Flex-Free Clinic Pusat Rehabilitasi dan Pengobatan Terapi Untuk Nyeri Bahu Terbaik

05 Agustus 2022 , Flex Free
05 Agustus 2022
Flex Free

Nyeri bahu merupakan rasa nyeri yang mempengaruhi salah satu atau kedua bahu. Kondisi ini  termasuk sebagai masalah kesehatan yang melibatkan sistem otot dan tulang belakang. Spesialis ahli bedah tulang (ortopedi) menjadi kebidangan yang dibutuhkan untuk masalah tersebut. Flek-Free Clinic hadir sebagai pusat pengobatan sendi dengan terapi untuk nyeri bahu.

Kami merupakan salah satu klinik pengobatan dan rehabilitasi yang menangani berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit sendi, syaraf, tulang dan juga otot. Tim kami merupakan orang-orang spesialis kedokteran, dan ahli terapis yang berpengalaman. Sehingga mampu menyembuhkan pasien untuk kembali beraktivitas secara normal.

Pentingnya Terapi untuk Nyeri Bahu, Demi Mencegah Munculnya Penyakit Serius

Nyeri bahu merupakan kondisi dimana bahu terasa sakit dan terasa nyeri yang begitu hebat. Kondisi ini dapat digolongkan berdasarkan penyebab rasa nyeri, titik rasa nyeri, dan tingkat keparahan nyeri. Mengingat rasa nyeri pada bahu bisa dikategorikan sebagai masalah penyakit biasa dan bahkan serius.

Obat Antiinflamasi Non Steroid seperti ibuprofen hanya dapat mengurangi rasa nyeri dari peradangan bahu. Untuk itu, perlu sebuah tindakan pengobatan yang baik untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, khususnya agar pasien bisa mendapatkan kesehatannya kembali. Dan penyembuhan secara total untuk mencegah sebelum munculnya penyakit serius.

Flex-Free Clinic akan memberikan berbagai tindakan terapi untuk mengatasi nyeri bahu, dan juga akan membantu pasien untuk kembali beraktivitas dengan normal. Dapatkan layanan pengobatan nyeri bahu dari Flek-Free Clinic segera. Karena kami merupakan salah satu pusat pengobatan sendi termasuk terapi nyeri bahu.

Beberapa Terapi untuk Nyeri Bahu yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri

Kondisi nyeri bahu memang sangat mengganggu, terutama jika rasa nyeri pada bahu disertai dengan rasa tegang atau kaku. Kondisi ini mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat hebat, bahkan bisa menjalar ke bagian kepala. Cedera kepala, leher, ketegangan otot, stress, dan penyakit tertentu dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri bahu.

Rasa nyeri pada bahu umumnya dapat diatasi dengan aktivitas tertentu. Misal olahraga, menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga konsumsi makanan bergizi. Namun tingkat penyembuhan yang bisa dilakukan tergantung dari level gejalanya. Berikut beberapa terapi penyembuhan nyeri bahu yang dapat dilakukan secara mandiri.

  1. Aktif Bergerak

Semakin aktif dalam bergerak, semakin kebal pula sistem imun untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit. Keaktifan dalam bergerak dapat membuat jaringan otot dan sendi menjadi lentur, dan bebas dari rasa kaku. Termasuk sendi bahu, sistem sendi bahu yang terus aktif untuk digerakkan dapat menghindarkan rasa nyeri pada bahu.

  1. Latihan Stabilitas

Stabilitas sendi merupakan kemampuan sendi untuk bisa menahan posisi tubuh secara stabil. Latihan stabilitas juga merupakan salah satu bentuk senam kebugaran tubuh untuk mencegah terjadinya cedera pada ligamen, tendon, dan otot di sekitar sendi bahu. Stabilitas juga menjadi terapi yang tepat untuk menghindarkan pasien dari nyeri sendi.

  1. Menjaga Postur Tubuh

Postur tubuh memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Menjaga postur tubuh berarti menjaga kesehatan otot, tulang, dan saraf dari resiko cedera serius. Selain dapat menghindarkan nyeri bahu, menjaga postur tubuh juga bisa melancarkan sistem pernafasan, dan memperlancar pencernaan.

  1. Mengelola Stress

Stress merupakan perubahan reaksi pada tubuh terutama saat menghadapi ancaman, tekanan, dan situasi. Stres dapat melepaskan hormon adrenalin dan kortisol, yang dapat memicu detak jantung, tekanan darah, dan pernafasan menjadi lebih cepat. Bahkan kondisi otot juga ikut tegang. Mengelola stress menjadi pilihan utama untuk menghindari gejala-gejala tersebut.

  1. Istirahat Cukup

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah keseimbangan antara latihan pergerakan dan istirahat. Walaupun latihan pergerakan sangat penting untuk menjaga sendi bahu, namun istirahat yang cukup juga menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas gerak tubuh. Setidaknya Anda harus bisa membagi keseimbangan agar usaha yang ingin dicapai tidak sia-sia.

ESWT Prosedur Penanganan Penyakit, Berupa Terapi untuk Nyeri Bahu

Sendi bahu merupakan sendi yang memiliki mobilitas paling tinggi, dari pada persendian lain yang dimiliki oleh manusia. Struktur persedian yang berbentuk “ball and socket” menjadikan ruang gerakan sendi bahu lebih luas. Dan di sekitar persendian bahu juga terdapat jaringan yang berfungsi untuk mempertahankan posisi persendian.

Dari kebanyakan kasus, nyeri bahu sering kali disebabkan oleh efek yang spesifik, missal saat melakukan gerakan-gerakan tertentu. Namun rasa nyeri pada sendi juga kerap disebabkan oleh kondisi general, seperti peradangan sendi atau arthritis. Misal gangguan pada leher yang menjalar dan dapat dirasakan sampai sendi bahu.

ESWT “Extracorporeal Wave Therapy” merupakan salah satu tindakan terapi non invasive, yang melibatkan gelombang kejut “shockwave” sebagai pereda nyeri. ESWT banyak digunakan untuk mengatasi masalah sendi dan otot, terutama rasa nyeri pada jaringan lunak. Misal jaringan otot tendon yang membungkus sekeliling tulang (rotator cuff).

Terapi ESWT juga merupakan terapi yang unggul, karena prosedur yang tidak memerlukan anestasi. Bahkan hampir tidak ada efek samping yang dapat ditimbulkan setelah proses terapi. Terapi tersebut akan bereaksi secara langsung pada jaringan syaraf, dan akan menghilangkan rasa nyeri seketika.

Bagaimana tidak? ESWT melibatkan alat khusus yang berfungsi untuk memancarkan gelombang kejut akustik melalui kulit. Gelombang akan diarahkan ke bagian rotator cuff, atau langsung pada titik masalah. Sehingga proses penyembuhan jauh lebih cepat dari pada prosedur pengobatan terapi yang lain.

Prosedur penyembuhan relative cepat, karena hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit. Selama prosedur ESWT berlangsung, pasien akan merasakan sedikit nyeri akibat gelombang kejut. Namun kekuatan gelombang kejut dapat diatur oleh dokter, tergantung dari kadar yang diperlukan.

Ajaibnya setelah menjalani terapi ESWT pasien dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Namun tetap dengan resep obat pereda nyeri dan anti peradangan. Pemberian terapi es tidak dianjurkan karena dapat menghambat penyembuhan pasca prosedur ESWT. Setidaknya butuh 3 sesi untuk mendapatkan hasil maksimal, dengan tingkat keberhasilan 90%.

Keunggulan Terapi ESWT “Extracorporeal Wave Therapy”

  1. Tindakan pengobatan non invasive
  2. Pasien dapat beraktivitas dalam waktu yang singkat
  3. Hampir tidak ada efek samping pasca pengobatan
  4. Prosedur pengobatan tidak memakan waktu lama, yakni hanya membutuhkan waktu yang tidak lebih dari 15 menit.
  5. Terapi dapat bereaksi secara langsung pada jaringan syaraf. Dan seketika akan menghilangkan rasa nyeri.

Bila Anda mengalami gangguan nyeri kronis yang sama, segera konsultasikan ke klinik terdekat seperti kami. Flex-Free Clinic merupakan salah satu pusat pengobatan penyakit muskuloskeletal. Atau penyakit yang mengganggu fungsi sendi, otot, lingamen, saraf, tendon, dan tulang belakang.

Tunggu apa lagi? Segera konsultasikan penyakit sendi dan otot Anda hanya di Flex-Free Clinic. Yakni selaku pusat pengobatan musculoskeletal, yang terdiri dari orang-orang spesialis di bidang kedokteran, dan ahli terapis yang telah berpengalaman.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Sekarang ini ada banyak sekali tempat yang menyediakan layanan fisioterapi, mulai dari klinik hingga rumah sak

ARTIKEL KESEHATAN

Tulang bahu sakit membuat Anda tidak leluasa menggerakkan bahu dan melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi ji

ARTIKEL KESEHATAN

Nyeri lutut sering dikaitkan dengan orang tua atau lansia, tapi tahukah Anda, keluhan nyeri lutut juga bisa di

ARTIKEL KESEHATAN

Saraf kejepit di punggung atau dalam dunia medis disebut dengan hernia nukleus pulposus dapat menimbulkan rasa

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung