latissimus dorsi (punggung samping dan tengah)

Sumber gambar: jonbarron.org

  • Piriformis (bokong)
  • Otot ekstensor punggung dan erector spinae
  • Gluteus maximus (bokong) (punggung tengah dan bawah)

Sumber gambar: jonbarron.org

  • Gluteus medius (bokong)
  • Quadratus lumborum (punggung bawah)
  • Hamstrings (belakang paha)

Sumber gambar: jonbarron.org

  • Abdomen

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Sembuh Sempurna Setelah Pembedahan?

Lama waktu penyembuhan berbeda-beda pada setiap orang. Penyembuhan bergantung pada:

  • Jenis pembedahan
  • Status kesehatan umum, masalah medis lain
  • Status muskuloskeletal umum, kontrol otot umum dan tingkat kebugaran
  • Derajat gejala pada saat pembedahan.

Kecepatan Penyembuhan Jaringan lunak

Tubuh manusia menyembuh dengan meninggalkan jaringan parut. Kecepatan penyembuhan bervariasi antar individu tetapi umumnya pada minggu keempat, kekuatan jaringan ikat telah mencapai 60%, pada minggu ke enam mencapai 80% dan pada minggu ke 12 mencapai 100%.

Meskipun begitu, kontrol, kekuatan dan daya tahan dari otot-otot penyokong tulang belakang, bahu dan pelvis memerlukan waktu lebih lama.

Pemantauan Fisioterapi Terhadap Rehabilitasi Tulang Belakang

Anda harus tetap melanjutkan latihan setelah pulang dari rumah sakit. Rehabilitasi tulang belakang setelah pembedahan adalah bagian penting dalam upaya penyembuhan. Program latihan Anda harus ditingkatkan dan bersifat spesifik pada kasus yang Anda alami.

Tujuan Fisioterapi

  • Untuk memaksimalkan keseimbangan otot, fungsi dan daya tahan.
  • Untuk menguatkan otot postur (stabilitas inti tubuh).
  • Untuk memperbaiki fungsi di rumah, tempat bekerja dan di tempat rekreasi.
  • Untuk mengajarkan strategi penanganan mandiri.

Teknik Fisioterapi Untuk Rehabilitasi Tulang Belakang

Bukti menunjukkan bahwa pendekatan aktif atau berdasarkan latihan adalah yang terbaik

  • Latihan terapeutik spesifik terbagi-bagi, spesifik terhadap kasus individu dan aman untuk dilakukan
  • Mengidentifikasi ketidakteraturan otot
  • Mengajarkan strategi untuk memperbaiki fungsi
  • Mengoreksi dan mengajarkan pola gerakan yang tepat
  • Penyeimbangan kembali mobilisasi sendi tulang belakang bawah/panggul dan tulang belakang atas/bahu menggunakan land based exercise (selain olahraga air)
  • Hydrotherapy dapat bermanfaat tetapi tidak dilakukan sendiri tanpa terapi lain
  • Penanganan pasif, misalnya akupuntur, pelemasan jaringan lunak (pemijatan), terapi panas/listrik dan taping untuk biofeedback dapat bermanfaat tetapi tidak dilakukan sendiri-sendiri tanpa penanganan lainnya.

Hidroterapi Akupuntur

Sumber gambar: musculardystrophyuk.org Sumber gambar: medicinenet.com

Terapi Fisik Untuk Rehabilitasi Tulang Belakang

Terapi fisik umumnya dimulai setelah 3–4 bulan setelah pembedahan, dan biasanya berlangsung selama 6–12 minggu. Latihan peregangan awal dilakukan untuk menghasilkan fleksibilitas maksimal. Kemudian diikuti dengan latihan aerobik untuk memperbaiki pengkondisian tubuh.

Latihan yang selanjutnya umumnya adalah latihan tahanan, seringkali digunakan beban, untuk memperbaiki kekuatan dan stabilitas tubuh, dan terutama tulang belakang. Program pemeliharaan adalah kunci untuk memaksimalkan hasil terapi.

Gerakan

Gerakan yang Anda lakukan harus diperhatikan untuk menghindari tidak merusak apa yang sudah dilakukan oleh dokter bedah.

Anda harus mengingat bahwa otot, jaringan lunak lain, dan jahitan dalam, semuanya memerlukan waktu 6 minggu untuk sembuh. Instrumentasi logam, yang berada dalam tulang belakang Anda, tidak mungkin tertarik ke luar setelah periode waktu tersebut.

Meskipun duduk, berdiri, berjalan dan berbaring adalah posisi/aktivitas yang diperbolehkan, Anda harus menghindari setiap gerakan yang berulang, atau tiba-tiba. Secara umum, naik tangga, membungkuk dari pinggang, memutar badan bagian atas, berjongkok, harus dihindari.

Larangan ini biasanya selama 6 minggu hingga 3 bulan setelah pembedahan. Meskipun begitu, mencondongkan badan ke depan ketika menggosok gigi atau mencuci wajah, diperbolehkan, walaupun dalam beberapa hari setelah pembedahan.

Mengangkat beban

Berat maksimal yang diperbolehkan untuk diangkat adalah 8 pound atau sekitar 3,6 kilogram.

Olahraga Untuk Rehabilitasi Tulang Belakang

Anda dapat kembali berolahraga, tetapi bergantung pada jenis pembedahan dan kelainan spesifik yang Anda derita. Sebagai aturan umum, setelah tiga bulan, Anda dapat kembali berolahraga, bila program latihan yang sesuai sudah dilakukan.

Olahraga yang diperbolehkan dalam 6 minggu pertama antara lain berjalan pada permukaan yang datar. Setelah itu Anda dapat pergi ke kolam renang dan berenang bila Anda ingin. Melompat, menyelam dan melakukan tendangan memutar atau menepuk harus dihindari.

Penggunaan sepeda statis, sepeda biasa, peralatan fitness seperti stair-climber, weight machines, elliptical machines atau sit up harus dihindari sampai diperbolehkan oleh dokter.

Berenang

Anda direkomendasikan untuk mulai berolahraga di kolam renang 10–14 hari setelah operasi (ketika luka tampak menyembuh).

Berenang memiliki manfaat untuk mengurangi beban pada sendi (akibat efek mengapung), relaksasi tegangan otot, memperbaiki kesehatan kardiovaskular, mobilitas tulang belakang dan menguatkan otot.

Mulailah dengan berjalan perlahan di dalam air. Kemudian dapat ditingkatkan dengan berjalan menyamping dan mundur, berjongkok perlahan, duduk di tangga dan melakukan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda.

Anda juga dapat mencoba gerakan lain yaitu berdiri sambil mendorong lengan ke berbagai arah dengan mempertahankan tubuh tetap di tempat. Anda dapat mencoba berennag dengan gaya bebas dan gaya punggung sebanyak 10 putaran, tiga atau empat minggu setelah pembedahan. Gaya dada harus dihindari selama tiga bulan pertama.

 Sumber gambar: breakingmuscle.com Sumber gambar: finestshower.com

Mandi

Karena tekanan yang berlebihan pada tulang lumbal Anda ketika masuk dan keluar dari bathtub, Anda dianjurkan untuk mandi menggunakan shower selama 3 bulan pertama setelah pembedahan. Sebaiknya Anda duduk di kursi untuk mengurangi risiko terpeleset atau terjatuh.

Penggunaan Brace Untuk Rehabilitasi Tulang Belakang

Sebagian besar pasien tidak memerlukan penggunaan brace, akan tetapi bila dokter Anda menyarankan untuk memakai brace, pakailah selama 3 bulan dan buka ketika Anda mandi atau tidur.

 

 

Referensi:

  • brochures.mater.org.au
  • Spine Conditioning Program - OrthoInfo - AAOS
  • www.understandspinesurgery.com

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561