6 Penyebab Dengkul Nyeri

Rabu, 07 September 2022
Flex Free
Rabu, 07 September 2022
Flex Free

Dengkul nyeri termasuk sebuah kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja. Penderitanya biasanya akan merasakan sakit yang cukup menyiksa di dengkul atau lutut saat bergerak.

Supaya tidak semakin parah ada baiknya kondisi dengkul atau lutut sakit ini segera ditangani. Untuk itulah supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebabnya.

Penyebab Dengkul Nyeri

Dengkul nyeri pastinya akan membuat Anda tidak nyaman dan bahkan kesulitan untuk bekerja maupun melakukan aktivitas harian. Apalagi jika rasa nyeri tersebut sudah sangat parah maka bisa jadi akan berbahaya.  Adapun untuk dengkul atau lutut nyeri ini sendiri umumnya disebabkan oleh berbagai hal seperti:

  1. Cedera Lutut

Rasa nyeri yang tiba-tiba saja menyerang di bagian dengkul bisa jadi sebuah gejala adanya cedera di bagian lutut Anda. Cedera di bagian lutut ini bisa jadi menyebabkan sebuah robekan di bagian ligamen dan tendon. Inilah yang kemudian menyebabkan nyeri di bagian dengkul muncul.

Disamping itu cedera seperti ini juga dapat mengakibatkan pendarahan di bagian lutut Anda yang menjadi sebab nyeri tersebut muncul.

  1. Melompat dan Melakukan Gerakan Lari

Gerakan melompat atau berlari ternyata juga bisa menyebabkan munculnya rasa dengkul nyeri secara tiba-tiba. Apalagi jika gerakan tersebut dilakukan secara berulang dan dalam waktu yang lama maka sudah pasti bagian dengkul akan terluka dan nyeri.

Lutut sendiri adalah salah satu sendi terbesar yang dimiliki oleh manusia. Lutut terdiri dari beberapa bagian seperti struktur tulang, ligamen, tulang rawan dan membrane sinovial. Membran sinovial memiliki tugas untuk menghasilkan cairan sinovial.

Cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas sekaligus nutrisi penting untuk tulang rawan Anda. Akan tetapi tulang rawan ini bisa saja mengalami kerusakan karena terjadinya gesekan antar tulang lutut saat Anda banyak melakukan gerakan melompat dan berlari. Akhirnya rasa dengkul nyeri pun tidak bisa dihindari.

Apabila rasa nyeri tersebut masih termasuk ringan maka istirahat atau menggunakan balsem saja bisa menyembuhkannya. Namun apabila memang dirasa sangat menyakitkan dan tak bisa ditahan maka tidak ada salahnya memeriksakannya ke klinik khusus seperti Flex-Free Clinic.

  1. Asam Urat

Perlu diketahui jika ternyata dengkul nyeri bisa saja disebabkan karena adanya penyakit tertentu. Adapun salah satu contoh penyakit tersebut adalah asam urat.

Saat penyakit asam urat kambuh biasanya akan muncul beberapa gejala seperti rasa panas, lutut jadi kemerahan hingga nyeri di bagian dengkul yang tidak tertahankan.

Hal ini karena saat lutut atau dengkul memproduksi asam urat dalam jumlah yang terlalu banyak maka akan terbentuk kristal di bagian sendi Anda. Dengan begitu dengkul atau lutut Anda akan meradang dan menyebabkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan.

Apabila kondisi tersebut memang sudah parah biasanya asam urat juga akan menyebabkan Anda sulit untuk berjalan dengan normal. Bahkan untuk menggerakan lutut saja juga akan kesulitan.

  1. Penyakit Osgood-Schlatter

Penyakit Osgood-Schlatter adalah salah satu kondisi dengkul nyeri yang sangat umum menyerang anak maupun dewasa. Penyakit ini sendiri biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan yang berlebihan di bagian tendon patella.

Adapun tendon patella sendiri adalah salah satu bagian yang berfungsi untuk menghubungkan ujung bawah penutup lutut di bagian atas menuju bagian kaki bawah. Apabila tendon ini tertarik atau mengalami tarikan karena berbagai kegiatan fisik seperti melompat, basket atau senam yang sering dilakukan anak-anak maka pembengkakan akan terjadi.

Pembengkakan tersebut jika dibiarkan akhirnya akan menyebabkan nyeri di bagian dengkul Anda.

  1. Masalah Mekanis

Selain berbagai hal di atas ternyata dengkul nyeri juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah mekanis. Tak jarang rasa nyeri yang ditimbulkan juga sangat parah dan tak tertahankan.

Adapun contoh dari masalah mekanis adalah terjadinya pergeseran atau dislokasi. Akibatnya dengkul akan mengalami pembengkakan dan Anda pun otomatis akan merasakan nyeri yang parah. Nyeri tersebut bahkan bisa menyebabkan Anda sulit untuk berjalan.

  1. Arthritis

Arthritis atau yang disebut juga dengan radang sendir ini adalah salah satu penyebab umum dari dengkul nyeri parah. Adapun jenis dari Arthritis ini sendiri juga cukup beragam diantaranya:

  1. Osteoarthritis

Seiring bertambahnya usia dan penggunaan dengkul atau lutut yang berlebihan menyebabkan bagian dengkul Anda kurang fleksibel, kaku dan bahkan dengkul nyeri saat digerakan.

Rasa nyeri itu sendiri bisa semakin memburuk ketika Anda menumpukan beban di bagian lutut. Jika dibiarkan bisa menyebabkan pembengkakan dan pastinya akan membahayakan untuk Anda sendiri.

  1. Rheumatoid Arthritis

Jenis Arthritis yang satu ini umumnya terjadi saat sistem kekebalan tubuh Anda menyerang jaringannya sendiri. Keadaan seperti ini dapat terjadi di setiap sendi yang ada dalam tubuh.

Bahkan akan semakin parah dari waktu ke waktu jika tidak ditangani dengan tepat. Adapun rasa nyeri di bagian dengkul karena Rheumatoid Arthritis ini juga sangat parah dan bahkan tidak tertahankan.

  1. Arthritis Karena Infeksi

Jenis yang ini biasanya terjadi karena adanya infeksi di bagian lutut Anda. Awalnya Anda akan mengalami demam lalu di bagian dengkul akan membengkak, panas seperti terbakar dan merasa nyeri yang sangat menyakitkan.

Berbagai hal diatas merupakan penyebab umum dari dengkul nyeri. Apabila Anda mengalaminya maka sebaiknya segera ke rumah sakit atau klinik khusus untuk memeriksakan diri ke dokter.

Dokter akan menjelaskan penyebab nyeri di bagian lutut yang Anda alami dan segera mencari cara serta memberi penanganan yang tepat agar Anda tidak mengalaminya lagi. Pada umumnya dokter akan memberikan beberapa jenis pengobatan sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengidap nyeri dengkul.

Mulai dari penggunaan obat-obatan hingga USG muskuloskeletal akan dilakukan demi kesembuhan Anda. Adapun USG muskuloskeletal ini sendiri merupakan sebuah tindakan untuk melihat struktur tubuh Anda. Dengan begitu dokter bisa dengan mudah mendiagnosis kelainan yang terjadi dan segera melakukan pengobatan lanjutan.

Untuk itulah sangat penting sekali bagi Anda untuk memilih dokter maupun rumah sakit atau klinik yang tepat supaya mendapatkan penanganan yang tepat juga. Adapun salah satu rekomendasi klinik yang bisa Anda coba adalah Flex Free Clinic

Mengobati Dengkul Nyeri di Flex-Free Clinic

Dengkul nyeri yang Anda alami  akan segera sembuh  bila menggunakan jasa kami Flex-Free Clinic yang merupakan klinik khusus rehabilitasi Muskuloskeletal. Hal ini karena kami adalah ahlinya dalam menangani berbagai masalah  kelainan dan nyeri otot, tulang, sendi, saraf hingga nyeri di bagian dengkul.

Disini Anda akan ditangani langsung oleh para dokter spesialis yang pastinya sudah ahli dan profesional dibidangnya. Dokter itu pun tentunya juga sudah didukung dengan team yang handal.

Tak hanya itu saja proses penanganan atau pengobatan juga didukung dengan berbagai peralatan medis yang lengkap.

Bahkan demi kenyamanan dan kepuasan Anda kami Flex Free Clinic juga memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, penanganan hingga pengobatan. Selain itu  ada juga memberi pelayanan pencegahan berbagai kelainan dan keluhan sakit di bagian belakang lutut.

Untuk itulah agar dengkul Nyeri  Anda segera sembuh percayakan semuanya pada kami Flex-Free Clinic. Untuk reservasi bisa langsung saja menghubungi no kami atau bisa juga mengunjungi laman website resmi kami disini.


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561