Cara Mengobati Bahu yang Sakit Hingga Sembuh Tanpa Operasi

Senin, 22 Agustus 2022
Flex Free
Senin, 22 Agustus 2022
Flex Free

Bahu yang sakit tentu mengganggu penderitanya. Bila tidak ditangani dengan baik, sakit dapat memberat hingga memerlukan penanganan lebih lanjut seperti operasi karena dibiarkan terlalu lama.

Lalu, bagaimana cara mengobati bahu yang sakit? Sebelum menentukan pengobatan yang tepat, perlu diketahui penyebab dari bahu yang sakit.

Penyebab Nyeri Bahu dan Cara Mengobati Bahu Sakit

Berikut ini beberapa penyebab nyeri bahu yang bisa Anda alami:

  • Dislokasi

Dislokasi ialah pergeseran atau terlepasnya tulang dari posisi seharusnya. Dislokasi dapat terjadi di beberapa bagian tubuh, salah satunya yaitu bahu. Jika Anda mengalami hal ini, terdapat kemungkinan bahwa bahu akan membengkak, sakit, dan memar.

Dislokasi dapat terjadi ketika sendi mengalami benturan atau mendapat tekanan yang keras. Contohnya yaitu seperti terjatuh, atau karena kecelakaan kendaraan bermotor.

  • Frozen Shoulder

Frozen shoulder merupakan suatu keadaan di mana Anda bahu kaku, sehingga sulit untuk menggerakkan sendi bahu atau lengan pada bagian atas. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah adhesive capsulitis.

Gejala frozen shoulder yaitu nyeri saat bahu digerakkan, kemudian bahu menjadi kaku atau tegang. Pada sebagian kasus, frozen shoulder juga dapat disebabkan karena rematik dan penderita diabetes.

  • Rotator Cuff yang Robek

Rotator cuff adalah sekelompok tendon pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas, tulang belikat, serta tulang selangka. Cedera ini terjadi pada orang yang seringkali melakukan gerakan tangan ke atas kepala, baik dalam pekerjaan, aktivitas olahraga, atau kegiatan sehari-hari.

Nyeri yang dirasakan biasanya terjadi saat malam hari atau ketika mengangkat barang. Bahkan ketika Anda menggerakkan bahu dapat terdengar suara.

  • Tendinitis

Masalah kesehatan ini terjadi pada sendi akibat adanya endapan kalsium yang tertanam pada tendon rotator cuff. Penyebab lainnya yaitu karena terjatuh atau bahu langsung terbentur pada sesuatu.

Rasa sakit pada bahu dapat terjadi secara tiba-tiba. Biasanya Tendinitis dialami oleh orang dewasa dan penderita diabetes.

  • Osteoarthritis

Penyakit sendi degeneratif atau osteoarthritis merupakan penyakit yang sangat umum dan sering terjadi. Hal ini dapat mempengaruhi sendi di bagian tubuh manapun, termasuk bahu.

Osteoarthritis yaitu saat tulang lunak yang menjadi bantalan tulang-tulang mulai terkikis, sehingga mengakibatkan pergeseran antar tulang. Kondisi ini dapat terjadi ketika melakukan aktivitas harian dengan menggunakan bahu terlalu sering.

  • Bursitis

Bursitis adalah kondisi dimana sendi bahu digunakan terlalu berlebihan sehingga dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada bursae. Bursae adalah kantong kecil yang berisikan cairan pelumas, terletak di persendian seluruh bagian tubuh. Fungsi dari adanya bursae sebagai bantalan antara tulang dan jaringan lunak yang berada di bawahnya.

Jika area bahu terjadi peradangan atau pembengkakan, maka akan menimbulkan rasa nyeri bahkan dapat menghambat kegiatan sehari-hari.

  • Patah Tulang

Tidak hanya akibat kecelakaan kendaraan bermotor, patah tulang juga dapat terjadi akibat cedera saat berolahraga. Patah tulang pada bahu bisa terjadi pada berbagai kalangan, tidak memandang usia, dengan penyebab yang berbeda-beda.

Cara Mengobati Bahu yang Sakit

Banyak cara yang dapat Anda lakukan jika anda mengalami rasa sakit pada bahu yang tidak tertahankan.

Pengobatan untuk nyeri bahu terbagi berdasarkan rasa sakit dan gejala yang dialami. Biasanya pertolongan pertama yang diberikan bagi penderita nyeri bahu ringan yakni dengan menggunakan metode RICE, yaitu:

  • Rest

Rest atau istirahat, yang berarti Anda tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat atau meminimalisir pergerakan bahu biasanya selama 48 jam setelah mengalami cedera.

  • Ice

Pengompresan es dapat dilakukan pada bahu yang sakit sekitar 20 menit sebanyak 3-8x dalam satu hari. Es dapat diletakkan di dalam plastik yang dilapisi handuk, atau dengan menggunakan kantong kompres es.

  • Compression

Compression atau tekanan dapat dilakukan secara lembut di bagian bahu yang terasa sakit, agar dapat mengurangi pembengkakan. Namun disarankan untuk tidak dipijat, dan Anda juga membebat bahu dengan menggunakan perban agar tetap stabil.

  • Elevation

Elevation atau diangkat, jika Anda sedang dalam posisi tidur, bahu dapat diletakkan di atas bantal yang tebal agar dapat tetap menyangga posisi dengan benar.

Layanan untuk Mengobati Bahu yang Sakit

Beberapa metode tersebut dapat dilakukan untuk pertolongan pertama dalam mengobati bahu yang sakit. Namun jika Anda tidak berkonsultasi terlebih dahulu ke ahlinya, tentu hasil yang didapat juga kurang akurat.

Perlu diperhatikan bahwa pada bagian bahu, penyebab penyakit dapat terjadi biasanya dikarenakan berusaha mengangkat beban yang terlalu berat, tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas latihan, meregangkan otot yang berlebihan, atau terdapat benturan.

Flex Free Clinic merupakan klinik terpercaya yang bisa Anda kunjungi jika Anda merasa memiliki keluhan atau sakit pada otot, tulang atau sendi, termasuk bahu yang sakit. Dengan dokter-dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang kompeten pada bidangnya, Anda dapat berkonsultasi mengenai keluhan Anda dan mendapatkan penanganan yang komprehensif.

Kami memiliki beberapa layanan untuk cara mengobati bahu yang sakit. Layanan-layanan tersebut dapat antara lain:

Metode ini kami gunakan bagi Anda yang mengalami nyeri pada bagian punggung, bahu, siku, dan otot-otot lengan. Penggunaan metode ini termasuk aman, dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Cara ini akan kami lakukan untuk meredakan nyeri dengan menggunakan gelombang kejut pada bagian tubuh yang sakit. Energi yang dialirkan ini dapat memperbaiki sirkulasi darah dan juga mempercepat proses regenerasi perbaikan tulang, dan jaringan lunak lainnya.

  • Latihan

Terdapat beberapa latihan yang dapat membantu mengatasi bahu yang sakit. Latihan ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien dan harus dibuat berdasarkan konsultasi dengan dokter.

  • Fisioterapi

Terapi laser, kinesio tape (berbentuk plester perekat), terapi lilin, ultrasound, stimulasi, dan pemanasan infrared merupakan beberapa layanan fisioterapi yang kami miliki. Fisioterapi ini hanya dilakukan oleh dokter maupun terapis ahli yang telah berpengalaman.

Anda dapat berkonsultasi mengenai cara mengobati bahu yang sakit tanpa operasi di klinik Flex Free. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dokter, biaya dan lainnya, silakan hubungi customer service kami.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561