Peran Penting Fisioterapi Engkel Kaki, Untuk Cedera Engkel

Rabu, 20 Juli 2022
Flex Free
Rabu, 20 Juli 2022
Flex Free

Ankle sprain atau cedera engkel di pergelangan kaki biasa muncul akibat dari ligamen, yakni urat yang mengikat tulang serta mengalami peregangan berlebihan. Dalam mengatasi hal ini, biasanya fisioterapi engkel kaki akan dilakukan.

Sebab fisioterapi menjadi salah satu cara yang bisa melakukan reposisi engkel yang terputar. Lebih jelasnya, berikut kami berikan penjelasan lengkap seputar fisioterapi yang satu ini.

Penanganan Sebelum Melakukan Fisioterapi Engkel Kaki Pada Cedera Engkel

Seperti yang sedikit diulas sebelumnya, keseleo atau cedera pergelangan kaki ini merupakan cedera yang mengikat tulang, hingga mengalami peregangan berlebihan. Tentu saja, peregangan yang terjadi ini cukup keras dan membuat ligamen terkilir.

Umumnya, gerakan memutar sampai pada perubahan posisi secara tiba-tiba, merupakan penyebab cedera yang terjadi. Ligamen ini fungsinya memang untuk membuat tubuh jadi mudah digerakkan.

Gerakan paling umum yang bisa menyebabkan cedera ini yakni saat kaki menekuk ke dalam serta seluruh berat badan ditopang oleh mata kaki, atau juga bisa karena gerakan kaki yang terlalu menekuk jauh keluar. Selain itu, cedera pada engkel juga bisa terjadi karena hal-hal seperti, jatuh hingga menyebabkan sendi di pergelangan kaki berputar, kaki salah posisi setelah loncat, atau bahkan orang lain menginjak kaki Anda ketika berolahraga.

Ketika cedera ini terjadi, biasanya sendi pergelangan kaki Anda akan bengkak, memicu rasa sakit, serta membuat Anda kesulitan berjalan. Biasanya, selain pertolongan pertama, fisioterapi engkel kaki akan diperlukan.

Adapun cara penanganan cedera engkel yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan fisioterapi, yakni berupa:

  1. Beristirahat

Tindakan pertama yang bisa Anda lakukan jika mengalami cedera ini, yakni dengan mengistirahatkan engkel yang mengalami cedera tersebut, dan jang sering menggerakkannya. Umumnya, waktu istirahat yang akan diperlukan yakni sekitar 3 hari.

  1. Kompres dengan es

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan kompres dingin engkel yang sakit dengan es batu yang dilapisi dengan handuk atau kain. Nantinya es batu akan memberikan efek dingin untuk mengurangi bengkak serta kemerahan pada engkel Anda.

  1. Penekanan/ compression

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu membalut bagian luka dengan menggunakan perban. Hal yang satu ini sangat bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan engkel Anda.

  1. Penaikan/ elevation

Dengan menaikkan kaki lebih tinggi dari jantung ketika berbaring itu bisa membantu Anda dalam meredakan pembengkakan.

Itulah beberapa penanganan pertama yang bisa Anda lakukan dalam menangani cedera engkel. Namun, jika sakit terasa dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya langsung hubungi tenaga medis berpengalaman, dan lakukan fisioterapi agar engkel Anda kembali seperti sediakala.

Tingkat Keparahan Cedera Pada Engkel

Perlu Anda ketahui, dalam proses pengobatan juga akan ditentukan sesuai dengan tingkat keparahan cedera engkel yang Anda alami. Adapun tingkat keparahan tersebut, diantaranya:

  1. Tingkat I (Ringan)

Dari tingkat keparahannya, cedera ringan ini akan membuat ligamen Anda meregang namun tidak robek. Pergelangan kaki Anda memang masih terasa stabil, namun kaki akan mengalami kaku dan sakit.

  1. Tingkat II (Sedang)

Untuk cedera dengan tingkat sedang, satu atau lebih dari ligamen akan robek sebagian. Sendi pun tidak sepenuhnya stabil, serta Anda tidak bisa menggerakkannya seperti sedia kala. Cedera seperti ini akan membuat pergelangan kaki Anda bengkak dan nyeri.

  1. Tingkat III (Parah)

Sementara itu, untuk cedera yang parah akan membuat satu atau lebih ligamen robek secara total, serta pergelangan kaki Anda tidak akan stabil. Anda akan sangat kesakitan serta tidak bisa menggerakkannya.

Jika yang Anda rasakan adalah tingkat ringan, biasanya dengan pengobatan yang kami sebutkan sebelumnya sudah bisa memulihkan cedera. Akan tetapi, jika Anda sudah mengalami tingkat sedang hingga parah, fisioterapi engkel kaki biasanya akan diperlukan.

Namun, masalah pengobatan perlu Anda konsultasikan dengan dokter ahlinya. Jadi, jangan dibiarkan begitu saja, apalagi hingga terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Peran Fisioterapi Engkel Kaki Pada Kasus Cedera Engkel

Dalam pengobatan fisioterapi, tentu akan memerlukan anamnesa serta diagnosa yang akurat, agar data mengenai keluhan pada engkel bisa disembuhkan dengan benar dan tepat. Dengan begitu, diagnosa pada cedera tersebut bisa diberikan dengan benar.

Fisioterapi sendiri berperan penting untuk mengembalikan posisi cedera dari masa sebelum injury ankle, serta menyembuhkan keluhan Anda ke arah tindakan konvensional untuk menjaga gerak sendi tersebut dengan baik dan bisa melatih jalan pasien agar dapat berjalan lancar.

Selain itu, fisioterapi ini juga berperan untuk menguatkan otot, hingga membantu untuk mencegah terjadinya luka. Jika cedera yang Anda alami tingan, biasanya tidak akan memerlukan ter tertentu.

Namun, jika cederanya sudah cukup berat, biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan tes rontgen dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) atau x-rays.

Terapi fisik atau fisioterapi engkel kaki ini memang perlu direkomendasikan oleh dokter ahli, seperti halnya memberikan terapi pemanasan, pendinginan, hingga melakukan ultrasound dalam mengatasi nyeri.

Nantinya, Anda sebagai penderita juga akan diajarkan berbagai latihan dalam mengistirahatkan pergelangan kaki serta melakukan aktivitas tanpa perlu membebani pergelangan kaki.

Tanpa terapi yang benar, ketidakstabilan di pergelangan kaki pun akan semakin berat serta nyerinya bisa terus terasa, bahkan resiko berulangnya cedera akan semakin meningkat.

Sementara itu, jika cedera yang Anda alami sudah cukup parah, ini akan memerlukan perhatian yang ekstra. Cedera pada engkel yang berat bisa memungkinkan Anda memerlukan operasi lebih lanjut untuk memulihkannya.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda mengalami masalah pada engkel, sebaiknya segera hubungi dokter.

Pencegahan Engkel Keseleo

Untuk berjaga-jaga, dan sebagai pencegahan terjadinya engkel keseleo/ terkilir atau ankle sprain ini, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini!

  • Lakukanlah pemanasan yang tepat sebelum berolahraga.
  • Pakailah sepatu dengan ukuran yang tepat serta sesuai untuk aktivitas yang akan Anda lakukan.
  • Berhati-hatilah saat berjalan, berlari, maupun bekerja di tempat atau permukaan yang tidak rata.
  • Jangan terlalu sering menggunakan sepatu hak.
  • Jagalah kekuatan serta fleksibilitas otot.
  • Jangan paksakan diri untuk melakukan olahraga maupun kegiatan lainnya yang tidak biasa/ tidak bisa Anda lakukan.
  • Gunakanlah alat penyangga untuk membantu dalam menstabilkan kaki serta pergelangan kaki juga pergelangan kaki, jika Anda mudah terkilir.

Beberapa hal tersebut perlu Anda perhatikan sebagai upaya pencegahan terjadinya engkel yang terkilir.

Flex-Free : Klinik Fisioterapi Engkel Terbaik

Jika saat ini Anda sedang mencari klinik yang bagus untuk melakukan fisioterapi engkel kaki, Flex-Free  Musculoskeletal Rehabilitation Clinic adalah jawabannya. Kami bisa membantu Anda memulihkan kondisi engkel yang bermasalah seperti sedia kala, dengan berbagai metode terbaik dibantu peralatan yang canggih dan lengkap.

Ditangani oleh dokter spesialis terbaik, Anda dapat merasakan hasil terbaiknya dalam jangka waktu singkat. Untuk melakukan pemeriksaan, lebih mudah lagi dengan cara mendaftarkan diri secara online melalui website ini.

Informasi lebih lanjut seputar fisioterapi engkel kaki di Flex-Free, bisa langsung hubungi kontak yang tersedia!


Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561