Beberapa Penyebab Lutut Sakit Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 10 Februari 2022
Flex Free
Kamis, 10 Februari 2022
Flex Free

Sakit lutut identik dengan penyakit pada orang usia lanjut. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa sakit lutut juga bisa dialami oleh orang berusia muda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa penyebab lutut sakit usia muda dan metode penanganannya juga cara-cara untuk mencegah sakit pada lutut di usia muda.

Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

Lutut merupakan salah satu persendian yang seringkali digunakan untuk menggerakkan kedua kaki. Nyeri pada bagian lutut bisa diartikan sebagai kondisi abnormal pada bagian sendi lutut, yang bisa saja diakibatkan oleh rusaknya jaringan atau berbagai penyebab lainnya.

Bagian lutut merupakan pertemuan antara paha dan betis, yang seringkali bisa mengalami nyeri jika terjadi cedera pada bagian tersebut. Di usia berapapun, seseorang bisa saja mengalami cedera.

Berikut ini beberapa penyebab lutut sakit usia muda yang dapat Anda pelajari lebih lanjut.  

  1. Berolahraga terlalu intens

Salah satu penyebab lutut sakit usia muda yaitu berolahraga terlalu intens. Bagian lutut yang sering digunakan untuk berolahraga bisa mengalami cedera akibat pemilik tubuh kurang bisa mengukur kemampuannya. Lutut dipaksakan untuk terlalu banyak bergerak, sehingga bisa menyebabkan cedera dan meradang yang menimbulkan rasa sakit.

  1. Beraktivitas terlalu banyak

Selain berolahraga terlalu intens, beraktivitas terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab lutut sakit pada tubuh seseorang. Bila Anda terlalu banyak berjalan, atau bahkan berlari, menaiki tangga dan membawa barang dengan berat berlebihan, lutut Anda juga dapat menjadi sakit.

  1. Kelebihan berat badan

Berikutnya, penyebab rasa sakit pada lutut usia muda yaitu kelebihan berat badan.

Pada orang yang kelebihan berat badan, lutut akan menerima tekanan atua beban lebih besar, sehingga rentan terjadi cedera dan menimbulkan rasa sakit.

Kondisi yang satu ini banyak dialami oleh anak muda yang tak memiliki pola makan teratur, sehingga berat badan mereka menjadi berlebih.  

  1. Sindroma nyeri lutut (Patellofemoral)

Penyebab sakit pada lutut di usia muda berikutnya yaitu sindroma nyeri lutut atau sindroma Patellofemoral. Nyeri patellofemoral adalah nyeri yang berasal dari tempurung lutut dan tulang paha.

penyebab lutut sakit patellofemoral syndrome

Nyeri ini dirasakan di bagian depan lutut, baik di bawah atau di sekitar tepi tempurung lutut.

Olahraga atau aktivitas berulang yang memaksa tempurung lutut bergerak naik turun secara terus-menerus (memberikan tekanan berlebih pada sendi patellofemoral) seperti gerakan berlari, berjalan, berjongkok, dapat memicu timbulnya sindrom nyeri patellofemoral.

Metode Penanganan Penyebab Sakit lutut di Usia Muda

Nyeri pada bagian lutut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara menangani sakit lutut? Salah satunya caranya adalah dengan menggunakan layanan fisioterapi dari Flex Free Clinic.

Fisioterapi atau terapi fisik dapat menjadi jawaban atas permasalahan nyeri lutut yang mendera. Dengan penanganan yang tepat, sakit pada lutut bisa ditangani sehingga tak menyebabkan rasa sakit lagi.

Berikut ini beberapa metode penanganan sakit lutut yang dilakukan di Flex Free Clinic:

  1. Terapi Ultrasound

Salah satu metode penanganan sakit lutut yaitu menggunakan terapi ultrasound. Cara kerja dari terapi yang satu ini yaitu dengan memberikan efek pemanasan terhadap bagian yang sakit dan efek non termal (efek pemijatan dan efek biologis yang dapat mempengaruhi proses yang terjadi di jaringan atau sel sehingga dapat mempercepat terjadinya pemulihan atau regenerasi jaringan).

  1. Terapi ESWT

ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy juga dikenal sebagai salah satu jenis terapi yang bisa digunakan untuk menangani nyeri lutut. Terapi yang satu ini menggunakan gelombang suara dengan energi tinggi ke titik yang terasa nyeri, yaitu pada bagian lutut. Terapi ini dikategorikan sebagai terapi non invasif.

terapi lutut sakit

Energi dengan intensitas tinggi akan dialirkan ke bagian tubuh yang terasa sakit, sehingga sirkulasi udara lebih lancar, serta mempercepat proses regenerasi jaringan pada bagian yang sakit.

Kedua layanan tersebut adalah beberapa contoh penanganan nyeri lutut yang bisa Anda dapatkan dari Flex Free Clinic. Untuk penanganan yang sesuai dengan masalah Anda, diperlukan pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu.

Silakan konsultasikan dengan dokter kami. Klinik kami ditangani langsung oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis yang ahli dibidangnya, serta terapis yang berpengalaman.

Cara Mencegah Sakit Lutut

Anda pasti sering mendengar istilah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’.

Sebelum Anda mengalami sakit lutut yang mungkin disebabkan oleh cedera yang berat, atau akibat hal lainnya, perhatikan cara-cara berikut ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya sakit lutut.

  1. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang

Pola hidup dan pola makan yang sehat harus terus dilakukan agar tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Tulang akan menguat jika tubuh banyak mengkonsumsi vitamin D, yang bisa didapatkan dari berbagai makanan yang sehat.

Selain itu, makanan sehat bisa membuat tubuh Anda tidak kelebihan berat badan, sehingga lutut tidak menerima beban yang berat.

  1. Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Berikutnya, cara mencegah nyeri lutut yaitu dengan melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga. Proses pemanasan bisa membuat otot di seluruh tubuh terbiasa dan siap untuk melakukan gerakan-gerakan lain yang lebih berat.

  1. Menggunakan pelindung lutut

Knee pad atau pelindung lutut bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya cedera yang menimbulkan rasa sakit di lutut ketika beraktivitas. Ketika ingin berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya, gunakanlah pelindung lutut jika lutut Anda rentan sakit, atau rentan cedera. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai langkah pencegahan sebelum rasa nyeri tersebut datang.

pelindung lutut knee pad

Mencegah nyeri lutut memang sangat penting, karena bila sudah sakit, diperlukan banyak waktu, tenaga dan tentunya biaya untuk mengatasinya.

Jika Anda ingin mengobati nyeri lutut, pastikan untuk menggunakan layanan jasa klinik kami. Dengan ditangani dokter serta terapis yang berpengalaman, keluhan sakit lutut Anda bisa diatasi lebih cepat. Segera hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561