Fisioterapi untuk Mengatasi Masalah otot, Tulang dan Sendi

Jumat, 28 Januari 2022
Flex Free
Jumat, 28 Januari 2022
Flex Free

Keluhan atau penyakit pada otot, tulang dan sendi sering kita alami, mulai dari keluhan ringan hingga berat, dengan berbagai sebab. Fisioterapi hadir sebagai salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi keluhan-keluhan tersebut.

Fisioterapi sebagai Solusi untuk Keluhan Otot, Tulang dan Sendi

Adanya masalah tertentu pada sistem gerak pada tubuh, yaitu otot, tulang dan sendi, apabila tidak ditangani dengan tepat maka kondisinya bisa semakin berat karena digunakan setiap hari.

Fisioterapi membantu mengembalikan gerak dan fungsi ketika seseorang mengalami cedera, terkena penyakit atau mengalami disabilitas. Fisioterapi juga membantu memperbaiki aktivitas fisik dan mengurangi risiko cedera atau penyakit di kemudian hari.

Pengobatan fisioterapi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Dibutuhkan adanya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan keluhan Anda.

Fisioterapi bisa digunakan bila Anda mengalami beberapa masalah yang ada di bawah ini.

  1. Gangguan Pada Saraf

Gangguan pada saraf dapat menimbulkan masalah yang serius bila tidak dilakukan pengobatan yang benar, karena bisa menimbulkan gangguan fungsi pada tubuh yang permanen. Fisioterapi dapat digunakan sebagai salah satu bentuk terapi pada gangguan saraf.

Fisioterapi dapat membantu meredakan nyeri akibat jepitan saraf dan membantu mengaktifkan/melemaskan otot-otot yang kaku akibat penyakit saraf.

Sebelum menjalani fisioterapi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis fisioterapi yang tepat untuk gangguan saraf Anda.

  1. Gangguan Pada Otot dan Tulang

Gangguan pada otot dan tulang bisa mengenai siapa saja, bentuk masalah atau penyakitnya pun bermacam-macam. Pada gangguan atau penyakit yang ringan, fisioterapi dapat dilakukan untuk membantu proses penyembuhan.

Fisioterapi untuk tulang biasanya diperlukan setelah cedera atau setelah operasi. Fisioterapi untuk tulang dapat menggunakan stimulasi listrik, terapi panas, dingin atau latihan kekuatan.

  1. Gangguan Pada Punggung dan Tulang Belakang

Perawatan dengan cara fisioterapi memang ampuh untuk mengurangi nyeri pada semua bagian tubuh. Tidak terkecuali dengan gangguan tubuh pada bagian punggung dan juga tulang belakang.

Namun, jika kondisi tidak kunjung membaik dan semakin berat, Anda mungkin memerlukan terapi dengan metode lainnya untuk mengatasi gangguan atau penyakit pada punggung atau tulang belakang Anda.

  1. Radang Sendi

Penyakit radang sendi paling sering dialami oleh orang lanjut usia, meskipun tidak menutup kemungkinan usia muda juga bisa mengalami penyakit ini.

Fisioterapi atau terapi fisik perlu dilakukan agar tidak terjadi kekakuan sendi yang meradang. Terapi fisik untuk radang sendi misalnya dengan terapi pemanasan, traksi, pemijatan dan latihan fisik.

Gangguan masalah gerak pada tubuh memang harus ditangani dengan benar agar masalah tidak berkepanjangan. Anda dapat berkonsultasi mengenai fisioterapi di klinik kami, Flex Free Clinic, untuk informasi lebih lanjut.

Waktu yang Tepat Melakukan Fisioterapi

Gangguan sistem gerak pada tubuh dapat menghambat semua aktivitas Anda. Apabila dibiarkan dan tidak segera diobati dengan benar, maka rasa sakit akan semakin berat. Bahkan pada kasus tertentu bisa tubuh Anda akan kesulitan bergerak atau tidak bisa digerakkan sama sekali.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka Anda harus mengobati masalah gangguan alat gerak tersebut dengan benar. Untuk keluhan gangguan sistem gerak tubuh yang ringan, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri (baca aturan pakai, dan kontraindikasinya), kompres dengan air hangat dan lain sebagainya.

Akan tetapi berbeda halnya jika keluhan yang Anda alami cukup berat, penyakit tidak kunjung membaik atau justru memburuk seiring waktu, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic memiliki layanan khusus fisioterapi untuk membantu mengatasi keluhan atau penyakit yang Anda alami. Tentunya sebelum menjalani terapi, Anda akan diperiksa oleh dokter-dokter ahli kami yang profesional dan ahli di bidangnya. Ketika menjalani terapi, Anda juga akan didampingi terapis kami yang sudah berpengalaman.

Beberapa jenis fisioterapi yang bisa Anda dapatkan di Flex Free Clinic diantaranya:

  1. Terapi Laser

terapi laser

Pada keluhan otot, tulang dan sendi, jenis laser yang digunakan berbeda dengan yang digunakan pada kulit dan operasi. Laser yang digunakan dapat menembus lebih dalam dibandingkan dengan laser yang digunakan pada kulit, dan berbeda dengan operasi, laser yang digunakan tidak merusak/memotong melainkan memiliki efek anti radang, anti nyeri dan regenerasi jaringan.

  1. Terapi Kinesio Tape

Kinesio tape adalah plester berperekat yang berbentuk seperti pita dan terbuat dari lateks. Penggunaan kinesio tape pada otot yang cedera dapat membantu menstabilkan dan menopang struktur otot, tendon, ligamen dan sendi yang sedang cedera, sehingga dapat tetap bergerak aktif, tanpa nyeri, sehingga aliran darah dan limfe tetap lancar, dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

  1. Terapi Paraffin Bath

Proses penyembuhan juga bisa dilakukan dengan terapi parafin bath ini. Terapi dilakukan dengan cara mencelupkan bagian yang sakit ke dalam lilin parafin. Terapi paraffin baik untuk mengurangi nyeri, kaku otot dan sendi.

  1. Terapi Ultrasound

Terapi ultrasound dapat memberikan efek pemanasan dan efek non pemanasan (efek mekanik, pemijatan dan biologis).

terapi ultrasound

Terapi ultrasound biasanya digunakan pada masalah pemendekan atau kejang otot, nyeri dan peradangan sendi, Entrapment syndrome (terjepitnya saraf tepi, misalnya: Carpal Tunnel Syndrome (CTS)), stimulasi pertumbuhan tulang pada patah tulang.

  1. Terapi Electrical Stimulation

Terapi ini dilakukan dengan adanya pengaruh listrik yang dilakukan di permukaan kulit, saraf, dan juga otot. 

Terapi stimulasi listrik banyak digunakan untuk masalah otot seperti mencegah kelemahan otot, menguatkan otot, menangani nyeri, menghilangkan bengkak dan membantu memperbaiki jaringan.

  1. Terapi Pemanasan Infrared

terapi infrared

Terapi infrared dapat memberikan beberapa efek fisiologis yang diperlukan untuk penyembuhan, mengurangi nyeri dan meningkatkan aliran darah sehingga oksigen meningkat, dan menigkatkan aktivitas enzim-enzim tertentu sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Terapi pemanasan dengan infrared ini juga dapat memberikan perasaan nyaman dan rileks sehingga dapat mengurangi nyeri karena ketegangan otot-otot.

Dapatkan terapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai hanya di Flex Free Clinic. Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera di website kami pada link berikut.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya