7 Cara Ampuh Menangani Urat Kejepit di Pinggang

Rabu, 03 Agustus 2022
Flex Free
Rabu, 03 Agustus 2022
Flex Free

Saat mengalami urat kejepit di pinggang Anda pastinya akan merasakan nyeri. Rasa nyeri itupun jika dibiarkan bisa semakin parah dan menyakitkan. Bahkan bisa saja terjadi komplikasi.

Untuk itulah masalah urat syaraf kejepit di bagian pinggang ini tidak boleh diabaikan begitu saja dan harus ditangani dengan cara yang  tepat. Dengan begitu masalah ini tidak  semakin parah sehingga mengganggu aktivitas harian Anda.

Cara Menangani Urat Kejepit di Pinggang

Urat kejepit merupakan salah satu masalah yang cukup umum menyerang sebagian orang. Meski begitu masalah tersebut tidak boleh dianggap remeh. Untuk itulah Anda bisa segera menanganinya dengan menggunakan beberapa cara berikut:

  1. Istirahat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menangani masalah urat kejepit di pinggang adalah dengan istirahat. Cara yang satu ini juga merupakan yang paling mudah.

Jadi saat Anda merasa nyeri dan ada yang tidak beres dengan pinggang sebaiknya segera hentikan pekerjaan maupun kegiatan sejenak. Berikan tubuh Anda waktu untuk istirahat dan memulihkan kondisinya.

Apalagi istirahat sendiri juga merupakan bagian penting dalam proses penyembuhan penyakit termasuk masalah urat kejepit. Saat Anda istirahat atau tidur maka tubuh akan melakukan perbaikan. Dengan begitu proses penyembuhan akan jadi lebih cepat.

Inilah kenapa beberapa penderita urat kejepit di bagian pinggang dapat sembuh dengan sendirinya karena mereka memaksimalkan waktu istirahatnya. Disamping itu Anda juga harus memastikan untuk menghindari dulu berbagai aktivitas berat selama proses penyembuhan.

  1. Memastikan Posisi Tubuh Aman dan Nyaman Saat Bekerja

Apabila memang Anda tidak bisa istirahat total dan harus tetap bekerja maka sebaiknya pastikan posisi tubuh aman dan nyaman. Bila perlu ubah tempat kerja supaya jadi lebih nyaman.

Letakan barang-barang penting di dekat Anda supaya saat mengambilnya tidak terlalu banyak bergerak. Dengan begitu urat terjepit tidak akan semakin parah. 

  1. Mengompresnya dengan Bantalan Pemanas

Saat mengalami masalah urat kejepit di pinggang Anda bisa menanganinya dengan memanfaatkan bantalan pemanas untuk mengompresnya. Bantalan tersebut secara efektif mampu membantu mengendurkan otot yang tegang di area pinggang.

Selain itu panas pada bantalan akan membantu meningkatkan dan memperlancar aliran darah. Dengan begitu rasa nyeri bisa berkurang dan urat dibagian pinggan juga akan lebih membaik.

  1. Mengangkat Kaki

Saat Anda mengalami urat kejepit di pinggang maka Anda bisa menanganinya dengan mengangkat kedua kaki. Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang sangat sering dilakukan untuk mengatasi masalah urat saraf kejepit terutama di bagian pinggang.

Apalagi cara ini juga sangat mudah untuk diikuti. Anda hanya perlu mencari tempat yang nyaman dan bersih. Selanjutnya langsung saja angkat kedua kaki dengan sudut 90 derajat pada bagian pinggul dan lutut selama beberapa waktu.

Dengan cara ini maka dampak yang akan Anda dapatkan adalah rasa nyeri yang berkurang secara berangsur-angsur. Bahkan jika dilakukan dengan benar maka urat yang kejepit bisa kembali dalam kondisi normal lagi. Meski begitu cara yang satu ini hanya efektif untuk kondisi urat kejepit yang ringan saja.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Selain berbagai cara di atas Anda pun juga bisa menanganinya dengan mengubah gaya hidup. Adapun perubahan ini sendiri maksutnya lebih untuk memperbanyak kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu contoh kegiatan yang bermanfaat dan bisa Anda lakukan adalah olahraga. Meski begitu olahraga untuk penderita urat kejepit ini pastinya berbeda dengan olahraga pada umumnya. Jadi Anda harus menghindari olahraga yang berat.

Sebaliknya Anda bisa mencoba olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki, berenang dan lain sebagainya. Olahraga ringan secara teratur akan membantu mengurangi rasa nyeri karena urat kejepit. Selain itu olahraga ini juga akan lebih menyehatkan untuk tubuh Anda.

  1. Berdiri Di Waktu Senggang Bekerja

Ada kalanya beberapa orang akan kebingungan saat sedang berada dalam proses penyembuhan urat kejepit di pinggang tapi tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Nah saat mengalami hal itu maka Anda bisa menanganinya dengan memanfaatkan waktu senggang yang ada.

Apalagi jika pekerjaan yang Anda lakukan termasuk jenis yang memerlukan waktu lama untuk duduk dan menghadap komputer. Maka menggunakan waktu senggang untuk berdiri  sesekali adalah sebuah kewajiban bila ingin sembuh.

Bahkan jika memang bisa akan lebih baik lagi bila Anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar tempat kerja saat sedang istirahat. Cara yang satu ini tak hanya efektif untuk menangani masalah urat kejepit di pinggang saja. Lebih dari itu Anda juga bisa menjadikan cara ini sebagai antisipasi supaya tidak mengalami masalah tersebut.

  1. Periksakan Diri ke Dokter

Apabila masalah urat kejepit ini dirasa sangat menyiksa hingga mengganggu kegiatan sehari-hari maka memeriksakan diri ke dokter bisa menjadi solusi terbaik. Meski begitu pastikan Anda memilih tempat yang tepat.

Akan lebih baik lagi jika Anda memeriksakan diri di tempat atau dokter yang menangani khusus masalah urat kejepit. Dengan begitu penanganan bisa lebih maksimal. Adapun salah satu contohnya adalah Flex-Free Clinic.

Memeriksakan Masalah Urat Kejepit di Pinggang di Flex-Free Clinic

Masalah urat kejepit di pinggang bisa segera tuntas dengan menggunakan jasa kami Flex-Free Clinic. Hal ini karena masalah urat Anda yang terjepit akan ditangani oleh dokter spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya. Bahkan kemampuannya juga sudah diakui baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Tak hanya itu saja tim pendukung yang merupakan sub spesialis Muskuloskeletal yang kami miliki juga tak tak kalah dalam hal kemampuan. Sebagai penunjang lain kami juga menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan medis yang lengkap dan terbaru.

Adapun Flex-Free Clinic ini sendiri dikenal juga dengan nama Frex Free Muskuloskeletal yang mengkhususkan diri di bidang kelainan dan nyeri otot, tulang, sendi, saraf dan termasuk urat kejepit di pinggang.

Kami selalu siap membantu Anda menangani masalah urat terjepit dengan penanganan terbaik. Adapun salah satu penangan yang biasanya kami lakukan untuk mengatasi masalah urat kejepit  ini adalah dengan traksi DTS.

Traksi DTS sendiri adalah sebuah jenis terapi yang non operatif atau tanpa perlu operasi. Terapi ini sendiri biasanya menggunakan sebuah alat tarik khusus yang berfungsi untuk mengurangi tekanan intra diskal.

Adapun tekanan intra diskal ini sendiri biasanya berada di bagian tulang belakang antara ruas tulang belakang dan diskus atau bantalan tulang belakang dimana terdapat kelainan. Kelainan itulah yang menyebabkan urat di bagian pinggang terjepit dan harus ditangani dengan Traksi DTS.

Meski begitu bisa saja dokter akan menanganinya dengan cara lain tergantung dari tingkat keparahan urat Anda. Jadi untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung saja datang ke alamat kami untuk memeriksakan diri.

Selain itu Anda juga bisa berkonsultasi dulu. Hal ini karena kami Flex-Free Clinic juga menyediakan pelayanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pengobatan hingga tindakan pencegahan.

Disamping itu kami juga akan membantu Anda mengatasi masalah lain seperti nyeri bahu, nyeri sendi, nyeri tangan, cedera olahraga, kelainan tulang dan lain sebagainya. Untuk itulah segera hubungi kami supaya masalah  urat kejepit di pinggang  bisa segera ditangani dan sembuh. Info reservasi bisa Anda lakukan melalui Whatsapp atau bisa juga langsung mengunjungi laman website kami disini.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya