Dengkul Sakit Kenapa Bisa Terjadi? Ini Alasannya!

08 Agustus 2022 , Flex Free
08 Agustus 2022
Flex Free

Rasa sakit pada lutut sudah pasti pernah dialami oleh siapapun, baik yang berusia muda maupun sudah tua. Terkadang sakit pada lutut tersebut terasa sangat hebat hingga sulit untuk menggerakkannya. Dengan kondisi seperti itu, sudah pasti sangat mengganggu aktivitas. Dengkul sakit kenapa bisa terjadi?

Lutut sakit bisa terjadi karena suatu hal, atau bisa juga menyerang dengan tiba - tiba. Untuk mengatasi sakit tersebut, penting bagi Anda mengetahui penyebabnya. Berikut ini ialah beberapa penyebab yang bisa menjadi alasan dengkul terasa sakit dan nyeri. Simaklah dengan cermat!

Penyebab Dengkul Sakit Kenapa?

Rasa sakit pada lutut tingkatnya berbeda - beda. Semua itu tergantung dari tingkat keparahan dan penyebab dengkul sakit kenapa. Gejala umum yang terjadi bersama dengan lutut yang sakit adalah lutut yang terasa kaku, ada bengkak dan kemerahan, serta terasa lemas untuk digerakkan.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai dengkul sakit kenapa bisa terjadi. Simaklah ulasan penyebab - penyebabnya!

  1. Terjadinya Cedera Lutut

Cedera lutut ditandai dengan gejala berupa lutut yang sakit dan nyeri. Saat lutut mengalami cedera, terjadi robekan pada ligamen dan tendon. Pendarahan pada lutut bisa terjadi dan menyebabkan rasa nyeri timbul. Biasanya cedera ini akan ditandai dengan adanya bengkak pada area lutut, memar, dan terasa panas.

  1. Knee Osteoarthritis

Sendi terbesar pada tubuh manusia, salah satunya terletak di lutut. Terdapat struktur tulang, tulang rawan, membrane sinovial, dan ligamen di dalamnya. Membrane sinovial yang merupakan komponen penting dalam persendian lutut, memiliki fungsi sebagai pelumas dan pemberi nutrisi pada tulang rawan.

Tapi, tulang rawan tetap bisa mengalami kerusakan. Ketika terjadi kerusakan pada tulang rawan akibat gesekan antar tulang, rasa sakit dan nyeri pun akan mulai timbul, dan kondisi ini disebut knee osteoarthritis. Biasanya kondisi ini dapat terjadi karena trauma lutut, peradangan, atau adanya gangguan metabolisme.

  1. Mengidap Asam Urat

Asam urat berlebih merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada lutut. Nyeri ini biasanya dibarengi dengan rasa panas dan munculnya warna kemerahan pada lutut. Ketika terjadinya produksi asam urat berlebih, kristal akan terbentuk di sendi, itulah alasan dengkul sakit kenapa.

  1. Mengidap Osgood-Schlatter

Osgood-Schlatter adalah kondisi nyeri lutut yang umum dialami oleh anak - anak dan remaja akibat tekanan yang berlebih pada bagian tendon patella. Organ bernama tendon patella ini merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi menghubungkan ujung bawah penutup lutut atas dengan kaki bawah.

Kegiatan fisik berlebih yang dilakukan anak - anak hingga remaja, seperti basket, renang, senam, dan melompat bisa menyebabkan otot paha menarik tendon patella secara berulang. Serat tendon patella yang melekat pada tulang kering bisa mengalami pembengkakan dan peradangan ketika tertarik berulang, rasa nyeri dan sakit lutut pun akan terjadi.

  1. Robeknya Meniskus

Pada persendian lutut terdapat lapisan bernama meniskus yang merupakan lapisan tulang rawan. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung dan penstabil persendian lutut. Tulang paha dan tulang kering bisa tidak saling bergesekan satu sama lain ketika Anda menggerakkan lutut merupakan hasil kerja meniskus.

Ketika terjadi robekan pada lapisan tersebut, sudah pasti fungsinya akan terganggu. Gesekan antar tulang pun dapat terjadi, dan rasa nyeri akan mulai timbul di lutut Anda saat coba ditekuk. Biasanya robeknya meniskus terjadi karena pergerakan yang memaksa terjadinya rotasi lutut ketika kaki sedang berpijak kuat.

  1. Patellofemoral Pain Syndrome

Patellofemoral pain syndrome adalah kondisi terjadinya nyeri pada lutut, tepatnya di bagian patella. Penggunaan lutut secara berlebih bisa menyebabkan sindrom ini terjadi.

Anda akan merasa nyeri pada bagian lutut dengan waktu yang lama, seakan ada tekanan yang besar. Biasanya akan terjadi ketika Anda menuruni anak tangga, berdiri, berlari, atau duduk dengan waktu yang lama.

  1. Osteoarthritis atau Pengapuran Sendi

Alasan dengkul sakit kenapa bisa terjadi juga dapat disebabkan adanya pengapuran pada sendi atau disebut osteoarthritis. Rasa sakit pada lutut akan lebih terasa ketika lutut Anda ditekuk. Biasanya akan dibarengi dengan rasa kaku dan pembengkakan di bagian lutut.

Untuk mengetahui sebab pasti terjadinya nyeri dan sakit pada lutut, Anda harus melakukan pemeriksaan menyeluruh. Setelah diketahui penyebab pastinya, Anda bisa melakukan pengobatan untuk mengatasinya. Pastikan Anda memilih klinik terpercaya yang memberikan layanan terbaik!

Ketahui Penyebab Dengkul Sakit Kenapa Bisa Terjadi di Klinik Flex-free!

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah klinik yang bergerak di bidang rehabilitasi muskuloskeletal dengan menangani kelainan dan nyeri otot, sendi, tulang, dan saraf. Dengan pengalaman yang panjang, kami pun saat ini sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan pihak terkait untuk melakukan pengobatan secara komprehensif.

Tim dokter yang menangani setiap pengobatan sudah memiliki sertifikat dan pengalaman yang cukup. Keahlian yang dilengkapi dengan sikap tanggap yang handal dimiliki oleh setiap tenaga medik.

Layanan yang kami sediakan sangat beragam, mulai dari pelayanan berupa konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan, pengobatan, dan pencegahan terhadap kelainan otot, sendi, saraf, dan tulang bisa Anda dapatkan di klinik Flex-free.

Saat Anda mengalami sakit pada lutut, kami bisa melakukan pemeriksaan hingga diagnosa penyebab dengkul sakit kenapa bisa terjadi. Setelahnya Anda bisa mendapat penanganan medik yang tepat dari tim dokter kami. Tak hanya itu, kami juga mampu mengatasi cedera yang terjadi akibat aktivitas olahraga dengan cepat, tepat dan menyeluruh.

Untuk terapi yang disediakan guna menangani masalah nyeri dan sakit lutut sangatlah beragam. Anda bisa melihatnya di link berikut. Kami menyarankan pada Anda untuk melakukan pemeriksaan lutut dan bantuan berupa tindak medik USG muskuloskeletal.

Dalam proses USG muskuloskeletal kami akan menggunakan alat bantu diagnostik yang umum digunakan di bidang kebidanan, guna mengetahui kondisi organ - organ dalam lutut Anda.

Gelombang ultrasound akan kami pancarkan melalui transducer dengan media perantara berupa gel. Selanjutnya gelombang ultrasound akan dipantulkan kembali dalam bentuk gambar di layar monitor. Kelainan pada organ - organ lutut pun akan tampak dengan jelas, dan kami mampu memberikan diagnosa yang pasti.

Dengan menggunakan layanan lengkap dari klinik Flex-free, sudah pasti Anda akan segera sembuh dari masalah dengkul sakit kenapa bisa terjadi dalam waktu yang lebih cepat. Kami bersedia memberikan layanan pada setiap pasien dari awal hingga pasien sembuh secara total.

Jika Anda mengalami sakit dan nyeri bahu, kami sarankan untuk mengambil pengobatan ESWT yang mampu membantu rehabilitasi Anda dengan komprehensif. Agar sakit dan nyeri yang Anda rasakan bisa segera sembuh dan tidak kembali lagi. Kami juga menyarankan pada Anda yang mengalami saraf kejepit untuk mengambil layanan pengobatan traksi DTS.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya untuk penanganan masalah - masalah di atas. Kami membandrol harga pengobatan dengan terjangkau tanpa mengurangi kualitas dari layanan.

Anda bisa menghubungi kontak kami yang tertera di laman Flex-free Clinic untuk melakukan konsultasi hingga janji datang. Kami memiliki dua cabang klinik yang bisa Anda kunjungi, yaitu di Bandung dan Jakarta. Dapatkan penanganan komprehensif untuk atasi masalah Anda di klinik kami sekarang juga!

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Jika Anda mengalami radang sendi. Selain melakukan pengobatan ke dokter ahli, Anda juga bisa melakukan cara ca

ARTIKEL KESEHATAN

Bahu ialah bagian tubuh yang sering menahan beban berat. Bahu merupakan persendian yang menggabungkan tendon d

ARTIKEL KESEHATAN

Belakang lutut sakit pastinya akan mengganggu kegiatan Anda. Bahkan meski keadaan ini cukup umum terjadi Anda

ARTIKEL KESEHATAN

Disamping bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman, dengkul terasa sakit juga dapat memicu rasa nyeri yang tida

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung