Pilates untuk Scoliosis

Senin, 09 Oktober 2023
Flex Free
Senin, 09 Oktober 2023
Flex Free

Scoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping. Pada sebagian besar orang, scoliosis terjadi ketika masa kanak-kanak, dan tidak disebabkan karena hal-hal yang mungkin Anda khawatirkan.

Scoliosis tidak disebabkan karena membawa tas sekolah yang berat, duduk membungkuk, atau tidur dengan posisi miring. Penyebab pasti scoliosis tidak diketahui.

Pada beberapa kasus, lengkungan tulang belakang sangat menonjol dan diperlukan penanganan pembedahan. Akan tetapi pada sebagian besar kasus, scoliosis tidak menyebabkan keluhan nyeri atau masalah kesehatan yang signifikan, dan ketika masa pertumbuhan sudah selesai, lengkungan tulang belakang tidak akan bertambah.

Pilates untuk Scoliosis

Apa itu Pilates?

Pilates adalah olahraga yang melatih seluruh bagian tubuh, yang lebih fokus pada memperbaiki tonus otot (bukan membentuk otot), fleksibilitas, dan kekuatan.

Pilates dirancang untuk membentuk tubuh lebih ramping dan membentuk fondasi fisik yang kuat untuk aktivitas pembentukan otot, dan bahkan dapat mengurangi risiko cedera.

reformer pilates untuk scoliosis

Pilates Reformer

Latihan Pilates dilakukan menggunakan alat khusus, misalnya matras, reformer, ladder barrel.

Bagaimana Pilates dapat Membantu Pasien Scoliosis?

Pilates tidak dapat mengembalikan lengkungan tulang belakang pada scoliosis, tetapi memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi sudut Cobb dan mengurangi nyeri.

Program Pilates khusus dapat mengajarkan Anda bagaimana melepaskan area yang kencang di tulang belakang, melatih kesadaran Anda tentang kesejajaran tulang dan menguatkan otot-otot internal yang menopang dan mengontrol tulang belakang.

Latihan Pilates yang teratur dapat membantu memperbaiki postur, tonus otot, keseimbangan dan mobilitas sendi, dan juga dapat meredakan stress dan ketegangan.

Akan tetapi tidak semua latihan Pilates direkomendasikan, dan beberapa gerakan mungkin dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda, dan mengikuti program latihan Pilates yang dipandu oleh instruktur Pilates yang tersertifikasi dan berpengalaman mengenai scolisis.

Latihan Pilates untuk Scoliosis

Gunakan matras untuk melakukan latihan. Langkah awal terbaik adalah dengan mempelajari bagaimana mengencangkan dasar panggul dan otot-otot abdomen bagian dalam.

Langkah 1: Menemukan dasar panggul

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan sedikit lengkungan di punggung bawah. Tarik napas dalam, buang napas perlahan dan kencangkan otot-otot dasar panggul seperti hendak menahan buang angin.

Langkah 2: Menemukan otot-otot abdominal dalam

Saat membuang napas, kencangkan otot perut abdomen dengan menarik otot perut.

Langkah 3: Kencangkan dasar panggul dan otot perut dalam bersamaan

Mulai dengan tarik napas. Saat membuang napas, perlahan kencangkan dasar panggul dan otot perut dalam dengan kekuatan antara sepenuhnya rileks dan mengencangkan sekuat mungkin. Tahan posisi ini selama tiga tarikan napas. Ulangi delapan kali.

Latihan Peregangan

Cat/Camel

Pilates untuk scoliosis

Posisi merangkak. Buang napas dan posisikan tulang ekor ke arah dalam, lengkungkan tulang belakang. Tarik napas dan tahan. Buang napas dan angkat tulang ekor, tarik kedua bahu kembali ke belakang. Tarik napas untuk menahan. Ulangi 10 kali.

Side stretch in kneeling

Posisi merangkak. Gerakkan tulang ekor ke kanan dan menoleh ke kanan untuk meregangkan sisi samping tubuh. Gerakkan tulang ekor ke sisi berlawanan untuk meregangkan sisi lainnya. Ulangi lima kali pada setiap sisi.

Tips: Anda dapat menambah peregangan dengan menggerakkan kaki.

Latihan Penguatan

Swimming level 1

Posisi merangkak. Tarik tulang ekor sedikit ke arah dalam dan tarik dasar panggul dan abdomen bawah.

Buang napas, saat meluruskan satu kaki menyusuri lantai menjauhi badan, tanpa menggerakkan punggung atau panggul.

Tarik napas bersamaan dengan menarik kaki ke posisi awal, dan ulangi gerakan ini pada sisi yang lainnya. Ulangi 10 kali pada setiap sisi.

Single leg stand

single leg stand latihan untuk scoliosis

Berdiri dengan jari-jari memegang bagian tulang panggul yang menonjol. Tumpukan berat badan pada satu sisi tungkai, pertahankan tulang tetap sejajar dan tahan selama 10–15 detik. Ulangi pada sisi tungkai yang lainnya.

 

 

 

Referensi:

  • https://health.clevelandclinic.org/everything-you-want-to-know-about-pilates/
  • https://pilatesfitcambridge.co.uk/advice/what-causes-scoliosis-the-best-pilates-exercises-for-this-condition/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8483862/

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya