Berapa Lama Saraf Kejepit Dapat Sembuh?

Selasa, 10 Januari 2023
Flex Free
Selasa, 10 Januari 2023
Flex Free

Saraf kejepit adalah kondisi yang sering dialami, yang terjadi ketika ada tekanan berlebihan di saraf dari tulang, otot, atau jaringan di sekitarnya. Tekanan tersebut mengganggu fungsi saraf dan menyebabkan timbulnya berbagai gejala yang tidak nyaman.

Hampir setiap orang pernah merasakan saraf terjepit hingga taraf tertentu karena berbagai aktivitas sehari-hari yang tidak dapat dihindari. Selain itu, cedera, penyakit arthritis, tiroid, diabetes, stenosis spinal, kehamilan, atau obesitas, dapat meningkatkan risiko terkena saraf terjepit.

Sebagian besar saraf yang terjepit dapat sembuh sendiri, akan tetapi proses penyembuhan dapat memerlukan beberapa waktu dan terkadang diperlukan penanganan oleh dokter spesialis dan obat-obatan, bahkan pembedahan atua operasi.

Gejala Saraf Kejepit

Gejala saraf kejepit bergantung pada area saraf yang terjepit. Misalnya saraf terjepit di tulang belakang leher, maka gejala yang dirasakan dapat berupa rasa kaku di leher dan nyeri sepanjang lengan.

Gejala umum dari saraf terjepit antara lain:

  1. Nyeri di satu titik

Nyeri tajam di satu area adalah gejala yang paling sering. Nyeri dapat hilang timbul, tetapi bila Anda rasakan selama lebih dari beberapa hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

  1. Mati rasa

Sebagian orang dengan saraf terjepit mengalami mati rasa di area tertentu, terkadang disertai dengan hilangnya sensasi pada otot tertentu.

  1. Nyeri radikular

Nyeri yang menyebar atau menjalar ke arah luar, seperti nyeri seperti terbakar di sepanjang tungkai. Misalnya nyeri di paha yang menjalar ke kaki.

  1. Rasa terbakar

Gejala kesemutan dan seperti terbakar juga sering dirasakan penderita saraf terjepit.

  1. Kelemahan otot

Otot yang lemah atau terasa berat juga dapat menjadi penanda adanya saraf terjepit.

Berapa Lama Saraf Kejepit dapat Sembuh?

Rata-rata saraf yang terjepit berlangsung selama beberapa hari hingga 4 sampai 6 minggu. Pada sebagian besar kasus, gejala membaik dan fungsi saraf kembali normal dalam 6–12 minggu dengan terapi konservatif.

Ada sejumlah faktor yang berperan pada durasi saraf kejepit, misalnya penyebab peradangan, derajat peradangan, dan respons sistem imun, yang membantu menentukan kapan gejala akan menghilang.

Leher

Saraf terjepit di leher biasanya membaik dalam beberapa hari, kecuali penyebabnya adalah kondisi kronis, misalnya arthritis.

Punggung bawah

Punggung bawah dapat terjadi akut, berlangsung hanya beberapa hari. Bila saraf yang terjepit tidak teratasi, sakit punggung kronis dapat terjadi selama 12 minggu atau lebih.

Tungkai bawah

Bila tidak diatasi, saraf terjepit di tungkai bawah dapat menjadi neuropati perifer yang berkembang selama beberapa minggu atau tahun.

Panggul

Saraf terjepit di panggul dapat berlangsung selama beberapa hari bila terjadi akibat cedera. Bila berlangsung lebih lama, bisa disebabkan karena: arthritis, obesitas, atau pertumbuhan tulang baru.  

Bahu

Sakit bahu akibat saraf yang terjepit biasanya berasal dari tulang belakang atas akibat cedera, arthritis, atau tendinitis. Bila dibiarkan, arthritis atau tendinitis bahu dapat menyebabkan sakit yang kronis yang hilang timbul selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Pergelangan Tangan

Saraf terjepit di pergelangan tangan dapat disebabkan karena sindroma terowongan karpal. Gejalanya yaitu rasa nyeri dan baal di tangan dan jari.

Rasa nyeri yang berlangsung lebih dari dua bulan dapat mengindikasikan adanya masalah lain, misalnya arthritis.

Pengobatan Saraf Kejepit oleh Dokter

Pada sebagian besar kasus, saraf yang terjepit dapat sembuh sendiri, akan tetapi segera konsultasikan dengan dokter bila:

  • gejala sudah berlangsung selama beberapa hari
  • gejala berat
  • gejala nyeri akibat saraf kejepit sering berulang

Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik langsung, pemeriksaan tambahan (misalnya CT scan, MRI, atau rontgen) untuk menentukan kondisi, diagnosis dan terapi yang tepat untuk Anda.

MRI saraf kejepit

Pengobatan saraf yang terjepit sangat penting untuk waktu penyembuhan Anda.

Beberapa pilihan terapi konservatif untuk saraf yang terjepit diantaranya:

  • Obat anti inflamasi non steroid (OAINS) misalnya ibuprofen. Bila diperlukan, dokter akan meresepkan OAINS yang lebih kuat atau obat golongan steroid untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
  • Terapi fisik. Terapi fisik dilakukan untuk kasus saraf terjepit yang mempengaruhi mobilitas, termasuk punggung bawah, bahu atau leher. Terapis akan mengajarkan Anda gerakan latihan dan peregangan untuk membantu mengurangi tekanan pada saraf dan gejala nyeri.
  • Penggunaan bidai atau korset leher untuk membantu membatasi gerakan selama masa penyembuhan.
  • Terapi kompres panas atau dingin.
  • Modifikasi gaya hidup seperti banyak berisitirahat, mengubah posisi tidur, olahraga yang sesuai dengan kondisi.

Bila gejala saraf kejepit menetap lebih dari beberapa bulan, Anda mungkin akan dianjurkan untuk menjalani pembedahan atau operasi, untuk mencegah kerusakan permanen dan nyeri kronis.

Operasi paling sering dilakukan untuk saraf terjepit yang berkaitan dengan masalah spinal, tetapi juga bisa dilakukan pada kasus sindroma terowongan karpal. Operasi dapat melibatkan pemotongan sebagian diskus yang mengalami herniasi atau tulang yang menonjol.

 

 

 

Referensi:

  • https://atlantaspineinstitute.com/when-will-my-pinched-nerve-stop-hurting/
  • https://cnybrainandspine.com/2020/06/its-not-going-away-5-pinched-nerve-symptoms-you-should-watch-out-for/
  • https://www.healthline.com/health/how-long-does-a-pinched-nerve-last
  • https://www.neurosurgeonsofnewjersey.com/blog/how-long-do-pinched-nerves-last/

Buat Kunjungan

Anda dapat menerima layanan dengan mengunjungi salah satu cabang kami.

Klinik Flex-Free Jakarta Utara

Ruko Italian Walk J No. 19, Dekat Pintu Masuk Gate C, Mall of Indonesia, Jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +62214514421

Klinik Flex-Free Bandung

Jl. Terusan Pasir Koja No 153/67, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622220580806

Klinik Flex-Free Jakarta Selatan

The Bellezza Shopping Arcade, Lantai dasar Unit SA58-60, (Ex Food Hall, Lobby Timur), Jalan Arteri Permata Hijau No.34, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Lihat di Peta Kirim Pesan WhatsApp Telp: +622125675561

Artikel lainnya