Cara Mengatasi Tangan Kesemutan di Rumah

Senin, 19 September 2022
Flex Free
Senin, 19 September 2022
Flex Free

Anda merasa terganggu dengan tangan yang sering kesemutan? Multivitamin sudah Anda minum, kompres hangat sudah dilakukan, tetapi tangan kesemutan masih dirasakan. Sebenarnya apa penyebab tangan sering kesemutan? Bagaimana cara mengatasi tangan kesemutan di rumah?

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Tangan kesemutan tidak selalu disebabkan oleh kekurangan vitamin tertentu. Penyebab tangan kesemutan lainnya yaitu:

  1. Penyakit CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindroma terowongan karpal adalah kerusakan saraf akibat iritasi atau tekanan pada saraf di bagian pergelangan tangan.

carpal tunnel syndrome penyebab tangan kesemutan

Gejalanya dapat berupa kesemutan di jari tangan, pergelangan tangan dan kekuatan tangan yang melemah. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda sulit menggenggam.

Penyakit ini sering dialami oleh orang yang sering menggerakkan tangan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama misalnya mencuci, menulis atau mengetik dalam waktu lama.

  1. Penyakit Diabetes

Sekitar 30% penderita penyakit diabetes sering mengalami kondisi tangan kesemutan. Bagi penderita diabetes, kesemutan berawal di kaki kemudian di tangan.

Kesemutan pada penderita diabetes terjadi akibat kadar gula dalam darah yang tinggi sehingga terjadi kerusakan saraf di berbagai jaringan tubuh termasuk di tangan.  

  1. Penyakit Radang Sendi – Rheumatoid Arthritis

Penyakit ini juga menyebabkan penderitanya mengalami kesemutan pada pergelangan tangan dan telapak tangan. Kesemutan sering terjadi saat malam hari sebelum tidur.

Gejala lainnya dapat berupa jari dan sendi tangan terasa hangat, kemudian lama kelamaan menjadi kaki, bengkak dan nyeri.

  1. Kerusakan Saraf

Penyebab tangan kesemutan lainnya yaitu kerusakan saraf atau neuropati perifer yang dapat terjadi karena berbagai sebab seperti adanya penyakit autoimun, infeksi, cedera, atau efek samping obat (misalnya obat kanker).  

  1. Stroke

Tangan kesemutan bisa menjadi gejala stroke bila disertai dengan tanda-tanda khas stroke lainnya, misalnya sakit kepala berat, bicara pelo, atau hilangnya kendali tubuh di satu sisi.

  1. Saraf Kejepit

Saraf terjepit bisa terjadi di bagian tubuh manapun termasuk tangan, yang akan menimbulkan gejala tangan kesemutan.  

  1. Gangguan Tiroid

Adanya masalah pada kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan seseorang mengalami tangan kesemutan.

  1. Penyakit Ginjal Kronis

Pada penderita penyakit ginjal kronis, gejala kesemutan dapat timbul ketika penyakit sudah berat. Selain kesemutan, gejala lain dapat berupa muntah-muntah, nyeri otot, anemia dan lain-lain.

Mengatasi Tangan Kesemutan di Rumah

Apabila tidak disertai dengan gejala yang serius atau adanya penyakit lain, tangan kesemutan bisa menghilang dengan sendirinya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi kesemutan. Secara umum, istirahatkan tangan yang sering kesemutan. Cara-cara lainnya yaitu dengan:

  • Kompres Hangat

Kompres hangat akan meningkatkan sirkulasi darah normal, sehingga dapat membantu meredakan tangan kesemutan akibat kurang lancarnya peredaran darah. 

  • Pemijatan

Pemijatan bisa membantu merangsang saraf dan membuat sirkulasi darah berjalan lancar.

  • Peregangan

Latihan peregangan dapat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat membantu mengatasi kesemutan ringan.

latihan peregangan untuk tangan kesemutan

Latihan peregangan dapat dilakukan secara perlahan, dan segera hentikan jika terasa nyeri. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan latihan peregangan.

Selain penanganan di atas, hindari melakukan aktivitas yang dapat membuat keluhan bertambah berat, misalnya gerakan menekuk pergelangan tangan berulang-ulang. Jaga pergelangan tangan tetap lurus saat mengetik atau ketika menggenggam mouse.

Bagaimana Bila Kesemutan tidak juga Hilang?

Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter. Keluhan tangan kesemutan yang tidak menghilang kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang lebih serius.

Perlu dipastikan dengan pemeriksaan lanjutan, misalnya pemeriksaan darah, elektromyografi, USG muskuloskeletal, rontgen atau MRI jika diperlukan. Setelah itu dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyakit Anda, misalnya obat-obatan untuk mengatasi penyakit yang menjadi penyebab gejala tangan kesemutan, terapi fisik atau fisioterapi dengan alat-alat misalnya ultrasound, laser, atau latihan fisik.

Apabila tidak dapat ditangani dengan penanganan konservatif, dokter mungkin akan menyarankan operasi.

Anda dapat mengkonsultasikan keluhan tangan kesemutan Anda dengan dokter-dokter spesialis kami di Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel