Penyebab Sendi Pergelangan Tangan Sakit

05 Juni 2020 , Flex Free
05 Juni 2020
Flex Free

Tangan yang sakit tentu sangat mengganggu karena tangan adalah bagian tubuh yang paling sering kita gunakan. Bila sendi pergelangan tangan sakit, banyak aktivitas yang menggunakan tangan yang sulit dilakukan.

Sendi pergelangan tangan yang sakit dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sebelum melanjutkan ke penyebab sendi pergelangan tangan sakit, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai anatomi tangan.

Anatomi Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan adalah salah satu sendi yang paling rumit di tubuh. Pergelangan tangan terdiri dari banyak sendi yang bekerja bersama-sama untuk menggerakkan tangan.

Tulang Pergelangan Tangan

Tulang di pergelangan tangan terdiri dari tulang lengan bawah, tulang karpal dan tulang tangan.

Dua tulang lengan bawah yaitu:

  1. Tulang radius, yang sejajar dengan ibu jari
  2. Tulang ulna, yang sejajar dengan jari kelingking

Bagian ujung tulang ulna diselubungi oleh diskus articular (tulang rawan fibrosa yang memberikan bantalan pada tulang pergelangan) yang berbentuk segitiga.

Tulang ulna tidak secara langsung membentuk sendi di pergelangan tangan, sedangkan tulang radius bertemu dengan tulang karpal.

anatomi pergelangan tangan

(Sumber gambar: www.orthogate.org)

Tulang karpal terdiri dari dua jenis, tulang karpal proksimal yang dekat dengan tulang lengan bawah dan tulang karpal distal yang dekat dengan jari.

Sendi Pergelangan Tangan

Ada beberapa sendi di pergelangan tangan yang berbeda jenis dan arah gerakannya:

  1. Sendi radioulnar distal; berada di antara tulang radius dan ulna, yang memungkinkan gerakan rotasi pergelangan tangan.
  2. Sendi radiokarpal; berada di antara tulang radius dan baris pertama tulang karpal. Sendi ini merupakan sendi utama pergelangan tangan. Sendi ini memungkinkan banyak gerakan dapat dilakukan, misalnya menekuk tangan, gerakan menyamping, dan memutar.
  3. Sendi midkarpal, berada di antara tulang karpal proksimal dan distal. Sendi ini memungkinkan gerakan ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan, dan gerakan diagonal, dan bekerja bersama dengan sendi radiokarpal untuk menggerakkan pergelangan tangan.
  4. Sendi karpometakarpal, adalah sendi di antara tulang karpal distal dan metacarpal.

penyebab sendi pergelangan tangan sakit

Sumber gambar: www.earthslab.com

Sebagian besar fraktur (patah tulang) di pergelangan tangan terjadi di tulang radius di bagian sendi radiokarpal. Tulang scaphoid adalah tulang kedua yang sering fraktur.

Ligamen dan Tendon Pergelangan Tangan

Ligamen

Ligamen menghubungkan dua tulang. Di pergelangan tangan ada beberapa ligamen:

  1. Ligamen ekstrinsik menghubungkan tulang lengan bawah dengan tulang tangan.
  2. Ligamen instrinsik menghubungkan tulang pergelangan yang satu dengan yang lainnya.

Tendon

Tendon di pergelangan tangan yaitu:

  1. Tendon yang terlibat dalam gerakan fleksi (menekuk pergelangan tangan ke dalam).
  2. Tendon yang terlibat dalam gerakan ekstensi (menekuk pergelangan tangan ke arah luar).
  3. Tendon yang terlibat dalam gerakan fleksi dan ekstensi jari.

Cedera pada tendon dapat berupa kerusakan pada tendon itu sendiri (misalnya robekan, tendonitis atau tendinosis) atau pada membran synovial di sekelilingnya.

Pembuluh Darah dan Saraf di Pergelangan Tangan

Dua pembuluh darah arteri yang melalui pergelangan tangan menuju tangan yaitu arteri radialis dan arteri ulnaris.

Ada tiga saraf yang melalui pergelangan tangan menuju ke tangan: saraf medianus, ulnaris dan radialis.

  1. Saraf medianus melewati terowongan karpal dan bercabang ke ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis. Ketika saraf ini tertekan di terowongan karpal, terjadi sindroma terowongan karpal.
  2.  Saraf ulnaris memasuki pergelangan tangan menuju ke jari manis dan kelingking. Penekanan saraf ini menyebabkan sindroma terowongan kubital.
  3. Saraf radialis mensuplai otot-otot lengan bawah yang meluruskan pergelangan tangan dan jari.

Penyebab Sendi Pergelangan Tangan Sakit

Rasa sakit dapat muncul di pergelangan tangan karena berbagai sebab. Penyebab tersering biasanya adalah cedera.

Berikut ini beberapa penyebab sendi pergelangan tangan sakit:

  1. Cedera
  • Benturan tiba-tiba. Seringkali ketika terjatuh, kita akan menggunakan tangan untuk menahan beban tubuh. Gerakan ini dapat menyebabkan regangan atau bahkan fraktur (patah tulang)
  • Stress berulang. Setiap kegiatan yang menyebabkan gerakan pergelangan tangan berulang dapat menyebabkan peradangan di sekitar sendi atau menyebabkan fraktur karena stress, terutama bila gerakan dilakukan selama beberapa jam tanpa istirahat.
  1. Arthritis (Radang Sendi)
    • Osteoarthritis. Radang sendi ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang mengalami kerusakan seiring dengan pertambahan usia. Akan tetapi osteoarthritis pada sendi pergelangan tangan jarang terjadi. Osteoarthritis pada pergelangan tangan cenderung terjadi pada orang lanjut usia dan memiliki riwayat keluarga.
    • Rheumatoid arthritis. Merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri. Berbeda dengan osteoarthritis, rheumatoid arthritis sering terjadi di pergelangan tangan.
  2. Penyakit dan kondisi lainnya
    • Carpal tunnel syndrome (sindrom terowongan karpal). Penyakit ini terjadi ketika saraf medianus yang berada di terowongan karpal pergelangan tangan tertekan. Orang yang mengalami obesitas atau penderita diabetes atau radang sendi berisiko mengalami sindroma ini.
    • Kista ganglion. Kista ini sering muncul di pergelangan tangan.
    • Penyakit Kienbock. Penyakit ini biasanya dialami orang dewasa muda dan terjadi pengecilan yang progresif pada salah satu tulang di pergelangan tangan.
    • Penyakit De Quervain’s. pad apenyakit ini, tendon dan selubungnya di sisi ibu jari mengalami peradangan dan membengkak. Penyebabnya tidak diketahui, akan tetapi dikaitkan dengan cedera dan penggunaan berlebihan.
    • Tendonitis pergelangan tangan. Tendonitis atau peradangan tendon terjadi ketika tendon yang mengalami robekan kecil iritasi dan meradang.
    • Bursitis pergelangan tangan. Bursa adalah kantung berisi cairan yang membantu memberikan bantalan pada sendi. Bursa dapat mengalami peradangan.

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter?

Tidak semua pergelangan tangan sakit memerlukan penanganan medis. Regangan ringan biasanya dapat ditangani dengan kompres es, istirahat, dan obat anti nyeri yang dijual bebas.

Periksakan diri Anda ke dokter bila Anda mengalami gejala berikut ini:

  1. Nyeri mengganggu aktivitas sehari-hari.
  2. Ada rasa kebas atau mati rasa, kesemutan, yang memburuk.
  3. Tidak bisa melakukan gerakan tangan sederhana.
  4. Sulit memegang benda-benda.

Segera ke dokter apabila gejala memburuk. Menunda pemeriksaan dan pengobatan dapat menyebabkan penyakit memberat dan berisiko menyebabkan kecacatan jangka panjang.

Bagaimana Pengobatan Sendi Pergelangan Tangan Sakit?

Pengobatan ditentukan berdasarkan penyebab, lokasi dan keparahan penyakit. Anda dapat mengkonsumsi antinyeri yang dijual bebas sebagai pertolongan pertama terhadap rasa sakit.

Selain itu Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Istirahatkan tangan. Jangan melakukan aktivitas yang menimbulkan nyeri, misalnya mengetik, menggunakan alat yang bergetar, atau bermain alat musik.
  2. Kompres dengan es yang dibungkus handuk selama 20 menit, setiap 2 hingga 3 jam sekali.
  3. Lepaskan perhiasan bila tangan Anda tampak bengkak.
  4. Gunakan splint untuk menyokong pergelangan tangan, terutama di malam hari.
  5. Jangan konsumsi obat yang mengandung ibuprofen selama 48 jam pertama setelah cedera.
  6. Jangan gunakan kompres hangat atau mandi air hangat selama 2 sampai 3 hari pertama setelah cedera.
  7. Jangan angkat benda berat atau menggenggam benda terlalu kencang.

Pada kasus yang berat, mungkin diperlukan pembedahan (operasi). Misalnya pada kasus:

  1. Fraktur (patah) tulang.
  2. Carpal tunnel syndrome. Bila gejala berat, mungkin Anda memerlukan pembedahan. Pembedahan dilakukan untuk membuka ligamen yang membentuk terowongan karpal untuk mengurangi tekanan.
  3. Memperbaiki tendon atau ligamen. Apabila terjadi robekan tendon atau ligamen, tentu diperlukan pembedahan untuk memperbaikinya.

Latihan

Bergantung pada jenis sakit yang dialami, latihan pergelangan tangan dapat membantu. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai latihan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sendi pergelangan tangan sakit .

Pengobatan Lainnya

Injeksi atau suntikan kortikosteroid mungkin diberikan untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit bila dengan obat lainnya tidak merespons. Fisioterapi dapat bermanfaat pada beberapa kasus pergelangan tangan sakit.

Mencegah Sendi Pergelangan Tangan Sakit

Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mencegah pergelangan tangan sakit .

  1. Gunakan postur yang benar ketika duduk di meja kerja. Usahakan posisi pergelangan tangan tetap santai. Anda dapat menggunakan bantalan khusus untuk pergelangan tangan ketika menggunakan keyboard ataupun mouse.
  2. Gunakan keyboard yang nyaman untuk Anda.
  3. Pelajari penggunaan alat dengan benar, sehingga tangan Anda tidak melakukan gerakan yang salah dan tidak terbebani terutama bila Anda menggunakan alat tersebut dalam waktu yang lama.
  4. Jangan terlalu lama mengetik. Berisitirahatlah selama beberapa saat dengan teratur.
  5. Gunakan penahan pergelangan tangan untuk mencegah cedera ketika Anda berolahraga.

Bila Anda melakukan tips di atas, Anda dapat terhindar dari mengalami sendi pergelangan tangan sakit. Apabila sakit dirasakan memberat, silakan konsultasikan dengan dokter kami di Flex Free Musculoskeletal Rahabilitation Clinic. Kami akan membantu mencarikan solusi terbaik untuk pergelangan tangan sakit Anda.

 

 

 

 

 

 

Referensi:

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/diagnosis-treatment/drc-20366215
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/symptoms-causes/syc-20366213
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/312070#symptoms
  • https://www.nhs.uk/conditions/hand-pain/wrist-pain/
  • https://www.sports-health.com/sports-injuries/hand-and-wrist-injuries/guide-wrist-anatomy
  • https://www.sports-health.com/sports-injuries/hand-and-wrist-injuries/soft-tissues-wrist

 

 

 

 

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Pergelangan kaki keseleo atau terkilir adalah salah satu cedera pergelangan kaki yang cukup sering terjadi.

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Facet Joint Syndrome? Diantara ruas-ruas tulang belakang terdapat suatu sendi yang menghubungkan tu

ARTIKEL KESEHATAN

Diet kaya nutrisi dapat membantu membentuk kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang membentuk s

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: www.everydayhealth.com Ketika mengalami nyeri sendi, orang-orang di sekeliling Anda mungkin

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

Informasi CS Hub. 085858646477