Sindrom Outlet Dada; Salah Satu Penyebab Jari Tangan Kesemutan

Rabu, 11 Mei 2016
Flex Free
Rabu, 11 Mei 2016
Flex Free

Di daerah dada bagian atas, antara pangkal leher dan ketiak terdapat lorong yang dikenal dengan istilah outlet dada

Outlet dada dibentuk oleh tulang rusuk dan tulang selangka dan dikelilingi oleh otot, jaringan lunak, jaringan ikat dan dilalui oleh saraf dan pembuluh darah.

Anatomi Outlet Dada

Anatomi Outlet dada

Saraf dan pembuluh darah yang melewati lorong tersebut dapat terjepit atau tertekan oleh otot dan jaringan lunak yang membesar atau karena kelainan anatomi di outlet dada.

Anatomi Saraf dan Pembuluh Darah di Outlet Dada

Anatomi saraf dan Pembulu hadrah di outlet dada

Aktivitas angkat berat, berenang, polo air, baseball, tenis, golf dan semua aktivitas yang menggerakkan lengan dan bahu hingga di atas kepala (gerakan overhead).

Aktivitas tersebut dapat membuat otot-otot di area outlet dada membesar dan menyebabkan penekanan atau kompresi saraf dan atau pembuluh darah sehingga timbul gejala jari tangan kesemutan.

Beberapa Aktifitas dengan Gerakan Overhead Pemicu Terjadinya Sindrom Outlet Dada

aktifitas overhead pemicu sindrom outlet dadaaktifitas overhead pemicu sindrom outlet dada

Gejala sindrom outlet dada (Thoracic Outlet Syndrome) bervariasi, bergantung pada tingkat keparahan penekanan dan jaringan yang lebih dominan tertekan (saraf atau pembuluh darah).

Namun gejala umum yang timbul adalah nyeri bahu, jari tangan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tangan. Kadang disertai perubahan warna pada lengan dan tangan, dan tangan mudah lelah.

anatomi sindrom outlet dada

Uji atau tes Provokasi dengan melakukan beberapa tes untuk memicu gejala, sering dilakukan untuk memastikan diagnosis sindrom outlet dada (Thoracic Outlet Syndrome).

Pemeriksaan lain, seperti X-Ray, USG muskuloskeletal, CT-scan dan MRI kadang dibutuhkan untuk memastikan penyebab dan menyingkirkan kemungkinan sebab yang lain.

Pengobatan sindrom outlet dada (Thoracic Outlet Syndrome) umumnya bersifat konservatif (non operasi).

Selain fisioterapi yang bertujuan untuk meredakan gejala/keluhan nyeri, penting untuk melakukan latihan fisik yang teratur, terarah sesuai dengan instruksi dokter yang tepat.

Terapi operatif hanya dilakukan bila terapi konservatif tidak memberikan hasil yang nyata, dan keluhan semakin bertambah parah atau sejak awal telah timbul gangguan neurologis yang berat.

Informasi lebih lanjut, baca :: SINDROM OUTLET DADA (THORACIC OUTLET SYNDROME). Penyebab Nyeri Bahu dan Tangan Kesemutan


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya