Nyeri Lutut pada Lansia

15 Mei 2020 , Flex Free
15 Mei 2020
Flex Free

Ketika memasuki usia lanjut, seringkali keluhan yang dirasakan adalah nyeri lutut. Padahal Anda rajin berolahraga dan makan makanan sehat, mengapa lutut masih terasa nyeri?. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

                 Seperti halnya sendi lainya, lutut juga dipengaruhi oleh waktu dan gravitasi. Seiring dengan pertambahan usia, sendi akan mengalami kerusakan. Ketika memasuki usia senja (di atas 65 tahun) kemungkinan mengalami nyeri lutut akan semakin besar.

Apa Penyebab Nyeri Lutut?

Nyeri lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk karena kelebihan berat badan atau obesitas, penyakit rheumatoid arthritis, atau karena trauma. Akan tetapi penyebab yang sering adalah karena penyakit osteoarthritis.

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis umumnya dikenal dengan sebutan pengapuran tulang, meskipun istilah tersebut kurang tepat. Osteoarthritis adalah penyakit peradangan pada sendi akibat proses degenerasi tulang rawan. Ketika usia bertambah, cairan sendi akan menurun, sehingga sendi menjadi lemah dan rentan mengalami kerusakan.

penyebab nyeri lutut pada lansia

Sumber gambar: osmsgb.com

Bagaimana Gejala Penyakit Osteoarthritis?

Gejala dari penyakit osteoarthritis adalah nyeri dan kaku pada sendi ketika bergerak. Sendi juga terkadang bengkak. Fleksibilitas sendi menghilang dan ada sensasi berderak disertai bunyi klik. Penyakit osteoarthritis dapat memburuk karena beberapa hal, misalnya:

  1. Menunda pengobatan. Mengabaikan nyeri yang muncul dapat memperburuk penyakit karena semakin lama sendi akan semakin rusak dan sendi lain yang mengkompensasi juga dapat mengalami cedera.
  2. Tidak melakukan penguatan otot di sekitar sendi. Menguatkan otot di sekitar sendi yang bermasalah dapat mengurangi nyeri. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda olahraga yang sesuai.
  3. Dehidrasi. Tulang rawan terdiri dari 70 – 80% air. Kekurangan air akan menyebabkan nyeri yang dirasakan lebih berat.
  4. Kelebihan berat badan. Semakin tinggi berat badan, semakin besar tekanan yang diterima sendi dan semakin besar kerusakan yang terjadi. Menjaga berat badan ideal adalah cara yang baik untuk mencegah osteoarthritis dan masalah kesehatan lainnya.

Bagaimana Penyakit Osteoarthritis Diobati?

Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini, akan tetapi penanganan yang tepat baik waktu maupun caranya, dapat mengurangi dampak dari penyakit ini terhadap kualitas hidup penderitanya.

Penanganan tanpa operasi dari osteoarthritis misalnya fisioterapi untuk menguatkan otot dan memperbaiki fleksibilitas sendi, penggunaan obat-obat anti nyeri dan anti radang untuk meredakan nyeri. Bisa juga dengan injeksi asam hyaluronat bila pasien tidak merespons obat-obatan dan fisioterapi. Bila penanganan non operasi tidak berhasil, mungkin diperlukan penanganan operasi, misalnya prosedur arthroplasti dan arthroskopi.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit osteoarthritis dalam artikel berikut ini: "Nyeri Lutut akibat Osteoarthritis"

  1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi serta organ dan jaringan tubuh. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi mungkin faktor genetik dan lingkungan ikut berperan. 

Biasanya penyakit ini menyerang sendi-sendi kecil, misalnya tangan, kaki, pergelangan tangan dan pergelangan kaki, tetapi pada kasus yang lebih berat juga dapat menyerang bahu, siku, panggul dan lutut.

rheumatoid arthritis lutut

Sumber gambar: www.msk.org.au

Bagaimana Gejala Penyakit Rheumatoid Arthritis?

Penyakit ini menyebabkan timbulnya rasa nyeri, kaku, bengkak dan kemerahan pada sendi yang terkena, terutama di pagi hari. Penyakit ini dapat memburuk karena penderitanya:

  1. Menunda pengobatan.
  2. Merokok.
  3. Kurang beraktivitas (menjalani gaya hidup sedenter).

Bagaimana Penyakit Rheumatoid Arthritis Diobati?

Penyakit ini belum ada obatnya. Penanganan yang ada ditujukan untuk mengurangi dampaknya terhadap kualitas hidup penderitanya. Seperti penyakit osteoarthritis, penyakit ini ditangani dengan metode non operasi dan operasi bila kerusakan sendi sudah berat.

Penanganan non operasi misalnya dengan fisioterapi, obat anti nyeri dan anti radang, selain itu bisa dengan obat-obat khusus untuk penyakit rheumatic dan imunoterapi. Penanganan dengan operasi yaitu dengan arthroplasty, arthroscopy, arthrodesis, dan synovectomy.

  1. Robekan Tendon Lutut

Biasanya robekan tendon dialami oleh atlet, akan tetapi, para lansia juga dapat mengalaminya karena degenerasi tendon.

Bagaimana Gejala Robekan Tendon?

Gejala robekan tendon lutut adalah nyeri, dan pembengkakan sendi. Bila kerusakan semakin berat, nyeri akan semakin memburuk. Bila tendon robek seluruhnya, dapat terdengar suara letupan, penderitanya akan sulit berjalan dan tempurung lutut dapat bergeser ke atas ke arah paha. Seperti halnya osteoarthritis, robekan tendon akan semakin memburuk bila penderitanya juga menunda pengobatan.

Bagaimana Robekan Tendon Diobati?

Robekan tendon yang kecil mungkin tidak memerlukan operasi. Anda mungkin hanya harus menggunakan brace (penyangga) selama 4–8 minggu bergantung pada tingkat kerusakan dan mungkin Anda akan diresepkan obat-obat anti nyeri, anti radang dan menjalani fisioterapi. Pada robekan yang berat atau robek total, diperlukan operasi segera.

Penanganan Nyeri Lutut yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Modifikasi perilaku dapat mencegah dan mengurangi nyeri pada lutut.

  1. Mengurangi berat badan. Bila Anda kelebihan berat badan, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan, penurunan berat badan sekitar 5 kilogram dapat mengurangi risiko osteoarthritis lutut sekitar 50%.
  2. Berolahraga. Dianjurkan untuk berolahraga selama 40 menit sehari, tiga hingga empat kali seminggu. Olahraga air lebih disarankan karena dapat mengurangi beban pada sendi. Selain itu olahraga lainnya misalnya bersepeda, jalan kaki dan latihan dengan impact rendah.
  3. Menggunakan alas kaki yang tepat. Gunakan alas kaki yang lembut.
  4. Berhenti merokok. Berhenti merokok dapat bermanfaat untuk kesehatan secara umum dan khususnya membuat respons terhadap pengobatan menjadi lebih baik.
  5. Mengkonsumsi antinyeri. Sebaiknya untuk penggunaan antinyeri, Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena obat-obat antinyeri dapat memiliki efek samping dan mungkin saja dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain yang sudah Anda konsumsi sebelumnya.
  6. Menggunakan kompres. Anda dapat mencoba menggunakan kompres, hangat atau dingin, Anda dapat mencoba keduanya. Jangan gunakan lebih dari 20 menit setiap kali mengompres.
  7. Mengkonsumsi suplemen. Beberapa tahun terakhir, berbagai penelitian menunjukkan bahwa glukosamin dan kondroitin sulfat dapat membantu mengurangi nyeri akibat osteoarthritis. Selain itu, suplemen tersebut, terutama glukosamin dapat memperlambat, atau bahkan menghentikan progresi penyakit osteoarthritis. Akan tetapi, pastikan suplemen glukosamin yang Anda konsumsi adalah glukosamin sulfat terkristalisasi. Karena menurut penelitian, hanya glukosamin sulfat terkristalisasi yang dapat memberikan manfaat bagi sendi.

Apabila keluhan nyeri lutut Anda dirasakan sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter, jangan menunda pengobatan karena dapat memperburuk penyakit dan menyulitkan proses penyembuhan.

 

 

 

 

Referensi:

  • https://www.mountelizabeth.com.sg/healthplus/article/joint-pain-types
  • https://www.retireathome.com/care-seniors-knee-pain/
  • https://www.webmd.com/osteoarthritis/features/joint-pain-management-age#1

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: www.slowburnpersonaltraining.com Semua orang yang berolahraga, terutama atlet, memahami bahw

ARTIKEL KESEHATAN

Tulang belakang merupakan penyangga utama tubuh, tanpanya kita tidak akan dapat berdiri tegak. Selain seba

ARTIKEL KESEHATAN

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat memicu timbulnya keluhan ny

ARTIKEL KESEHATAN

Seringkali Anda bingung dengan keluhan nyeri yang tiba-tiba timbul dan pada akhirnya mengganggu aktivitas Anda

Informasi CS Hub. 085858646477