Gejala dan Penyebab Sakit di Belakang Lutut

Rabu, 06 Juli 2022
Flex Free
Rabu, 06 Juli 2022
Flex Free

Sakit di Belakang lutut adalah salah satu gangguan muskuloskeletal yang tidak boleh diabaikan. Adapun kondisi ini sendiri sering dijumpai pada berbagai usia baik itu pria, wanita maupun anak-anak. Jadi kondisi ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang gender maupun usia.

Seringkali gejala yang muncul dari kondisi lutut sakit di bagian belakang ini juga bisa berpengaruh pada kehidupan maupun aktivitas sehari-hari. Gejala itupun bisa beragam dan berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu disini akan dibahas mengenai berbagai gejala dan penyebab dari sakit di belakang lutut.

Gejala Sakit di Belakang Lutut

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika gejala dari sakit di bagian belakang lutut ini cukup beragam. Namun ada beberapa gejala yang paling umum terjadi dan dialami oleh kebanyakan penderitanya seperti:

  1. Rasa Sakit yang Sangat Tajam dan Terbakar

Gejala pertama yang akan anda rasakan adalah di bagian belakang lutut akan terasa nyeri. Rasa nyeri yang sakitnya terasa sangat tajam hingga seperti terbakar.

Adapun gejala yang satu ini bisa terjadi secara tiba-tiba namun bisa juga secara bertahap. Disamping itu gejala ini juga bisa muncul saat Anda meletakan beban di kaki maupun saat sedang menekuk lutut.

  1. Pembengkakan Lutut

Gejala selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan di bagian lutut. Jadi lutut Anda akan tampak seperti membesar karena bengkak. Jika dibiarkan kondisi ini akan membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan kaki atau bahkan berjalan.

  1. Lutut Kaku

Selain bengkak gejala yang cukup sering dirasakan dan terlihat adalah lutut menjadi kaku. Dalam kondisi ini Anda akan kesulitan untuk menekuk lutut atau kaki Anda. Bahkan untuk menggerakan nya juga akan sulit dan terasa sakit.

  1. Kemerahan

Di bagian lutut belakang Anda biasanya juga akan tampak memerah atau kemerahan. Saat disentuh biasanya akan terasa panas. Untuk gejala yang satu ini biasanya disertai dengan demam.

Penyebab Sakit di Belakang Lutut

 

Banyak hal maupun aktivitas yang bisa saja membuat dan menjadi penyebab utama dari kondisi sakit di belakang lutut. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya:

  1. Lutut Jumper

Sebuah kondisi dimana tendon mengalami cedera atau yang dikenal dengan nama jumper lutut bisa menjadi salah satu penyebab kondisi sakit di belakang lutut. Lutut jumper ini sendiri bisa terjadi karena kegiatan bola voli atau bola basket.

Jadi saat memainkan kedua kegiatan tersebut pastikan Anda selalu hati-hati. Adapun untuk gejala dari sakit di bagian belakang karena lutut jumper ini biasanya seperti kekakuan, kelemahan hingga sulit untuk menekuk dan meluruskan lutut.

  1. Kram

Penyebab selanjutnya adalah kram. Kram ini sendiri adalah sebuah kondisi dimana terjadinya pengencangan otot pada bagian betis, kaki maupun di bagian belakang dekat lutut.

Untuk kram di bagian kaki ini lebih sering terjadi karena olahraga atau saat kehamilan. Disamping itu kram juga bisa terjadi karena adanya gangguan saraf di kaki, dehidrasi tetanus, penyakit hati dan asalnya racun seperti merkuri dalam darah.

  1. Cedera Ligamen Cruciatum Anterior

Cedera ligamen Cruciatum anterior merupakan sebuah kondisi dimana pita jaringan yang membentang lewat depan sendiri lutut mengalami cedera baik itu robek ataupun merenggang.

Adapun pita jaringan tersebut memiliki fungsi penting untuk menstabilkan gerakan di bagian lutut. Oleh karena itu bila cedera maka bisa dipastikan Anda akan merasakan sakit di bagian belakang lutut.

Adapun untuk gejala sakit di belakang lutut karena hal ini adalah terjadinya pembengkakan, terasa sakit saat berjalan hingga lutut sulit untuk digerakan.

  1. Cedera Ligamen Cruciatum Posterior

Ligamen diatas ternyata bukan satu-satunya yang bisa menyebabkan rasa sakit di bagian belakang lutut. Hal ini karena karena yang lainnya seperti ligamen cruciatum anterior juga bisa menjadi penyebabnya.

Cedera ligamen cruciatum anterior ini biasanya terjadi di pita jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan tulang paha ke tulang kering dan menopang lutut. Cedera pada ligamen yang satu ini bisa berupa peregangan ligamen yang terlampau jauh sampai menyebabkan ketegangan.

Untuk gejala yang diakibatkan karena hal ini bisa berupa pembengkakan, lutut terasa kaku, sulit berjalan hingga lutut lemah.

  1. Meniskus Robek

Ternyata meniskus robek juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit di belakang lutut Anda. Adapun bila rasa sakit tersebut memang disebabkan oleh hal ini maka akan muncul beberapa gejala seperti lutut bengkak, lemah dan terasa kaku.

  1. Radang Sendi

Radang sendi dikenal juga dengan nama Arthritis yang merupakan penyakit degeneratif dimana tulang penyangga dari sendi lutut mengalami kondisi aus. Untuk radang sendiri yang berhubungan dengan lutut cukup beragam seperti lupus, osteoartritis, psoriatic arthritis hingga rheumatoid arthritis. Kondisi inilah yang menimbulkan rasa sakit di bagian belakang lutut Anda.

  1. Kondromalasia

Kondromalasia adalah keadaan dimana tulang rawan yang ada dalam sendi mengalami kerusakan. Kondisi seperti ini akhirnya akan menyebabkan sakit di belakang lutut.

Apabila Kondromalasia ini merupakan penyebab dari sakit tersebut maka Anda akan menemukan beberapa gejala seperti sulit menggerakkan lutut untuk melewati titik tertentu, tidak bisa menekuk lutut san merasa retak ketika menekuk maupun meluruskan lutut.

Selain berbagai penyebab diatas sakit di belakang lutut juga bisa disebabkan oleh kista baker dan cedera hamstring. Namun apapun penyebab dari kondisi tersebut tentunya tidak bisa hanya dibiarkan saja.

Sebaliknya Anda harus mencari solusi untuk menyembuhkannya. Adapun salah satu cara untuk menyembuhkan sakit di bagian belakang lutut ini adalah dengan memeriksakan diri di Flex-Free Clinic.

Flex Free Clinic Sebagai Solusi untuk Menyembuhkan Sakit di Belakang Lutut

Kondisi atau masalah sakit di belakang lutut yang Anda alami bisa segera sembuh jika menggunakan jasa kami Flex-Free Clinic. Hal ini karena Anda akan ditangani langsung oleh para dokter spesialis yang pastinya sudah ahli dan profesional dibidangnya.

Tak hanya itu saja proses penanganan atau pengobatan juga didukung dengan berbagai peralatan medis terbaru yang pastinya canggih. Adapun salah satunya adalah alat ultrasonik USG Muskuloskeletal untuk menangani sakit di bagian belakang lutut.

Jadi dengan alat tersebut dokter akan melakukan pemeriksaan medis untuk melihat struktur yang ada dalam tubuh Anda sehingga memudahkan proses diagnosis. Untuk pemeriksaan ini sendiri sangat aman dan tidak akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit

Selain menangani masalah sakit pada bagian belakang lutut kami Flex-Free Clinic  yang merupakan sebuah klinik rehabilitasi khusus yang menangani bidang muskuloskeletal juga melayani dan menangani berbagai kelainan dan nyeri otot, tulang, sendi hingga saraf.

Kami Flex-Free Clinic juga memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan hingga pengobatan. Bahkan kami juga memberi pelayanan pencegahan berbagai kelainan dan keluhan sakit di bagian belakang lutut.

Untuk itulah agar sakit di belakang lutut Anda segera sembuh percayakan semuanya pada kami Flex-Free Clinic. Adapun untuk informasi lainnya yang lebih lengkap bisa Anda peroleh dengan mengunjungi laman website kami. Selain itu Anda juga bisa menghubungi no whatsapp kami atau datang langsung ke alamat kami di kota Jakarta maupun Bandung, tinggal pilih saja sesuai domisili Anda. 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561