Tips Berlibur Tanpa Sakit Punggung

14 Desember 2022 , Flex Free
14 Desember 2022
Flex Free

Libur akhir tahun segera tiba, ke mana Anda merencanakan liburan kali ini?

Ke manapun Anda akan pergi berlibur, tentu Anda tidak ingin liburan terganggu dengan sakit punggung atau sakit otot lainnya.

Bagaimana cara menghindari sakit punggung saat liburan? Simak informasinya berikut ini.

Tips Berlibur Tanpa Sakit Punggung

Sakit punggung saat berlibur sayangnya sering kita alami, terutama ketika berlibur jarak jauh menggunakan mobil, kereta, ataupun pesawat terbang.

Lalu, bagaimana cara menghindari sakit punggung agar liburan Anda tetap nyaman? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

  • Sering bergerak

Meskipun sedang bepergian atau berlibur, penting untuk tetap aktif untuk mencegah sakit punggung. Ganti posisi Anda setiap 30 menit, meskipun hanya sedikit perubahan, untuk membantu mencegah sakit punggung.

Ketika kita duduk dalam waktu lama (menyetir atau duduk di dalam bis, kereta, atau pesawat) kita dapat dengan mudah mengalami sakit punggung, bila memungkinkan, berdiri setiap 60–90 menit dan berjalan untuk mengurangi sakit punggung.

  • Gunakan bantal khusus (atau handuk yang digulung atau botol air minum, bila tidak memungkinkan menggunakan bantal khusus) untuk menopang punggung pada perjalanan yang panjang.
  • Gunakan bantal leher bila Anda menghabiskan waktu tidur di perjalanan.
  • Bila Anda mengantri dalam waktu lama (misal mengantri di bandara), berdirilah dengan beban tubuh yang tersebar merata di kedua kaki.
  • Gunakan teknik mengangkat benda berat yang benar, ketika mengangkat tas atau barang bawaan Anda untuk menghindari sakit punggung. Hindari memutar punggung bawah ketika mengangkat beban.
  • Bila Anda membawa tas bahu, jangan hanya membawa tas di satu sisi, ganti posisi tas bergantian.
  • Duduk dengan tegak. Jangan membungkuk atau melengkungkan bahu karena memberikan tekanan tambahan pada tulang belakang.
  • Jaga posisi tungkai di sudut yang tepat. Kaki datar di lantai dan lutut sekitar setinggi panggul untuk menghindari tekanan pada punggung bawah. Bila kaki Anda tidak menyentuh lantai, gunakan penyangga kaki yang tersedia, atau gunakan barang bawaan Anda (misal tas) sebagai penopang kaki.
  • Bawa obat-obat anti nyeri Anda. Bila Anda sudah mengalami sakit punggung sebelumnya dan memiliki obat (baik dari dokter ataupun mengkonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas), jangan lupa untuk membawa obat-obat tersebut.

Anda juga dapat mengkonsumsi obat tersebut sebelum melakukan perjalanan (setidaknya satu jam sebelum berangkat). Simpan obat-obatan dalam tas atau tempat yang mudah dijangkau. Berikan label pada obat-obatan yang Anda bawa untuk keamanan.

  • Gunakan kompres hangat dan dingin bergantian.

Bila selama perjalanan sakit punggung Anda kambuh, Anda dapat menggunakan kompres hangat dan dingin bergantian. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Bila Anda membawa ice-gel, Anda bisa menitipkannya pada pramugari untuk dimasukkan di dalam lemari es. Kompres hangat dapat membantu meredakan dan merelaksasi otot yang tegang. Anda dapat meminta air hangat untuk mengisi botol kompres Anda.

Gunakan lapisan pelindung antara kulit Anda dengan ice-gel atau botol kompres untuk menghindari luka terbakar (panas ataupun dingin).

Selamat berlibur! Semoga liburan Anda menyenangkan dan bebas sakit punggung.

 

 

 

 

 

Referensi:

  • https://www.healthpartners.com/blog/prevent-back-pain-while-traveling/
  • https://www.neurosurgeryone.com/blog/tips-for-reducing-back-pain-while-traveling/
  • https://www.spine-health.com/blog/9-quick-back-pain-tips-airplane-rides

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Anda merasa tidak melakukan pekerjaan berat atau tidak mengalami cedera, tetapi selalu merasakan nyeri punggun

ARTIKEL KESEHATAN

Apakah Anda pernah mengalami nyeri bahu dan lengan kiri hingga mengganggu ketika beraktivitas? Sungguh merepot

ARTIKEL KESEHATAN

Pundak dan leher kaku biasanya disertai oleh rasa nyeri bahu. Penyebabnya pun bisa karena beberapa faktor mula

ARTIKEL KESEHATAN

Keluhan sakit di tempurung lutut merupakan satu hal yang sering membawa seorang pasien ke praktik dokter.

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung