Belakang Lutut Sakit? Kenali Penyebabnya!

Kamis, 14 Juli 2022
FLEX FREE
Kamis, 14 Juli 2022
FLEX FREE

Belakang lutut sakit pastinya akan mengganggu kegiatan Anda. Bahkan meski keadaan ini cukup umum terjadi Anda tetap tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Jadi sebisa mungkin Anda harus mencari cara untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Namun sebelum mengatasinya lutut nyeri ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya lebih dulu. Dengan begitu Anda bisa memilih cara pengobatan yang tepat untuk mengatasinya seperti memeriksakan diri ke Flex-Free Clinic .

Apa Saja yang Menyebabkan Belakang Lutut Sakit?

Lutut termasuk salah satu bagian tubuh yang paling rentan dengan cedera hingga munculnya rasa sakit di bagian belakang lutut. Adapun penyebab dari rasa sakit itu cukup beragam diantaranya:

  1. Kram

Belakang lutut sakit bisa disebabkan oleh kram yang terjadi pada kaki Anda. Adapun kram ini sendiri merupakan suatu gejala otot dan saraf yang tegang atau mengencang.

Kondisi tersebut umumnya terjadi karena otot kaki melakukan terlalu banyak kegiatan tanpa melakukan peregangan lebih dulu.

Area kaki yang sering kali mengalami kram adalah bagian otot betis. Meski begitu otot yang ada di bagian kaki lainnya juga bisa menyebabkan kram, termasuk otot di yang ada di belakang paha dekat lutut kaki.

Kram ini yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya rasa sakit di bagian belakang lutut yang terjadi tiba-tiba. Rasa sakit itu pun terjadi dalam waktu beberapa detik saja. Namun ada kalanya bisa terjadi hingga 10 menit atau waktu yang lama.

Itulah yang kemudian menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan lutut jadi sangat nyeri.

Disamping itu biasanya  meski rasa sakit yang ada di belakang lutut hilang maka Anda masih akan merasakan nyeri. Adapun rasa nyeri ini sendiri letaknya di bagian otot kaki.

Orang yang seringkali mengalami kaki kram ini biasanya memiliki penyakit tertentu seperti penyakit hati, gangguan di saraf kaki, infeksi atau tetanus dan lain sebagainya. Selain itu kram ini juga seringkali menyerang Anda yang sedang mengalami dehidrasi.

  1. Kista Baker

Keberadaan dari kista baker ini ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab belakang lutut sakit. Kista baker ini sendiri merupakan kantung cairan yang mengalami penumpukan di bagian belakang lutut. Adapun cairan tersebut sebenarnya berfungsi untuk melumasi dan melindungi sendi lutut dari gesekan.

Meski begitu saat produksi cairan berlebih, terutama untuk Anda yang menderita artritis maka menyebabkan rasa sakit di bagian belakang lutut. Bahkan tak jarang menyebabkan timbulnya pembengkakan.

Kemunculan dari kista baker ini sendiri awalnya tidak terlihat karena bentuknya yang kecil dan tidak menyebabkan rasa nyeri. Namun saat terus mengalami pertumbuhan kista akan menekan otot yang ada disekitarnya. Bisa juga menekan saraf dan tendon yang akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Jika dibiarkan kista baker ini akan terus tumbuh besar. Bahkan ukurannya bisa sebesar bola tenis meja. Kista Baker ini memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika ukurannya sudah sangat besar maka Anda tidak boleh membiarkannya dan harus segera konsultasi pada dokter.

  1. Dislokasi Lutut atau Lutut Terkilir

Penyebab rasa sakit di bagian belakang lutut sakit selanjutnya adalah dislokasi atau terkilir. Dislokasi lutut ini sendiri bisa terjadi karena benturan, kecelakaan atau jatuh. Akibatnya salah satu tulang Anda seperti tulang kering, tulang paha dan tulang tempurung lutut bergeser atau bahkan patah.

Apabila Anda mengalami sakit di belakang lutut karena terkilir ini sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dengan begitu resiko komplikasi yang lebih parah bisa dicegah

  1. Cedera di Tendon atau Jumper’s Knee

Perlu anda tahu jika sakit di bagian belakang lutut ternyata juga bisa terjadi karena adanya cedera di bagian tendon atau jumper’s knee. Hal ini dikenal juga dengan nama patellar tendonitis.

Keadaanya seperti ini biasanya terjadi pada saat otot yang menghubungkan tulang betis dan tempurung lutut cedera. Hal tersebut umumnya terjadi karena Anda melompat atau berganti arah dengan tiba-tiba.

Gerakan tersebut bisa menyebabkan luka robekan kecil di bagian tendon. Akibatnya tendon akan membengkak dan melemah.

Selain rasa sakit di bagian belakang lutut gejala tendon Anda sedang cedera adalah timbulnya rasa nyeri di bawah tempurung lutut. Rasa sakit tersebut bisa semakin parah seiring berjalannya waktu. Bahkan seringkali dibarengi dengan rasa kaku sehingga lutut sulit ditekuk atau diluruskan.

  1. Cedera Hamstring

Penyebab dari belakang lutut sakit lainnya adalah Anda mengalami cedera hamstring. Cedera hamstring merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan adanya ketegangan atau robekan di satu atau lebih otot pada bagian belakang paha.

Ketegangan di otot hamstring tersebut bisa terjadi saat otot ditarik terlalu jauh. Efeknya keadaan tersebut menyebabkan cedera atau sebuah robekan yang berujung pada rasa sakit di bagian belakang lutut Anda.

Biasanya proses penyembuhan otot hamstring ini akan memerlukan waktu yang lama. Bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Cedera hamstring ini seringkali terjadi pada pemain sepak bola, tenis, bola basket hingga atlet lari cepat.

  1. Radang Sendi atau Artritis
    Radang sendi atau arthritis juga merupakan salah satu penyebab dari munculnya rasa sakit di bagian belakang lutut. Untuk anda yang menderita artritis ini maka jaringan tulang rawan yang menjadi penyangga atau bantalan sendiri umumnya sedang mengalami kerusakan secara bertahap. Itulah yang kemudian menyebabkan rasa sakit di lutut bagian belakang Anda.

Arthritis yang menjadi penyebab rasa sakit tersebut memiliki beberapa jenis yaitu rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Adapun rheumatoid arthritis merupakan keadaan saat kekebalan tubuh menyerang jaringan yang sehat di bagian persendian lutut. Berbeda dengan Osteoarthritis yang merupakan penyakit degeneratif yang ada di bagian sendi. Khusus untuk Osteoarthritis ini umumnya lebih banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.

Setelah mengetahui berbagai penyebab dari belakang lutut sakit maka Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Adapun cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan istirahat dan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek.

Namun jika Anda ingin segera sembuh dengan penanganan yang tepat maka sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit atau klinik rehabilitasi khusus yang menangani masalah lutut sakit atau kelainan otot lainnya. Adapun salah satu rekomendasi klinik yang bisa Anda jadikan tempat pilihan untuk mengobati belakang lutut sakit adalah Flex-Free Clinic

Mengobati Belakang Lutut Sakit di Flex-Free Clinic

Flex-Free Clinic  atau Flex-Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic merupakan sebuah klinik rehabilitas khusus yang menangani berbagai masalah kelainan, nyeri otot, sendi, tulang, hingga saraf termasuk belakang lutut sakit.

Jadi apabila Anda mengalami sakit di bagian belakang lutut maka bisa memeriksakan diri ke Flex-Free Clinic . Di clinic ini nanti Anda akan ditangani secara langsung oleh tim dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitas bersama dengan sub spesialis Muskuloskeletal.

Adapun tim dokter yang menangani Anda tersebut juga sudah profesional dan berpengalaman baik itu di dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu saja peralatan dan fasilitas medis yang kami miliki juga sangat lengkap sehingga akan sangat membantu dalam proses pemeriksaan maupun pengobatan.

Untuk masalah lutut seperti nyeri atau sakit di bagian lutut belakang biasanya akan mendapatkan pemeriksaan dan bantuan medis menggunakan USG muskuloskeletal.

Adapun USG Muskuloskeletal sendiri merupakan sebuah pemeriksaan media non invasive yang akan memudahkan dokter dalam mendiagnosis masalah yang ada pada lutut Anda. Pemeriksaan yang satu ini sangat aman dan bebas dari rasa nyeri jadi Anda bisa tenang. 

Selain masalah lutut yang sakit kami Flex-Free Clinic  juga melayani berbagai masalah lainnya seperti saraf kejepit, nyeri tangan, nyeri sendi, skoliosis, cedera olahraga dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja kami juga memberikan pelayanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pengobatan hingga pencegahan.

Jadi bila Anda ingin segera sembuh dari masalah belakang lutut sakit dengan penanganan terbaik segera hubungi kami untuk melakukan reservasi. Informasi lebih lengkapnya bisa langsung Anda akses di laman website resmi kami disini.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561