Keunggulan Pemeriksaan USG untuk Otot, Tulang dan Sendi

Jumat, 01 April 2022
Flex Free
Jumat, 01 April 2022
Flex Free

Selama ini mungkin Anda hanya pernah mendengar pemeriksaan USG (ultrasonografi) untuk memeriksa kehamilan, atau organ-organ dalam tubuh.

Tahukah Anda, bahwa USG juga bisa dilakukan untuk memeriksa sistem muskuloskeletal seperti otot, tulang dan sendi (USG Muskuloskeletal)?

Apa itu Ultrasonografi Muskuloskeletal?

USG muskuloskeletal adalah alat ultrasonografi seperti pada umumnya, tetapi memiliki komponen khusus yang digunakan untuk pemeriksaan otot, tulang, sendi, tulang rawan sendi, tendon dan jaringan lunak sekitar sendi.

Keunggulan Pemeriksaan USG Otot, Tulang dan Sendi

Pemeriksaan USG otot, tulang dan sendi adalah pemeriksaan yang saat ini sedang berkembang. Sebelumnya, pemeriksaan untuk sistem muskuloskeletal dilakukan dengan rontgen, CT scan dan MRI.

Akan tetapi, pemeriksaan rontgen hanya bisa melihat tulang. Dengan pemeriksaan USG, dapat dilihat jaringan lunak, seperti otot, bantalan sendi, tulang rawan, ligamen (jaringan ikat), dan lain sebagainya.

Pemeriksaan CT scan dan MRI sebenarnya lebih komprehensif dari USG, tetapi kedua pemeriksaan tersebut terbatas oleh fasilitas karena hanya bisa dilakukan di rumah sakit besar.

Pemeriksaan CT scan menggunakan radiasi, sehingga diperlukan ruangan besar yang antiradiasi.

Pemeriksaan MRI juga memerlukan ruangan yang besar, dan memerlukan waktu pemeriksaan lebih lama. Selain itu pemeriksaan MRI tidak cocok untuk pasien yang fobia ruang sempit karena dapat membuat pasien merasa claustrophobic.

Berikut ini beberapa keunggulan pemeriksaan USG untuk otot, tulang dan sendi.

  1. Pemeriksaan USG dilakukan secara real time

Pemeriksaan USG secara real time dapat mengetahui kondisi penyakit saat itu juga sambil menggerakkan sendi, atau bagian yang cedera sehingga diagnosis dapat lebih akurat.

  1. Tidak menimbulkan radiasi

Pemeriksaan ultrasonografi aman bagi penderita maupun pemeriksa karena pemeriksaan USG tidak menimbulkan radiasi, sehingga aman dilakukan pada semua orang termasuk anak-anak dan bayi sekalipun dan dapat dilakukan berulang kali.

  1. Sebagai panduan dalam melakukan tindakan intervensi

Dokter yang melakukan USG bisa sekaligus memberikan terapi injeksi (USG guided injection), sehingga tindakan intervensi tersebut akan sangat akurat dan penderita pun dapat mengikuti dan melihat proses tindakan intervensi tersebut.

Posisi target suntikan dan arah jarum bergerak dapat terlihat oleh USG. Obat yang disuntikan akan tepat berada di lokasi target yang seharusnya. Selain itu, jarum dapat menembus organ yang harus dihindari seperti pembuluh darah dan saraf.

  1. Pemeriksaan relatif lebih singkat

Dapat dilakukan pemeriksaan untuk beberapa kelainan muskuloskeletal dalam satu tubuh sekaligus dalam waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan pemeriksaan yang lain.

Selain itu dapat dilakukan pemeriksaan pada daerah yang normal dan yang sakit sebagai perbandingan.

  1. Tidak memerlukan persiapan khusus

Sebelum maupun setelah pemeriksaan dan tidak memerlukan ruangan khusus, atau penyuntikan zat tertentu (misalnya pewarna kontras).

  1. Lebih jelas karena bisa diperiksa sambil digerakkan anggota tubuh.

Pemeriksaan USG dilakukan dengan menggerakan bagian yang sakit sehingga kelainan yang ada akan lebih terlihat jelas.  

Struktur muskuloskeletal adalah sistem alat gerak sehingga akan lebih jelas pemeriksaannya dengan menggerakan struktur tersebut.

Pemeriksaan penunjang lain bersifat statis, tidak memungkinkan pergerakan pada saat pemeriksaan.

  1. Biaya pemeriksaan yang relatif lebih murah dibandingkan CT-scan dan MRI.
  2. Tidak ada kontraindikasi dan efek samping.
  3. Dapat digunakan sebagai alat untuk memonitor perkembangan penyakit

USG dapat digunakan sebagai alat untuk memonitor perkembangan penyakit sebelum dan setelah diberikan terapi. Sehingga pemberian program terapi akan lebih akurat dan terkontrol.

USG untuk otot tulang dan sendi

Pemeriksaan USG untuk Otot, Tulang dan Sendi di Klinik Flex Free

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi menjalani pemeriksaan USG untuk otot, tulang dan sendi Anda, Dokter-dokter kami di Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah dokter spesialis ahli yang sudah berpengalaman dalam mendiagnosis dan menangani berbagai keluhan dan penyakit otot, tulang, sendi dan saraf.

Kami dengan senang hati akan membantu mengatasi keluhan Anda.

Hubungi customer service kami untuk informasi lebih lanjut.

Salam sehat!

 

 

Referensi:

  • dr. Ferius Soewito Sp.KFR, QWP (dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis)

 


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561