Pentingnya Fisioterapi Muskuloskeletal

Jumat, 18 November 2022
Flex Free
Jumat, 18 November 2022
Flex Free

Apa itu Fisioterapi Muskuloskeletal?

Fisioterapi muskuloskeletal adalah penanganan berbagai penyakit, masalah atau cedera pada sendi, otot, ligamen dan tendon.

Fisioterapi membantu mengembalikan pergerakan dan fungsi senormal mungkin. Melalui sesi terapi harian, fisioterapi muskuloskeletal membantu pasien untuk sembuh lebih cepat dan mampu membentuk mekanisme bertahan untuk membantu pasien di fase penyembuhan dan mencegah timbulnya keluhan lainnya.

Cedera olahraga, nyeri sendi, kondisi nyeri kompleks (misalnya arthritis) dan masalah pasca prosedur operasi adalah beberapa contoh masalah yang dapat diatasi dengan fisioterapi muskuloskeletal.

Masalah Muskuloskeletal

Setiap fraktur, kerusakan, atau nyeri pada jaringan otot, sendi, saraf, ligamen, tendon, dan struktur tulang tubuh yang menyokong tungkai atau punggung adalah masalah muskuloskeletal.

sistem muskuloskeletal

Hampir setiap bagian tubuh dapat mengalami masalah muskuloskeletal, dari punggung dan leher, hingga ke lengan, tangan, dan kaki. Gangguan ini dapat disebabkan karena mengangkat beban berat dengan cara yang salah, tekanan berulang, atau cedera langsung.

Apa Manfaat Fisioterapi Muskuloskeletal?

Fisioterapi muskuloskeletal ikut berperan dalam proses rehabilitasi dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Dalam penanganan fisioterapi muskuloskeletal, ada beberapa target yang diharapkan dapat tercapai setelah pasien menjalani terapi, seperti:

  • Memperbaiki kekuatan dan fleksibilitas otot
  • Memperbaiki kualitas pergerakan, mengembalikan gerakan normal
  • Meningkatkan kontrol koordinasi dan pergerakan
  • Meredakan atau menghilangkan nyeri
  • Membantu pasien mengembangkan mekanisme atau strategi untuk menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau trauma selama proses penyembuhan, atau kesulitan ketika melakukan gerakan sehari-hari
  • Membantu pasien dapat melakukan aktivitas fisik
  • Mengajarkan pasien cara yang aman untuk bergerak untuk mengurangi risiko terkena masalah muskuloskeletal
  • Membantu pasien memulai proses rehabilitasi di rumah atau di pusat kebugaran dengan program fisioterapi, dan setelahnya dengan program pemeliharaan/perawatan, untuk memastikan pasien mendapatkan manfaat dari terapi fisik
  • Membantu mempercepat penyembuhan agar pasien dapat kembali beraktivitas seperti biasanya
  • Mengurangi radang dan pembengkakan
  • Meningkatkan kemandirian pasien

Untuk mencapai target tersebut di atas, rencana penanganan fisioterapi muskuloskeletal disesuaikan dengan keluhan dan kebutuhan masing-masing pasien yang ditentukan dalam rencana penanganan.

Beberapa contoh terapi yang digunakan misalnya:

  1. Terapi Latihan

Terapi latihan digunakan untuk membantu pasien memperbaiki pergerakan. fleksibilitas dan kekuatan untuk mengurangi nyeri baik jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Teknik mobilisasi sendi dan jaringan lunak

Terapi langsung pada sendi dan otot dapat membantu mengurangi nyeri dan memungkinkan tubuh untuk bergerak lebih bebas. Terapi ini dapat digunakan bersamaan dengan terapi lainnya (misalnya terapi latihan atau olahraga) agar pasien dapat membaik lebih cepat.

  1. Hidroterapi

Hidroterapi melibatkan terapi olahraga dan rehabilitasi dalam air. Terapi ini adalah cara yang efektif untuk rehabilitasi otot dan sendi karena air dapat menyokong berat tubuh sehingga beban pada sendi berkurang.

Selain membantu pergerakan lebih mudah (tidak terlalu nyeri), hidroterapi dapat meredakan nyeri pada sebagian pasien. Pasien tidak perlu pandai berenang untuk dapat menjalani terapi ini.

  1. Akupuntur

Akupuntur adalah tindakan menusukkan jarum steril satu kali pakai ke titik tertentu di tubuh, untuk membantu meredakan gejala nyeri dan lainnya.

Selain yang telah disebutkan di atas, fisioterapi muskuloskeletal lainnya yang ditujukan untuk terapi penyakit atau masalah muskuloskeletal misalnya terapi manipulasi, pijat, elektroterapi (terapi stimulasi listrik), terapi dengan penggunaan alat, seperti ultrasound, infra red, atau dengan DTS pada kasus saraf kejepit.

fisioterapi

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah klinik rehabilitasi medis khusus di bidang muskuloskeletal yang mengatasi berbagai penyakit dan keluhan nyeri otot, tulang, sendi dan saraf.

Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic ditangani langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) dengan Sub Spesialisasi Rehabilitasi Muskuloskeletal yang sudah berpengalaman baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Di klinik kami, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan lengkap dari dokter kami, dan berbagai penanganan untuk keluhan muskuloskeletal Anda, termasuk dengan fisioterapi muskuloskeletal.

Hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan kami.

 

 

 

 

Referensi:

  • https://aimst.edu.my/event-news/what-musculoskeletal-physiotherapy/
  • https://www.nuffieldhealth.com/physiotherapy/physio-treatments/physiotherapy-treatments-for-muscle-and-joint-pain

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya