Fungsi dan Pentingnya Fisioterapi Tulang Ekor Untuk Tulang Ekor yang Sakit

13 Juli 2022 , FLEX FREE
13 Juli 2022
FLEX FREE

Sakit pada tulang ekor menjadi suatu sensasi rasa sakit yang terjadi pada tulang coccygeus atau dikenal juga dengan tulang ekor. Dengan hal ini, fisioterapi tulang ekor pun menjadi salah satu cara penyembuhannya.

Fisioterapi sendiri dapat membantu dalam memulihkan, memelihara, hingga memaksimalkan fungsi fisik secara keseluruhan, termasuk untuk tulang ekor pada tubuh. Untuk memastikannya, berikut ada fungsi dari terapis ini yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Penting Fisioterapi Tulang Ekor

Sebagai informasi, fisioterapi merupakan perawatan yang memiliki tujuan untuk memaksimalkan fungsi fisik setelah mengalami cedera, kecacatan, maupun karena suatu penyakit.

Terapi ini juga bisa membantu Anda dalam mengurangi risiko cedera serta penyakit tertentu dalam menjaga postur tubuh. Proses yang satu ini mencakup tahap rehabilitasi, pencegahan cedera, juga promosi kebugaran dan kesehatan.

Perlu Anda ketahui, fisioterapi tulang ekor ini termasuk juga untuk tulang ekor dapat membantu dalam mempertahankan kelenturan serta kekuatan otot dalam menangani kondisi medis jangka panjang.

Sebut saja artritis maupun pemulihan setelah cedera, seperti patah tulang hingga stroke. Fisioterapi ini tidak hanya berfungsi untuk pemulihan gangguan fisik, namun bisa membantu dalam mencegah cedera lebih lanjut lagi.

Perawatannya dapat meningkatkan mobilitas, mengurangi rasa sakit, serta menyembuhkan Anda hingga dapat beraktivitas seperti sedia kala. Bahkan, dengan fisioterapi ini Anda juga akan segera pulih dari penyakit lebih cepat dan dapat menghindari masuk rumah sakit.

Nantinya, seorang fisioterapis akan mengajari Anda bagaimana cara mempertahankan postur yang baik pada berbagai situasi. Dengan ini, tentu akan menurunkan risiko cedera dan mengatasi masalah muskuloskeletal.

Para ahli akan memberi Anda petunjuk dan saran untuk tetap bugar dan sehat seiring bertambahnya usia melalui perubahan gaya hidup, seperti makan sehat dan olahraga yang teratur.

Kapan Harus Melakukan Fisioterapi Tulang Ekor?

Pada umumnya, kasus sakit pada tulang ekor akan sembuh dalam jangka waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tulang ekor yang sakit memang umum terjadi.

Bahkan wanita mengalami resiko lima kali lebih tinggi mengalami sakit pada tulang ekor jika dibandingkan pria. Orang dewasa serta para remajalah yang lebih banyak menderita sakit pada tulang ekor jika dibandingkan anak-anak.

Jika Anda mengalami beberapa gejala berikut ini, disarankan untuk segera menghubungi dokter ahli dan melakukan fisioterapi. Adapun beberapa gejala sakit pada tulang ekor yang sering terjadi diantaranya:

  1. Rasa sakit atau nyeri pada area di sekitar tulang ekor.
  2. Rasa nyeri yang bertambah sakit ketika Anda duduk, bangkit dari kursi, maupun ketika bersandar saat duduk.
  3. Rasa nyeri yang dirasakan bisa ringan bahkan sangat parah.
  4. Rasa sakit bisa dirasakan saat menstruasi.
  5. Nyeri yang dirasakan juga bisa muncul ketiak buang air maupun saat melakukan hubungan seksual.
  6. Terkadang nyeri bisa dirasakan di seluruh bagian tungkai.

Apabila beberapa gejala di atas Anda rasakan, sebaiknya segera periksakan pada ahli. Tidak jarang, Anda pun harus segera melakukan fisioterapi tulang ekor.

Menariknya lagi, sakit pada tulang ekor ini kebanyakan tidak diketahui penyebabnya dan sakit yang satu ini sangat jarang dirasakan dalam seumur hidup. Rusaknya sendi akibat gerakan yang berulang juga ikut berperan dalam terjadinya sakit pada tulang ekor.

Disamping itu, secara umum terdapat tiga jenis kejadian yang bisa menimbulkan sakit pada tulang ekor, diantaranya:

  1. Trauma internal, seperti halnya trauma yang disebabkan akibat dari proses persalinan yang cukup sulit, atau karena duduk yang terlalu lama di permukaan yang sempit dan keras.
  2. Trauma eksternal, seperti halnya tulang ekor yang memar, patah akibat terjatuh, serta mengalami dislokasi.
  3. Penyebab lainnya, seperti karena infeksi, abses, maupun karena adanya tumor (yang memang jarang terjadi).

Perlu diketahui, Anda akan lebih beresiko menderita sakit pada tulang ekor jika mengalami kelebihan berat badan. Apabila Anda mengalami kelebihan berat badan, kemudian kehilangannya lebih cepat.

Anda pun akan kehilangan bantalan yang melindungi tulang ekor serta berkemungkinan lebih tinggi dalam mencederai tulang ekor. Jika gejala-gejala yang kami sebutkan tadi terjadi pada Anda dan sudah bertahan beberapa hari, melakukan fisioterapi tulang ekor perlu dilakukan.

Untuk mendapatkan bantuan ini, Anda bisa mengunjungi klinik kami yang sudah terpercaya, yakni Flex-Free. Disini Anda akan mendapatkan perawatan terbaik dalam mengobati hingga pencegahan berbagai kelainan otot dan tulang, termasuk pada tulang ekor.

Informasi lebih lanjut seputar pemeriksaan, Anda bisa menghubungi kontak kami yang tertera di website ini. Segera hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Cara Meringankan Nyeri Pada Tulang Ekor

Selain melakukan fisioterapi tulang ekor, atau sebelum Anda melakukan fisioterapi ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam meringankan masalah yang satu ini.

Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya:

  1.  Mengurangi waktu duduk, jika memang harus duduk, sebaiknya condonglah ke arah depan.
  2. Mengkonsumsi OAINS atau Obat Anti Inflamasi Non Steroid, seperti halnya ibuprofen untuk mengurangi bengkak dan nyeri.
  3. Mandilah dengan menggunakan air yang hangat untuk menenangkan otot serta meringankan nyeri.
  4. Pakailah bantal yang berbentuk donat untuk duduk.
  5. Mengkonsumsi pelunak tinja agar bisa mengurangi sakit atau nyeri ketika terjadi pergerakan pada usus.
  6. Melakukan peregangan serta penguatan otot pada punggung bawah serta pinggul.
  7. Memakai pakaian yang longgar.
  8. Tempelkanlah kompres yang hangat atau dingin dibagian bawah punggung, kemudian tempelkan selama 20-30 menit beberapa kali dalam satu hari.

Akan tetapi, jika sakit yang dirasakan sudah semakin parah dan tidak tertahankan. Disamping melakukan beberapa langkah di atas, Anda juga perlu menghubungi dokter terpercaya untuk melakukan fisioterapi, jangan dibiarkan begitu saja atau hanya mengandalkan langkah-langkah tersebut.

Lakukan Fisioterapi Hanya di Flex-Free

Disamping melakukan beberapa langkah di atas dalam mengatasi sakit di tulang ekor. Melakukan fisioterapi juga menjadi hal yang penting.

Untuk melakukannya, Anda bisa berkunjung ke klinik kami, Flex-Free yang sudah terpercaya sejak lama dalam bidang yang satu ini. Kami adalah klinik rehabilitasi medis khusus di bidang muskuloskeletal yang selalu berhasil dalam mengatasi kelainan serta nyeri pada otot.

Disini, Anda akan ditangani secara langsung oleh tim dokter Sp KFR atau Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi yang telah berpengalaman lama, baik diluar maupun didalam negeri.

Dengan terapi fisik ini, nantinya Anda akan dokter kami ajari bagaimana cara melakukan teknik relaksasi dasar panggul. Sebut saja dengan bernafas secara mendalam serta melakukan relaksasi di dasar panggung yang seolah-olah sedang buang air kecil atau buang air besar.

Kami menjadi salah satu pusat rujukan rehabilitasi medis regional, nasional, hingga internasional di bidang rehabilitasi neuromuskuloskeletal. Jadi, tidak salah jika banyak orang yang melakukan fisioterapi tulang ekor di klinik kami.

Klinik kami sendiri berada di Jakarta dan Bandung, namun Anda bisa menghubungi kontak kami terlebih dahulu untuk berkonsultasi secara lebih rinci di kontak yang kami sediakan.

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Sumber gambar: http://muscleandjoint.ca/scoliosis/ Postur tubuh yang baik dibentuk oleh tulang belakang dan

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Pengapuran Tulang? Pengapuran tulang sebenarnya adalah istilah awam untuk kondisi di mana terjadi p

ARTIKEL KESEHATAN

Tulang tempurung lutut berada di depan sendi lutut. Tulang ini menghubungkan otot-otot di bagian depan paha da

ARTIKEL KESEHATAN

Saraf kejepit di tulang ekor tentunya akan sangat mengganggu siapa saja yang mengalaminya. Tulang ekor sendiri

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung