7 Pengobatan Radang Sendi Panggul

Kamis, 17 Februari 2022
Flex Free
Kamis, 17 Februari 2022
Flex Free

Seperti bagian tubuh lainnya, sendi panggul juga dapat mengalami peradangan. Bila sudah meradang, rasa sakit yang timbul akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana pengobatan radang sendi panggul? Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang sendi panggul?

Mari simak penjelasannya berikut ini.

7 Pengobatan Radang Sendi Panggul

Radang sendi panggul dapat disebabkan oleh berbagai hal, tetapi sebagian besar terjadi akibat penyakit degeneratif atau karena faktor usia, sehingga apabila tidak segera diatasi, gejala atau penyakit dapat bertambah berat.

radang sendi panggul

Semua jenis pengobatan radang sendi panggul bertujuan untuk mengatasi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas pasien sehingga dapat kembali melakukan kegiatan sehari-hari.

Berikut ini beberapa pengobatan radang sendi panggul, mulai dari yang bisa Anda lakukan di rumah, hingga penanganan lanjutan oleh dokter.

  1. Penurunan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa semakin memberatkan kerja persendian. Selain itu, kelebihan berat badan juga bisa memperberat peradangan.

Oleh karena itu, mengurangi berat badan dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan mempercepat penyembuhan.

Turunkan berat badan Anda dengan cara yang sehat, dengan mengkonsumsi makanan bergizi lengkap, sesuai dengan kebutuhan kalori per hari, dan berolahraga secara teratur.

Konsultasikan dengan dokter Anda olahraga atau aktivitas fisik yang aman untuk dilakukan.

  1. Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memperberat penyakit radang sendi, karenanya sangat penting untuk memperbaikinya sebelum terlambat.

Anda bisa memulai gaya hidup sehat dengan cara:

  • Menjaga pola makan sehat
  • Rajin berolahraga secara rutin
  • Tidak merokok atau minum alkohol
  • Tidur cukup
  • Mengelola stress
  1. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit bisa membantu meringankan gejala dari radang sendi panggul.

Bagi Anda yang memiliki gejala ringan, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit ringan yang banyak tersedia bebas di pasaran, misalnya parasetamol (baca aturan pakai dan kontraindikasinya).

Sedangkan bagi Anda yang memiliki gejala sedang sampai berat, Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Dokter akan meresepkan obat-obatan anti nyeri yang lebih kuat, atau akan memberikan obat suntik untuk membantu meredakan sakit dan peradangan yang terjadi.

Tidak semua pasien dengan radang sendi panggul bisa mendapatkan terapi ini karena efek samping atau kontraindikasinya, dan obat suntik tidak dapat diberikan secara terus menerus atau dalam waktu lama.

  1. Olahraga dan Terapi Fisik

Olahraga sangat penting untuk bisa memperlambat keparahan radang sendi panggul. Selain itu, olahraga juga memberikan banyak manfaat lain seperti membantu menjaga berat badan dan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan mobilitas tubuh.

Anda perlu memilih jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu intens supaya tidak memperparah kondisi persendian Anda.

olahraga tai chi untuk pengobatan radang sendi

Beberapa contoh olahraga yang direkomendasikan adalah tai chi, yoga, bersepeda dengan sepeda statis, berenang atau aktivitas air lainnya, dan berjalan.

Jika Anda sudah lama tidak berolahraga sebelumnya, mungkin Anda perlu meminta saran dari dokter atau terapis tentang jenis olahraga yang sesuai untuk Anda supaya meminimalisir risiko cedera.

Disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin agar manfaatnya bisa lebih terasa.

Selain olahraga, penderita radang sendi panggul juga disarankan untuk sering melakukan peregangan supaya persendian tidak kaku.

Mulailah dengan melakukan peregangan dengan intensitas ringan terlebih dulu, dan Anda bisa berhenti jika mulai merasakan sakit.

Lakukan setiap hari sampai rasa sakitnya tidak terasa lagi, setelah itu barulah perlahan tingkatkan intensitasnya.

Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi lama kelamaan fleksibilitas Anda akan semakin meningkat jika Anda rutin melakukannya.

  1. Terapi lainnya

Berikut ini beberapa terapi lain yang dapat dicoba untuk mengatasi atau mengurangi gejala radang sendi:

  • Penggunaan kompres hangat
  • Akupuntur
  • CBT (Cognitive Behavioral Therapy)
  1. Alat Bantu Jalan

Penggunaan alat bantu jalan bisa membantu meringankan beban pada panggul dan memberikan dukungan tambahan pada persendian.

Alat bantu jalan juga bisa mengurangi risiko jatuh karena bisa membantu Anda untuk lebih stabil dan seimbang.

Dalam menggunakan alat bantu jalan untuk pengobatan radang sendi panggul, disarankan mengikuti beberapa tips berikut:

  • Pilih yang tidak terlalu tinggi atau pendek, Anda seharusnya tidak membungkuk saat menggunakannya untuk berjalan. Pilih yang tingginya sampai ke ujung pergelangan tangan Anda.
  • Jika Anda memilih menggunakan alat bantu jalan dalam bentuk tongkat, gunakan di sisi tubuh yang tidak sakit saat berjalan. Misalnya, pinggul kanan Anda yang terkena radang sendi, berarti seharusnya Anda memegang tongkat dengan tangan kiri Anda. Berlatihlah melangkahkan kaki kanan Anda dan tongkat secara bersamaan.
  • Saat berjalan, usahakan jangan gerakan tongkat terlalu jauh ke depan karena Anda bisa kehilangan keseimbangan
  1. Operasi

Operasi atau pembedahan adalah pilihan pengobatan radang sendi terakhir bila terapi-terapi lainnya sudah tidak dapat mengatasi keluhan atau radang sendi Anda sudah terlalu berat hingga mempengaruhi kualitas hidup Anda.

arthroscopy panggul

Pengobatan Radang Sendi Panggul dengan Arthroscopy

Prosedur operasi yang dilakukan biasanya antara memperbaiki permukaan tulang yang rusak atau mengganti total tulang dengan sendi buatan.

Pengobatan Radang Sendi Bersama Klinik Flex-Free

Klinik Flex-Free adalah klinik rehabilitasi medik yang khusus menangani perbagai kelainan atau penyakit yang berhubungan dengan otot, tulang, sendi dan saraf.

Klinik kami terdiri dari tim yang profesional, terdiri dari dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis (Sp.KFR) yang sudah berpengalaman menangani berbagai kasus penyakit, dan terapis-terapis yang terampil.

Beberapa contoh penyakit atau kelainan yang bisa ditangani di klinik Flex Free antara lain:

  • Syaraf kejepit
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Cedera akibat aktivitas olahraga
  • Kelainan tulang belakang
  • Radang sendi

Kami memiliki pelayanan dan fasilitas yang lengkap untuk membantu Anda mengatasi masalah otot, tulang, sendi dan saraf tanpa operasi.

Misi kami adalah mengembalikan kualitas hidup normal Anda dan membantu Anda untuk bisa bebas bergerak lagi tanpa rasa sakit.

Silakan kunjungi website kami di FlexFreeClinic, dan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan yang terdapat di klinik kami.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel