Beberapa Cara Mengobati Lutut Sakit

Jumat, 04 Maret 2022
Flex Free
Jumat, 04 Maret 2022
Flex Free

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami lutut sakit. Selain kecelakaan ringan akibat gerakan yang salah, lutut sakit juga bisa disebabkan karena arthritis, inflamasi, atau cedera.

Lalu, bagaimana dengan penanganannya? Apakah bisa diatasi sendiri di rumah? Bagaimana penanganannya secara medis?

Simak penjelasannya berikut ini.

6 Cara Mengobati Lutut Sakit

  1. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan rajin berolahraga, maka dapat membuat seseorang dapat menghindari dampak osteoarthritis menjadi lebih parah. Di mana, penyakit tersebut bisa menyebabkan gejala sakit lutut.

Aktivitas fisik yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sebaiknya tidak melakukan olahraga berat, tetapi olaharaga yang banyak menggerakkan sendi dengan ringan, misalnya bersepeda, jalan kaki, berenang, yoga, dan tai chi. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara teratur dan secukupnya, maka sakit lutut yang Anda alami berangsur-angsur berkurang.

  1. Hindari Gerakan yang Membuat Lutut Menjadi Tegang

Cara mengobati lutut sakit selanjutnya adalah dengan menghindari gerakan-gerakan yang membuat lutut menjadi tegang. Gerakan-gerakan yang dapat membuat lutut menjadi tegang di antaranya seperti duduk di kursi maupun sofa dengan posisi kursi atau sofa berada di bawah lutut atau lebih rendah dari lutut.

Selain itu, ada juga posisi lain yang meningkatkan ketegangan lutut seperti duduk terlalu lama atau malas bergerak pada posisi yang sama secara terus-terusan. Hal tersebut perlu dihindari sebab dapat menimbulkan kaku pada persendian bahkan dapat membuat nyeri pada lutut hingga menimbulkan rasa sakit pada lutut.

  1. Melakukan Latihan Penguatan

Latihan penguatan perlu dilakukan oleh para penderita sakit lutut. Selain memiliki manfaat untuk memperkuat otot, latihan penguatan juga bisa mengurangi rasa sakit pada lutut.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk latihan penguatan namun tetap aman bagi penderita sakit lutut di antaranya adalah dengan meluruskan serta mengangkat kaki dengan posisi berbaring maupun duduk.

Selain itu, Anda bisa duduk di kursi kemudian berdiri dan lakukan secara berulang selama satu menit. Lakukan tempo berdiri dan duduk secara perlahan, terkontrol, dan hindari menggunakan tangan untuk menopang.

Anda juga bisa melakukan latihan penguatan di rumah dengan cara memegang kursi dan jongkok sebanyak 10 kali dengan kondisi tempurung lutut dapat menutupi jari-jari pada kaki.

  1. Diet Sehat

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab nyeri pada lutut yang membuat lutut menjadi sakit adalah berat badan berlebih. Oleh sebab itu, jika berat badan berlebih merupakan penyebab utama Anda mengalami sakit lutut, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan diet sehat.

Kenapa harus melakukan diet, sebab orang yang memiliki berat badan berlebih atau memiliki riwayat obesitas berisiko lebih tinggi mengalami nyeri pada lutut. Beban pada tubuh membuat persendian menjadi cepat lelah dan nyeri.

Diet sehat sebagai salah satu cara mengobati lutut sakit bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi banyak serat, seperti buah-buahan, dan sayuran, serta mengonsumsi menu makanan rendah lemak dan lain sebagainya.

  1. Memijat Lutut

Pijat lutut yang sakit dengan ringan mampu membuat kondisi lutut sakit berubah menjadi lebih nyaman. Meskipun cara ini tidak menjamin kesembuhan pada sakit lutut yang Anda derita, namun dapat membantu mengurangi rasa sakit pada lutut yang diakibatkan oleh radang, nyeri lutut, dan lain sebagainya.

Lakukan pemijatan sewajarnya, jangan sampai menekan atau memijat terlalu keras pada bagian yang sakit. Sebab, hal tersebut bisa membuat lutut justru menjadi lebih sakit bahkan bengkak.

  1. Mengompres

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bantalan untuk dijadikan kompres. Baik hangat atau dingin, Anda bisa memanfaatkan bantalan tersebut guna mengurangi rasa sakit yang terjadi pada lutut Anda.

Meskipun kompres hangat atau dingin lebih banyak dijumpai pada masalah sakit punggung atau pinggang, namun cara tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa sakit pada lutut maupun area di sekitarnya.

Kemampuan untuk melemaskan otot serta sendi yang bisa dilakukan oleh bantal hangat, membuat cara tersebut bisa dijadikan untuk mengurangi ketegangan lutut yang sakit. Selain itu, bantal dingin memiliki peran sebagai pemberi sensasi dingin guna meredakan nyeri dan pembengkakan yang terjadi di lutut maupun sekitarnya.

Sementara, cara mengobati lutut sakit menggunakan kompres hangat dan dingin yaitu dengan menempelkan pada bagian lutut yang sakit secara bergantian untuk meredakan rasa sakit pada lutut.

Cara Mengobati Lutut Sakit di Klinik Flex Free

Cara mengobati lutut sakit yang telah dijelaskan di atas dapat dilakukan bila sakit lutut yang dialami ringan hingga sedang. Bila sakit lutut yang Anda alami cukup berat, atau tidak juga membaik setelah dilakukan penanganan-penanganan di atas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan pengobatan yang tepat.

Anda mungkin bingung ke mana harus berobat bila lutut sakit?

Dokter apa yang mengobati sakit lutut?

Anda dapat memeriksakan diri ke klinik kami, Flex Free Musculoskeletal and Rehabilitation Clinic yang ada di Jakarta dan Bandung.

Tim kami terdiri dari dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis yang ahli dan berpengalaman dan terapis-terapis yang terampil, yang akan membantu Anda mengatasi masalah pada otot, tulang, sendi dan saraf, tanpa operasi, termasuk nyeri atau sakit lutut. Dokter-dokter ahli kami akan memeriksa secara menyeluruh dan memberikan terapi yang tepat bagi keluhan Anda.

Di klinik kami, pengobatan lutut sakit yang dilakukan misalnya dengan terapi injeksi, fisioterapi atau terapi fisik (misalnya dengan ultrasound, atau ESWT)

cara mengobati lutut sakit

Terapi Lutut Sakit di Flex Free Clinic

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dokter, layanan dan fasilitas, serta biaya, silakan hubungi customer service kami. Anda juga dapat mengunjungi website kami di flexfreeclinic.com untuk mendapatkan gambaran mengenai cara mengobati lutut sakit di klinik kami.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561