FIsioterapi setelah Operasi Penggantian Sendi

09 Januari 2023 , Flex Free
09 Januari 2023
Flex Free

Tindakan pembedahan untuk mengganti sendi adalah operasi besar, yang biasanya hanya dilakukan pada kondisi di mana tindakan lainnya sudah tidak dapat mengatasi masalah atau keluhan yang dialami pasien.

Setelah menjalani operasi penggantian sendi, terapi rehabilitasi dengan fisioterapi penting dilakukan untuk mengembalikan fungsi gerak dan kekuatan, agar pasien dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari.

operasi penggantian sendi panggul

“The National Health Service” Inggris merekomendasikan pasien-pasien yang menjalani operasi penggantian sendi panggul ataupun lutut untuk menjalani fisioterapi minimal selama enam minggu.

Kemungkinan keberhasilan operasi penggantian sendi sangat tinggi, akan tetapi akan bergantung pada beberapa hal. Anda perlu membatasi aktivitas (aktivitas sedang), terutama selama beberapa saat setelah operasi.

Mengapa Fisioterapi Penting Dilakukan setelah Operasi Penggantian Sendi?

  1. Memperbaiki Keberhasilan Operasi

Setelah operasi, pasien memerlukan waktu untuk terbiasa menggunakan sendi yang baru dan mendorong pertumbuhan otot di sekitar area operasi. Latihan ringan yang dilakukan bertahap selama masa penyembuhan dapat memastikan kedua hal di atas, yang dapat memperbaiki keberhasilan penyembuhan.

Dokter akan menentukan latihan yang tepat untuk Anda. Anda dapat melakukan latihan di bawah pengawasan terapis ahli dan mendapatkan pemeriksaan rutin dari dokter untuk memantau kemajuan latihan.

  1. Mengurangi Nyeri

Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa nyeri ketika melakukan latihan. Akan tetapi setelah luka mulai sembuh, latihan akan membantu mengurangi nyeri. Olahraga akan mendorong pertumbuhan otot baru dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat memfasilitasi proses penyembuhan dan memungkinkan luka cepat mengering.

  1. Koordinasi yang Lebih Baik

Fisioterapi membuat Anda terbiasa menggunakan sendi baru dengan berlatih setiap hari, sehingga Anda akan memiliki koordinasi yang lebih baik dan transisi yang lebih lancar untuk kembali bekerja dan beraktivitas.

 

Pasien-pasien yang tidak mendapatkan fisioterapi yang memadai setelah operasi penggantian sendi berisiko menderita beberapa masalah seperti lambatnya penyembuhan, atau bahkan kehilangan lebih banyak fungsi dibandingkan saat sebelum operasi. Gejala nyeri juga dapat lebih hebat tanpa rehabilitasi yang tepat.

Fisioterapi yang tepat dapat membantu membangun kekuatan, memperbaiki keseimbangan dan mengurangi risiko terjatuh, dan memberikan kepercayaan diri pada pasien untuk mendapatkan kembali fungsi sendi dan kembali bekerja atau bahkan berolahraga.

fisioterapi latihan operasi sendi lutut

Kombinasi dari latihan pergerakan, penguatan, dan keseimbangan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Latihan dapat berupa latihan tahanan atau aerobik untuk meningkatkan rentang gerak sendi. Pada beberapa kasus, pasien mungin akan dianjurkan untuk melakukan hidroterapi. Latihan dilakukan di dalam air hangat untuk memudahkan pergerakan.

 

 

 

Referensi:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15406-total-knee-replacement-post-op-exercises
  • https://myacare.com/blog/3-benefits-of-physiotherapy-after-a-joint-replacement
  • https://patient.info/news-and-features/do-you-need-physiotherapy-after-joint-replacement

Artikel lain

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Fisioterapi Muskuloskeletal? Fisioterapi muskuloskeletal adalah penanganan berbagai penyakit, masal

ARTIKEL KESEHATAN

Sekarang ini ada banyak sekali tempat yang menyediakan layanan fisioterapi, mulai dari klinik hingga rumah sak

ARTIKEL KESEHATAN

Ketika mengalami gangguan sendi, otot, tulang, ataupun saraf, sering kali kita akan direkomendasikan untuk ber

ARTIKEL KESEHATAN

Apa itu Fisioterapi? Fisioterapi adalah metode terapi untuk merehabilitasi seseorang agar terhindar dari ca

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar muskuloskeletal (otot, tulang, sendi) kepada dokter kami

WhatsApp ×

Jika ada pertanyaan, silahkan menghubungi kami melalui

Flexfree Jakarta Utara

Flexfree Jakarta Selatan

Flexfree Bandung