Penyebab dan Cara Mengatasi Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Berbunyi

Selasa, 26 Juli 2022
Flex Free
Selasa, 26 Juli 2022
Flex Free

Lutut sakit saat ditekuk dan berbunyi ketika beraktivitas, sering dialami oleh orang yang telah lanjut usia atau mengalami cedera lutut. Meskipun begitu, kondisi lutut sakit ini dapat menunjukkan hal serius yang terjadi pada lutut Anda. Jika dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang tepat, sakit lutut Anda akan semakin parah dan menyebabkan kerusakan pada lutut hingga perlu menjalani operasi untuk penggantian sendi lutut. Tidak ingin hal tersebut terjadi pada lutut Anda bukan? Oleh karena itu Anda jangan meremehkan kondisi lutut Anda jika terasa sakit saat ditekuk dan berbunyi.

Sebelum mengatasi masalah lutut sakit ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab lutut sakit Anda saat ditekuk dan berbunyi. Hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam mengatasi masalah lutut Anda dengan tepat.

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Berbunyi

Lutut sakit saat ditekuk dan berbunyi dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti karena mengalami cedera lutut dan terjadinya peradangan sendi atau osteoarthritis pada lutut.

  1. Cedera Lutut

Lutut yang mengalami cedera dapat berdampak pada kesehatan lutut Anda. Cidera ini  menyebabkan tempurung lutut dan area sendi lainnya mengalami kerusakan sehingga menimbulkan rasa sakit ketika ditekuk hingga berbunyi saat beraktivitas.

Cedera lutut ini dapat disebabkan karena robeknya tulang meniskus karena aktivitas jogging dan lari yang berlebih, chondromalacia patellae karena melakukan aktivitas yang membebankan lutut, dan sindrom nyeri tempurung lutut.

  1. Radang Sendi

Radang sendi atau bisa disebut dengan osteoartritis dapat menjadi penyebab lutut sakit saat ditekuk dan berbunyi. Radang sendi ini terjadi karena tulang rawan lutut Anda mengalami kerusakan karena pertambahan usia. Sehingga radang sendi sering dialami oleh orang berusia sekitar 50 tahun atau lanjut usia. Kerusakan pada tulang rawan tersebut, dapat menyebabkan peradangan sehingga lutut Anda dapat sakit ketika ditekuk dan berbunyi ketika digerakkan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan bergerak dalam beraktivitas.

Cara Mengatasi Lutut Sakit Ketika Ditekuk dan Berbunyi Dengan Tepat

Jika kondisi lutut sakit Anda parah hingga menyulitkan ketika bergerak, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar tidak membahayakan kesehatan lutut Anda semakin parah. Dokter akan memberikan tindakan medis yang tepat sesuai dengan kondisi lutut sakit Anda.

Namun jika kondisi lutut sakit Anda tidak terlalu parah, Anda bisa melakukan berbagai cara mengatasinya secara mandiri di rumah dengan mudah. Anda dapat melakukan cara berikut: 

  1. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebih, dapat menyebabkan kerja lutut menjadi lebih berat karena harus menahan tubuh bagian atas yang lebih besar. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda menjadi ideal sehingga tidak akan memberatkan kerja lutut Anda dan terhindar dari lutut sakit.

Untuk menjaga berat badan menjadi ideal, Anda bisa rutin melakukan olahraga. Olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jalan santai, jogging, bersepeda, berenang, dan jenis olahraga lainnya. Ketika berolahraga, Anda bisa menggunakan pelindung lutut. Namun, hanya lakukanlah jenis olahraga yang ringan saja Karena jika Anda melakukan jenis olahraga yang berat, dapat semakin membuat lutut sakit karena memberatkan kerja lutut.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi, juga dapat menjaga kesehatan dan mengatasi lutut Anda yang sakit saat ditekuk dan berbunyi. Jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi lutut sakit Anda seperti:

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi lutut sakit. Tidak hanya itu saja, vitamin D yang terkandung di dalam jenis ikan tersebut dapat mengatasi penyakit radang sendi penyebab lutut sakit.

  1. Seafood

Makanan seafood seperti udang, lobster, kepiting, mengandung glukosamin yang sangat efektif untuk mengurangi nyeri, pembekakan, dan kaku sendi lutut. Sehingga kandungan glukosamin di dalam seafood tersebut dapat menjaga dan mengatasi lutut sakit Anda dengan maksimal.

  1. Produk Olahan Susu

Berbagai jenis produk olahan susu seperti yoghurt dan keju memiliki kandungan tinggi kalsium dan vitamin D yang baik untuk menguatkan otot. Selain itu, Anda juga bisa rutin mengkonsumsi susu yang bebas lemak.

  1. Brokoli

Kandungan nutrisi dan sulforafan di dalam brokoli dapat menghambat enzim penyebab terjadinya peradangan sendi lutut Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi brokoli secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

  1. Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang dapat menguatkan sendi sehingga dapat mengatasi lutut Anda yang sakit saat ditekuk dan berbunyi. Antioksidan dan kaempferol di dalam bayam, dapat meredakan serta mengurangi peradangan sendi lutut Anda.

  1. Mengompres Lutut yang Sakit

Anda bisa mengatasi lutut sakit Anda ketika ditekuk dan berbunyi dengan cara mengkompresnya. Dengan mengompres lutut pada bagian yang sakit, dapat mengurangi peradangan yang terjadi. Anda bisa menggunakan kompres air hangat atau es.

  1. Mengkonsumsi Obat dan Suplemen

Anda juga bisa mengkonsumsi obat dan suplemen untuk mengatasi masalah kesehatan lutut Anda. Namun dalam mengkonsumsi obat dan suplemen ini, jangan membelinya secara sembarangan. Anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu mengenai jenis obat dan suplemen yang cocok untuk Anda konsumsi. Hal tersebut agar Anda bisa mendapatkan reaksi obat dan suplemen yang dikonsumsi secara maksimal sehingga lutut Anda tidak semakin parah. Obat dan suplemen yang bisa Anda konsumsi seperti, obat anti radang non steroid, suplemen sendi, kurkumin, resveratrol, boswellia.

Atasi Masalah Lutut Sakit Anda Ketika Ditekuk dan Berbunyi Kepada Kami Flex-Free Clinic!

Kami menyediakan berbagai jenis terapi dan latihan fisik untuk mengatasi masalah lutut sakit Anda ketika ditekuk dan berbunyi. Terapi dan latihan fisik yang kami berikan, dapat memperkuat otot-otot yang menopang sendi lutut Anda sehingga dapat meningkatkan kesehatan lutut Anda.

Jenis layanan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan lutut sakit Anda seperti pemeriksaan ultrasonografi atau USG muskuloskeletal. Prinsip kerja dari pemeriksaan USG musculoskeletal ini yaitu dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik melalui transducer dengan menggunakan media perantara gel. Gelembung ultrasound tersebut nantinya akan memantulkan kembali dalam bentuk gambar di layar monitor sehingga Anda dapat melihat otot, tulang rawan sendi, tendon, dan jaringan lunak di sekitar sendi serta bagian lutut Anda yang sakit dengan tepat.

USG musculoskeletal ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi lutut sakit Anda saat ditekuk dan berbunyi karena tidak perlu membuat sayatan di tubuh. Selain itu, USG musculoskeletal ini juga tidak mempunyai kontraindikasi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Selain itu, kami juga membantu Anda untuk melakukan latihan exercise atau peregangan lutut sakit Anda. Exercise ini dapat membuat otot lutut Anda menjadi lebih fleksibel dan mengencangkan sehingga dapat menjaga kesehatan lutut Anda dan mencegah rasa sakit timbul kembali.

Dalam melakukan latihan exercise, akan kami lakukan dengan tepat dan tidak memberatkan kerja lutut serta membuat nyeri lutut semakin parah. Kami akan membantu Anda dalam melakukan exercise secara perlahan dan tidak berlebihan agar tidak membahayakan lutut sakit Anda.

Anda bisa memilih jenis layanan untuk mengatasi lutut sakit saat ditekuk dan berbunyi sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda bingung harus menggunakan jenis layanan kami yang tepat untuk lutut sakit Anda, bisa konsultasikan kepada kami terlebih dahulu. Kami akan memberikan solusi yang tepat dan tidak akan membahayakan lutut sakit Anda menjadi semakin parah.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Layanan Terkait Artikel