Lutut Bagian Belakang Sakit, Simak 9 Cara Mengatasinya Dengan Tepat dan Aman

Kamis, 02 Juni 2022
Flex Free
Kamis, 02 Juni 2022
Flex Free

Memiliki masalah kesehatan lutut bagian belakang sakit, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman hingga berlebih sehingga menghambat Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Rasa sakit tersebut dapat diatasi dengan berbagai solusi, baik dilakukan secara mandiri di rumah maupun memeriksakannya kepada dokter. Anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan kesehatan lutut bagian belakang yang sakit tersebut kepada kami Flex-free Clinic. Kami akan melakukan penanganan yang aman dan tepat sehingga lutut bagian belakang Anda dapat sehat kembali.

Lutut sakit tersebut muncul karena berbagai faktor sehingga tidak bisa ditangani secara sembarangan. Berikut cara mengatasi lutut bagian belakang yang terasa sakit dengan aman dan tepat di bawah ini.

Cara Mengatasi Lutut Bagian Belakang Sakit Dengan Tepat dan Aman

Jika Anda mengalami kondisi tubuh seperti terjadinya pembengkakan dan kekakuan pada area lutut, lutut berwarna kemerahan serta ketika disentuh terasa hangat, lutut terasa lemah, tidak stabil, hingga tidak bisa diluruskan, bisa saja Anda mengalami masalah kesehatan pada lutut tulang belakang.

Masalah tersebut bisa saja terjadi karena Anda mengalami berat badan yang berlebih, otot yang tidak fleksibel dan kuat, olahraga serta aktivitas lainnya yang berlebihan dan dilakukan dengan salah, pernah mengalami cedera lutut.

Jika Anda sedang dalam kondisi dan memiliki riwayat kesehatan seperti di atas, maka Anda harus dapat segera menanganinya dengan tepat. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan rasa sakit yang muncul pada lutut bagian belakang tidak semakin parah.

Tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi lutut bagian belakang sakit mulai dari kondisi ringan hingga serius yang kami sajikan di bawah ini.

  1. Melakukan Operasi

Rasa sakit pada lutut bagian belakang yang berlebih hingga terasa semakin parah, Anda bisa saja direkomendasikan untuk melakukan operasi. Namun sebelum itu, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah kondisi tubuh Anda sesuai dengan prosedur untuk dapat melakukan operasi.

Selain itu, dokter akan memberikan pilihan terbaik untuk Anda mengenai penanganan masalah kesehatan Anda ini. Dokter biasanya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan jika Anda memilih untuk melakukan operasi. Dokter juga akan memberikan berbagai alternatif  jenis pengobatan lainnya baik yang bersifat kimia maupun alami untuk mengatasi lutut bagian belakang Anda dengan tepat dan efektif.

  1. Menggunakan Obat-obatan Kimia dan Mengkonsultasikan Kepada Dokter

Obat-obatan kimia yang diproduksi oleh perusahaan farmasi, dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi rasa sakit pada lutut bagian belakang Anda. Jenis obat-obatan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakit tersebut seperti:

  1. Obat non steroid anti inflamasi atau NSAID, seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen.
  2. Obat kortikosteroid, baik berupa oral maupun injeksi.
  3. Obat analgesic.

Obat-obatan tersebut dapat membantu proses pemulihan masalah kesehatan Anda dengan lebih cepat.

Namun, dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut jangan sampai salah apalagi disalahgunakan dan dikonsumsi tidak sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Untuk mencegah mengkonsumsi obat-obatan yang salah, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk memberitahukan kepada dokter mengenai kondisi tubuh Anda yang sebenarnya, tidak perlu menutup-nutupinya. Hal tersebut dilakukan agar dokter dapat memberikan resep obat sesuai dengan kondisi tubuh Anda, sehingga dapat mencegah rasa sakit semakin parah hingga munculnya penyakit lainnya.

  1. Menggunakan Pengobatan Alami

Menggunakan obat-obatan alami seperti jahe, kunyit, hingga kulit pohon pillow, dapat membantu dalam mengatasi lutut bagian belakang sakit. Anda bisa mengkonsumsi ekstraknya sebagai pengobatan. Anda bisa menggunakan cara ini jika lebih nyaman dan terbiasa menggunakan pengobatan alami, sehingga akan lebih cocok dan efektif untuk tubuh Anda.

  1. Menggunakan Pengobatan Tradisional

Akupuntur, merupakan salah satu pengobatan tradisional dari Tiongkok. Akupuntur ini dapat Anda coba untuk mengatasi rasa sakit pada lutut bagian belakang Anda dengan cara menusukkan jarum ke area yang sakit.

  1. Istirahat Dengan Cukup

Selalu lakukanlah istirahat dengan cukup terutama pada bagian lutut, apalagi ketika Anda selesai melakukan pekerjaan maupun mengangkat beban yang berat dan berlebih yang membuat mempengaruhi kesehatan lutut. Anda bisa melakukan dengan meninggikan lutut menggunakan bantal sebagai pengganjalnya. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun jika Anda beristirahat secara berlebihan atau terlalu banyak, malahan bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain, seperti melemahnya otot dan memperparah kondisi nyeri sendi.

  1. Melakukan Kompres Pada Bagian Lutut Belakang yang Sakit

Dengan melakukan kompres pada lutut bagian belakang Anda yang terasa sakit, ternyata dapat menjadi salah satu cara mengatasi dan meredakan rasa sakit tersebut. Anda bisa melakukan kompres dengan menggunakan air es maupun hangat. Lakukanlah kompres secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga dapat melakukan perban pada area lutut belakang yang terasa sakit untuk meminimalisir terjadinya gerakan pada lutut yang menyebabkan beban berlebih.

  1. Melakukan Olahraga Dengan Rutin

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan benar, Anda bisa menurunkan berat badan dengan tepat dan alami. Dengan olahraga ini Anda mengelola berat badan menjadi lebih ideal. Sehingga dapat menghilangkan rasa sakit pada lutut bagian belakang dan pencegahan agar tidak muncul kembali.

Olahraga yang bisa Anda coba berenang, jogging, jalan santai, maupun peregangan ringan yang tidak memberikan beban berlebih pada lutut.

  1. Melatih Stabilitas Otot di Area Lutut Bagian Belakang

Dengan melatih stabilitas otot di area lutut bagian belakang, dapat membantu Anda dalam meredakan rasa sakitnya. Gerakan pada stabilitas otot ini dapat melatih kekuatan otot, menjaga sirkulasi darah, dan elastisitas otot dengan baik.

  1. Menggunakan Sepatu yang Cocok Ketika Beraktivitas

Meskipun terlihat sepele, tetapi dengan menggunakan sepatu yang cocok ketika beraktivitas dapat menangani rasa sakit pada lutut bagian Anda. Hindarilah menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi seperti high heels. Sepatu yang memiliki hak tinggi tersebut dapat membuat beban bertumpu pada lutut semakin banyak sehingga rasa sakit dapat semakin parah.

Atasi Lutut Bagian Belakang Sakit Anda Dengan Aman Tepat Hanya di Kami Flex-free Clinic!

Kami Free Flex Clinik, klinik rehabilitasi medik khusus muskuloskeletal dapat membantu Anda dengan tepat dan aman dalam mengatasi masalah kesehatan pada lutut bagian belakang Anda yang terasa sakit. Berbagai jenis pelayanan yang dapat Anda pilih untuk penanganan masalah kesehatan seperti:

  1. DTS

DTS atau Spinal Decompression Treatment merupakan jenis layanan kami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan saraf kejepit tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan serta tanpa operasi.

Selain itu, juga terdapat layanan untuk terapi spinal. Terapi ini merupakan salah satu jenis terapi tanpa melakukan operasi dengan menggunakan suatu alat tarik khusus yang digunakan untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang.

  1. ESWT

ESWT atau Extracorporeal Shock Wave Therapy merupakan salah satu layanan kami yang dapat digunakan sebagai terapi non invasif untuk meredakan nyeri. Terapi ini, menggunakan gelombang kejut yang diarahkan ke bagian tubuh Anda yang sakit.

  1. Exercises

Layanan exercises ini meliputi berbagai kegiatan latihan seperti:

  1. Peregangan pada ankle atau pergelangan kaki
  2. Peregangan leher dan punggung atas
  3. Penguatan dan peregangan bahu
  4. Penguatan leher dan punggung atas
  5. Latihan pada bagian panggul
  6. Latihan pada pergelangan kaki
  7. Latihan pada punggung bawah
  8. Latihan pada punggung atas
  9. Latihan pada lutut
  10. Latihan pada leher dan bahu
  11. Latihan untuk masalah kesehatan saraf kejepit

Pilihlah pelayanan exercise ini sesuai kondisi masalah kesehatan Anda untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan dengan tepat dan hasil yang maksimal.

  1. Fisioterapi

Pada layanan fisioterapi, kami melayani penanganan terapi laser, terapi kinesio tape, terapi lilin atau paraffin bath, terapi ultrasound, terapi stimulasi listrik, dan terapi pemanasan infrared.

  1. Layanan Tindakan Medis

Kami menerima layanan konsultasi online untuk lebih memudahkan Anda dalam menerima akses layanan kesehatan pada otot, tulang, dan sendi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Customer Service kami melalui nomor WhatsApp +62 858 5864 6477 atau pada nomor +62 815 7200 4801.  

Kami juga menyediakan pengobatan prolotherapy dan regenerasi medis, merupakan teknik pengobatan terkini yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan pada otot, tulang, dan sendi.

  1. Scoliosis Treatment Center

Layanan scoliosis treatment center, Anda dapat menikmati pelayanan pada penanganan scoliosis yang merupakan kelainan pada tulang belakang yang melengkung.

  1. USG Musculoskeletal

Kami dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pemeriksaan ultrasonografi atau USG pada musculoskeletal Anda dengan mudah dan cepat.

Dalam memberikan pelayanan kepada Anda, kami telah dilengkapi dengan teknologi modern yang canggih sehingga akan lebih memudahkan dalam melakukan pemeriksaannya.

Segera gunakan pelayanan kami Flex Free Clinic untuk penanganan lebih lanjut pada lutut bagian belakang sakit Anda dengan tim dokter yang berpengalaman dan profesional.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya